Minuman khas jawa barat segar dan enak yang wajib kamu coba

Sumber: food.detik.com
Minuman khas jawa barat segar dan enak yang wajib kamu coba. Banyak minumam kekinian yang bermunculan saat ini, dan mengeser minuman minuman khas daerah. Walapun begitu, minuman tetsebut masih tetap eksis meski tidak terlalu populer apalagi dikalangan para remaja saat ini. Di indonesia sendiri banyak sekali minuman yang memiliki banyak beragam rasa yang tentunya enak. 

Salah satu daerah yang memiliki minuman khas yang terkenal adalah jawa barat. Jawa barat yang memiliki ibu kota di bandung ini sangat rekomendid baget untuk menjadi salah satu tujuan kamu kuliner. Namun, sebelum kamu pergi kedarah di Jawa Barat, disini ada beberapa rekomendasi minuman khas Jawa Barat yang wajib dan harus kamu coba yang pasti sangat enak dan sangat segar untuk dinikmati. Mau tahu, apa saja sih minuman khas Jawa Barat ? 

Silahkan simak beberapa rekomendasinya di bawah. 

1. Cendol
Minuman pertama adalah cendol, minuman ini adalah minuman yang sangat populer bahkan sudah dikenal sampai keluar negri. Minuman khas Jawa Barat ini minuman yang berasal dari kota kembang Bandung. Cendol ini sangat cocok dinikmati saat terik matahari. Minumam es cendol terdiri dari es serut, gula merah cair, cendol, santan dan biasanya di tambah dengan buah nagka atau buah alpukat. Sangat enak bukan? 

Dibandung sendiri,minuman ini biasa dijual dipinggir jalan, namun saat ini minuman khas Jawa Barat ini sudah banyak juga di hidangkan di restoran- restoran dan sudah banyak variasi dari minuman ini. Minumam cendol yang terkenal di bandung adalah minuman es cendol Elizabeth.

2. Es goyobod
Es ini juga menjadi minuman khas jawa barat yang cukup terkenal, minuman ini awal mula muncul di kota Garut. Namun, minuman ini bisa kamu temukan di manapun bukan hanya di Garut, minuman ini juga ada di Bandung. Goyobod terdiri  dari santan, jelly yang mirip seperti cendol, peyeum (tape), es, acar cina dan bisa ditambah toping seperti buah alpukat. Minuman ini selain menghilangkan haus juga bisa mengenyangkan juga.

3. Es doger 
Minuman khas jawa barat selanjutnya yaitu es doger. Menurut sejarah minuman ini awal mula muncul di daerah corebon dan nama dari es doger itu sendiri merupakan singkatan dari dorong gerobak yang di singkat menjadi doger. Karena kelezatan dari minuman ini sampai tersebar di kota kota seluruh indonesia. Seperti bandung, jakarta dan masih banyak lagi. Es ini terdiri dari macam macam bahan yang akan membuat minuman ini sangat enak dan segar untuk diminum saat sedang haus dan cuaca panas. 

4. Es cincau
Minuman selanjutnya yaitu es cincau, cincau menjadi minuman khas jawa barat yang memiliki cara penyajian yang berbeda beda di setiap daerahnya. Minuman ini terdiri dari cincau yang terbuat dari daun cincau dan biadanya menggunakan tambahan air gula dan es. Minuman ini tak hanya di sajikan menggunakan gula cair saja,  saat ini cincau menjadi minuman yang memiliki banyak variasi dan banyak digunakan untuk toping minuman. 

Beberapa minuman khas jawa barat yang menggunakan cincau contohnya adalah es krim cincau dan cappucino cincau yang meruapakan kombinasi antara cincau dan kopi. Tektur yang kenyal dari cincau akan menambah kelezatan dari minuman ini dan tidak kalah dengan minuman hits saat ini. 

Nah itulah rekomendasi minuman khas jawa barat yang wajib untuk kamu coba, cukup sekian untuk pembahasan kali ini sampai jumpa di pembahasan berikutnya. Terimakasih!

No comments