Kuliner Khas Nusantara yang Terkenal dan Ngangenin


Kuliner khas Nusantara yang terkenal dan ngangenin! Indonesia merupakan negara yang kaya akan cita rasa kuliner. Selain memiliki beragam jenis makanan yang khas dan kental akan budaya dan warisan dari nenek moyang, hal ini didukung oleh kekayaan akan rempahnya.

Maka tak ayal hal tersebut membuat berbagai kuliner khas Nusantara ini semakin dikenal luas tak hanya dalam wilayah lokal atau nasional, namun ada beberapa yang sudah go Internasional. Hal ini tentunya membawa kebanggan sendiri, karena kini cita rasa masakan Indonesia sudah banyak diakui dan itu artinya masakan tersebut mampu menjadi selera baru orang-orang luar.

Terkadang kita sebagai orang Indonesia pun masih belum berkesempatan merasakan semua makanan khas tanah air, dan hanya baru beberapa diantaranya saja. Sebagai pecinta kuliner, maka sangat wajib untuk segera icip-icip kenikmatannya. Berikut ini berbagai kuliner dengan cita rasa mantap khas Indonesia.

1. Rendang 
Kuliner khas Nusantara pertama yang dibahas ini pasti sudah sangat familiar di telinga. Rendang merupakan makanan khas dari daerah Minang, yang cita rasanya kaya akan rempah tradisional. Olahan daging sapi ini dibuat lebih empuk dengan bumbu rendang yang dimasak menggunakan campuran santan. Racikan seperti ini membuat makanan lebih tahan lama, karena bumbu rendang yang umumnya dibuat agak kering.

Menakjubkannya, masakan ini juga telah masuk pada makanan paling enak nomor 1 versi CNN. Dari hal ini pula, kini rendang semakin hits di negeri luar. Bahkan ada yang sengaja mengungjungi Indonesia karena tertarik dan penasaran ingin mencicipi rendang. Kita sebagai pribumi pun menganggap masakan ini begitu luar biasa, maka tak heran bisa sampai dinilai enak oleh turis-turis asing.

2. Nasi Goreng
Selanjutnya ada nasi goreng yang merupakan salah satu kuliner khas Nusantara sederhana yang banyak dijual dan mudah dibuat sendiri di rumah. Meskipun terlihat simple, namun cita rasa makanan ini pun patut diacungi jempol. 

Menu nasi goreng bisa dibuat sesuai selera setiap orang, namun biasanya ia terdiri dari campuran nasi, telur, sayuran, dan daging yang dimasak dalam satu wajan. Setelah jadi, kerupuk pun selalu menjadi pelengkapnya. Dan hal ini menjadi menu wajib jika kita melancong ke suatu tempat, karena biasanya cita rasa yang disajikan setiap pedangan bisa berbeda-beda.

3. Sate
Siapa sih yang tidak lapar ketika mendengar sate? Ya, kuliner khas Nusantara ini juga mudah sekali ditemukan karena akan banyak pedangang yang menjajakannya. Ketika pertama kali mengetahui makanan ini, tak hanya cara penyajiannya daging yang ditusuk kayunya saja yang langsung diingat tetap rasanya pun tidak bisa dilupakan.

Indonesia memang terkenal dengan makanan yang unik-unik dan salah satunya adalah sate. Pada umunya daging ayam atau daging kambing akan dipotong dadu kecil-kecil, lalu ditusuk pada kayu tipis agar bisa dipanggang. Setelahnya, beberapa tusuk daging akan dicampur pada bumbu kacang khas tanah air yang enak.

4. Soto
Soto meruapakan kuliner khas Nusantara yang dimasak dengan ekstrak rasa jeruk nipis yang menyegarkan. Di berbegai daerah, penyajian soto bisa berbeda-beda. Misalnya berbagai campuran seperti suwiran daging ayam, sayuran, bihun, hingga tauge dicampur dalam kuah soto yang enak. Agar lebih mantap, kamu juga bisa menambahkan nasi dan kerupuk.

Itulah berbagai kuliner khas Nusantara yang terkenal dan rasanya nendang, menjadi menu wajib yang harus kamu rasakan semuanya.

No comments