Resep Membuat Cilok Goang Sederhana Dijamin Mantap

Sumber: cookpad.com
Resep membuat cilok goang sederhana dijamin mantap! Cilok merupakan makanan ringan khas Indonesia yang paling banyak diburu dan disukai oleh semua masyarakatnya dan menjadi jajanan favorit dengan harga murah meriah. Bahkan saat ini ada banyak sekali variasi dari cilok yang dijual dan sangat nikmat disantap ketika sedang cuaca apapun. 

Salah satu variasi dari cilok yang selain menggunakan bumbu kacang adalah cilok yang dibuat dengan menggunakan bumbu cabe asli yang bernama cilok goang. Cilok ini bisa disajikan dengan menggunakan kuah atau tidak tergantung selera yang kamu inginkan. Dan untuk membuatnya sangat mudah lho. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini dengan menggunakan bahan-bahan seadanya tapi dijamin akan meninggalkan citarasa yang sangat lezat dan mantap.

Bahan-Bahan Membuat Cilok Goang
- ½ tepung tapioka
- ¼ tepung terigu
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa atau Kaldu secukupnya
- Cabe segar sesuai selera
- 2 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2 buah jeruk nipis (tidak memakai juga tidak masalah)
- Kencur secukupnya
- Air putih mendidih secukupnya

Setelah semua bahan-bahan itu terkumpul, berikutnya kamu bisa langsung membuat adonan dan bumbu yang akan digunakan dalam pembuatan cilok goang. Dibawah ini merupakan langkah-langkah membuat yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa proses lama dan dijamin hasilnya pasti bagus.

Langkah-Langkah Membuat Cilok Goang Sederhana Dijamin Mantap

Langkah pertama kamu bisa mencampurkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam wadah bersih. Tambahkan garam secukupnya dan aduk-aduk menggunakan sendok besar bersih sampai merata. Jika sudah, kamu bisa menambahkan air panas secara sedikit demi sedikit agar tidak terlalu encer nantinya. 

Aduk-aduk kembali dengan menggunakan sendok agar airnya merata. Jika terasa sudah cukup dan tidak terlalu panas, maka kamu bisa mulai mengaduknya dengan menggunakan tangan agar bisa mengetahui adonan sudah kalis atau tidak.

Jika adonan sudah terasa kalis, maka kamu bisa mulai membuat bentuk bulat seperti cilok dengan ukuran sedang alias tidak terlalu kecil atau besar. Sambil membuat bentuk cilok goang tersebut, kamu bisa mendidihkan air agar bisa langsung dimasukan semua adonan cilok yang sudah terbentuk ketika air sudah mendidih. 

Jika sudah selesai, kamu bisa langsung membuat bumbu goangnya, yaitu tinggal ulek bawang putih, bawang merah, cabe dan kencur yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tambahkan sedikit garam lalu ulek sampai merata.

Apabila air sudah mendidih, maka kamu bisa langsung masukkan bentuk cilok goang tersebut ke dalam air mendidih dan tambahkan penyedap rasa serta air perasan jeruk nipis secukupnya. selanjutnya jika cilok tersebut sudah naik keatas dan mulai terasa sedikit matang, maka kamu bisa langsung masukkan bumbu dan aduk hingga tercium aroma harum yang menggiurkan. 

Silakan tunggu selama kurang lebih 30 menit dan tambahkan lagi penyedap rasa jika rasanya masih terasa hambar. Apabila ciloknya sudah matang, maka kamu bisa segera menyajikan cilok tersebut selagi masih panas dan disantap bersama-sama dengan keluarga tercinta. Cilok dengan bumbu goang ini sangat enak dinikmati selagi masih panas atau hangat, lho. 

Nah, itulah resep membuat cilok goang yang murah meriah alias sederhana tapi memiliki citarasa yang mantap dan lezat. Dijamin semuanya pasti menyukai cilok tersebut apalagi jika disantap selagi panas, pasti segar dan membuat rasanya meresap ke dalam-dalam. 

No comments