Jajanan yang Membuat Nostalgia ke Zaman tahun 90-an dan 2000-an!

Sumber: cookpad.com
Jajanan yang membuat nostalgia ke zaman tahun 90-an dan 2000-an! Perbedaan zaman sangatlah terlihat dari maraknya jajanan luar negeri lebih mendominasi, dibandingkan jajanan khas Indonesia.  Jajanan-jajanan tempo dulu seringkali dirindukam banyak orang. Terutama angkatan 1990-2000 makanan ringan yang tdak hanya sekadar lezat tetapi membekas dihati. Langka sekali untuk mencari makanan ringan ini.

Beberapa mungkin masih dijual dan dipasarkan. Tetapi,  kebanyakam sudah tidak ada yang menjual, bahkan susah untuk didapatkan. Beberapa jajanan ini akan membuat kita bernostalgia dengan masa-masa sekolah. 

1. Cilor
Jajanan zaman dulu yang masih eksis di kalangan masyarakat. Terbuat dari aci atau tepung kanji yang dibalut telur bisa membuat lidah enggan berhenti mengunyah. Rasa lezat, kenyal,  gurih berpadu menjadi satu. Terlebih jika diberi saus atau sambal kacang makanan ini jadi jajan paling juara. Sekarang masih bisa didapatkan di bazar-bazar makanan dibandrol dengan harga 5000/3 pcs. Bersyukurlah untuk pecinta cilor masih bisa merasakan keenakannya. 

2. Es Lilin
Hm, es yang sangat hits di era 90-an. Dikonsumsi saat panas terik atau jam istirahat sekolah menjadi jajan favorite anak-anak zaman dulu. Kelapa muda yang mendominasi bahan pembuatannya. Lalu, dicelupkan pada lelehan cokelat dan dibiarkan beku. Benar-benar segar dan enak. Sebuah lagu pun diciptakan untuk mengisahkan bahan serta lezatnya es lilin, dengan judul yang sama "Es Lilin" berlirikkan bahasa sunda. 

3. Koya
Salah satu jajanan zaman dulu yang sampai saat ini sulit dilupakan. Teksturnya yang lembut, rasa manis pas tidak berlebihan mampu menghanyutkan setiap yang mengkonsumsinya. Selain itu makanan satu ini merupakan jajanan sehat. Terbuat dari kacang tanah kaya akan protein. Jadi bukan hanya enak luar biasa melainkan sehat juga. 

4. Lidi-lidian
Sudah dapat dipastikan makanan ringan satu ini pastilah menjadi kesukaan banyak orang zaman dulu. Khas, mie berbentuk lidi dengan rasa gurih dan pedas. Terbukti, lidi-lidian atau mie lidi kini menjadi primadona. Tidak tahu siapa yang pertama kali kembali mencetuskan mie lidi ke pasaran Indonesia. Namun, bisa dipastikan mie berbentuk lidi menjadi terkenal kembali dan banyak diminati. 

5. Permen karet Yosan
Jajanan zaman dulu, Yosan. Pernah mendengar nama permen ini? Permen karet biasa, sih,  sebenarnya, yang membuat sepesial adalah huruf-huruf susunan kata Yosan terdapat dalam setiap bungkus. Jika terkumpul kata Yosan kamu berhak mendapatkan hadiah. Kelihatan mudah kan? 

Sulit. Menemukan huruf N pada permen ini bukan hal mudah. Diketahui beberapa bulan lalu, ada seseorang yang sangat berniat dan penasaran sekali akan hadiahnya, ia mengumpulkan setiap cangkang permen Yosan. Bungkusan zaman dulu pun masih ada. Akhirnya dia menemukan huruf terakhir! Keren. Ia diberi sebuah sepeda dari perusahaan tersebut. 

6. Gulali
Permen gulali, sebuah permen terbuat dari gula yang dipanaskan kemudian dibentuk menjadi lucu-lucu seperti bunga, ayam, hewan, atau bentuk tokoh kartun. Banyak penjual gulali merambat di masyarakat tempo dulu. Di sekolah-sekolah sudah pasti ada jajanan zaman dulu.

Pembuatannya lumayan menarik perhatian, bukan hanya permennya. Lelehan gula dibentuk dengan baik sesuai yang diinginkan di hadapan pembeli. Sepertinya, membutuhkan keahlian khusus untuk mebentuk bunga, hewan, dan lainnya. 

Benar-benar membuat teringat masa lalu. Era belum memegang gadget seperti sekarang. Bermain bersama masih menjadi kebiasaan. Jajanan zaman dulu di atas tadi menjadi saksi bahagianya di masa itu. Gotong royong serta keakraban dengan tetangga sangatlah erat. 

No comments