11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula

Selamat datang di blogBlog kami. 11 Hal Penting Google Search Console yang Wajib di Ketahui Pemula. Google Search Console (sebelumnya disebut sebagai Google Webmaster Tools) adalah perangkat atau tools gratis yang disediakan Google dan harus dimiliki oleh semua webmaster, pemilik blog, dan pengelola situs web.  Alat ini sangat penting untuk optimasi mesin pencari (SEO) yang begitu efektif dan efisien.

Karena membantu sobat memahami pandangan Google tentang situs web sobat dan memberi sobat beberapa  data, informasi, dan saran untuk menyelesaikan masalah dan melakukan perbaikan terhadap situs web sobat.

Dengan Search Console, Google sudah melakukan pekerjaan yang sangat baik pada menyediakan adonan pelaporan, alat, pendidikan, dan poly data berguna yang semuanya berada pada bawah satu payung.

Jika sobat belum menggunakan alat gratis Google Search Console yang sangat berguna ini, saya sangat menyarankan sobat untuk  segera menggunakannya dan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.. Sejalan dengan itu, maka saya akan tunjukkan cara mendaftar Google Search Console sebelum menunjukkan kepada sobat 11 hal luar biasa yang dapat sobat lakukan dengan Google Search Console.

Mendaftar Google Search Console

Memulai untuk mendaftarkan situs web atau blog ke Search Console itu sangat mudah. Yang sobat butuhkan hanyalah akun Google (yaitu akun Gmail). Apabila sobat telah memiliki akun Google yang ada, sobat hanya perlu masuk ke akun yg sama ini buat menyiapkan Search Console.

Cukup buka halamanSearch Console untuk mendaftar.

Selamat_datang_di_Google_Search_Console

Berikut langkah-langkahnya:

  • Tambahkan properti Search Console (yaitu, situs web atau aplikasi Android sobat)
  • Verifikasi situs web sobat
  • Hubungkan Search Console ke Google Analytics
  • Tambahkan Peta Situs XML
  • Validasikan file robot.txt sobat

Setelah masuk dengan akun Google sobat, cari tombol merah yang bertuliskan "Tambahkan Properti." Masukkan URL situs web sobat dan klik tombol Tambah.

Setelah itu, Google akan meminta sobat untuk memverifikasi kepemilikan domain yang sobat ingin gunakan Search Console terlebih dahulu sebelum sobat diberikan akses ke dasbor.

Notes: Lakukan dengan baik untuk menambahkan semua versi situs sobat (HTTPS dan HTTP dan WWW dan versi non-WWW) sebagai properti berbeda untuk melacak semua lalu lintas dan mendapatkan data bermanfaat.

Menautkan & memverifikasi situs web atau blog sobat bisa dilakukan menggunakan beberapa cara.

Salah satu alternatif adalah menggunakan Google Analytics. Jadi jika sobat sudah menggunakan Google Analytics, cukup pilih "Google Analytics" sebagai metode verifikasi pilihan sobat. Selama kode pelacakan Google Analytics sobat ada dibagian dari beranda website, situs sobat akan ditautkan dan diverifikasi.

atau pilihan kedua menggunakan menuHTML tagdan copy semua code yang ada. Perlu diingat jangan dulu menutup  halaman Google Webmaster tools / Search Console dimana berfungsi untuk langkah terakhirnya nanti yakni untuk memverifikasi. setelah itu pilih menu Tema, pilihEdit HTML, cari kode<Head>dalam tema  dan pastekan kode yang sobat dapatkan tadi pas di bawah tulisan<Head>. Setelah pastekan kode tadi jangan lupa untuk klikSimpan tema.

langkah yang kita lakukan hampir selesai tinggal sobat kembali ke halaman Google Search Console atau Google Webmaster Tools dan klik VERIFY, sesuai pesan saya diatas tadi supaya jangan menutup laman Google Webmaster tools / Search Console.

Baca juga: Cara Mendaftar Dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools / Google Search Console

11 Hal Penting Google Search Console

Google Search Console hadir dengan banyak  fitur. Bahkan, bisa jadi sobat masih awam dan penasaran untuk mencoba berkenalan dengan semua fitur di Search Console.

Jadi buat membantu Anda bangkit & berlari cepat menggunakan alat ini, saya akan memandu Anda melalui beberapa hal penting yg dapat Anda lakukan dengannya berdasarkan pada beberapa fitur yang ada pada paket indera ini.

? Temukan Wawasan dan Metrik Kunci Tentang Situs Web Sobat

Google Search Console dimuat menggunakan poly alat pelaporan yg dapat melacak & menampilkan data & kabar penting mengenai aktivitas SEO situs web. Dan aneka macam metrik pengunjung. Ini adalah wawasan pribadi berdasarkan Google tentang bagaimana mesin pencari melihat situs web sobat.

Salah satu area di mana sobat dapat menemukan laporan semacam ini adalah bagian Search Analytics, yang menyediakan berbagai wawasan kunci yang komprehensif tentang kinerja pencarian situs web sobat di Google.

Search Console secara teratur dan terusmenerus memeriksa situs web atau blog sobat buat melihat kesalahan yang ada misalnya tautan rusak, halaman meninggal, duplikat konten , dan beberapa kasus SEO nir ramah lainnya di pada website sobat.

Di Konsol Pencarian sobat akan menerima pesan langsung dari Google terkait masalah apa pun dengan, atau tindakan yang diambil terhadap, situs web sobat. Ini bisa berupa serangan pada situs sobat, peringatan malware, hukuman manual untuk praktik SEO yang buruk atau pemberitahuan teknis lainnya yang ingin diketahui oleh mesin pencari.

Selain itu, sobat dapat mengatur Search Console untuk mengirimi sobat peringatan email ketika Google mengidentifikasi masalah di situs sobat. Dengan ini, sobat bisa melihat URL mana yang dipengaruhi oleh masalah ini dan memberi tahu Google ketika sobat telah memperbaikinya.

Ke mana lagi sobat lebih suka mencari istilah kunci yg tepat buat digunakan pencari dalam menemukan situs sobat kalau bukan berdasarkan Google?

Search Console memberi sobat informasi ini secara gratis. Sobat akan menemukannya dengan mengklik bilah Pencarian Analytics di dalam dasbor utama. Di sana, sobat akan melihat daftar semua kata kunci yang digunakan orang dalam menemukan situs sobat dan berapa kali pengguna mengklik tautan sobat setelah mencari setiap kata kunci.

Untuk menemukan halaman mana yang ada kata kunci mana, cukup klik dalam istilah kunci tertentu dalam daftar & gunakan opsi filter pada hidangan atas. Singkatnya, Anda akan dapat menemukan page berkinerja terbaik di SERP sempurna pada bagian tadi.

➧ Lihat Dari Mana Pengunjung Sobat Berasal dan Perangkat Apa yang Mereka Gunakan

Sobat bisa menemukan fakta ini pada bagian yang sama di mana istilah kunci dan data laman ditemukan. Dengan memilih Negara di hidangan, sobat akan bisa melihat jumlah klik yg diterima situs web sobat menurut masing-masing negara, dengan angka tertinggi pada bagian atas daftar.

Search Console memungkinkan sobat buat juga beralih buat melihat hasil menurut tayangan, rasio klik-tayang, dan posisi peringkat pencarian. Selain itu, sobat jua bisa melihat perangkat apa yg mereka gunakan dalam mengakses situs sobat (bagus buat pengoptimalan buat seluler & desktop).

? Laporan Kecepatan Halaman

Ini merupakan fitur baru yg diluncurkan pada November 2019. Ini mengambil data menurut Laporan Pengalaman Pengguna Chrome dan secara otomatis mengelompokkan URL ke pada kategori "Cepat," Sedang, "dandanquot; Lambat. "Ini berfungsi seperti halnya laporan Konsol Penelusuran lainnya yang mengelompokkan URL. Dari seberapa baik URL tadi memenuhi kriteria eksklusif seperti mempunyai markup data terstruktur yang valid.

Dengan ini, Anda menerima daftar kemungkinan masalah kecepatan laman. Dengan mengeklik galat satu masalah yang diidentifikasi, Anda akan bisa mempelajarinya lebih lanjut lantaran akan mengirim Anda ke indera Google PageSpeed ??Insights . Dari sana, Anda bisa menilik lebih lanjut mengenai cara mengoptimalkan page buat menyelesaikan perkara eksklusif. Selain mempelajari page yang lambat dan sedang, Anda bisa menelusuri lebih pada ke laman cepat buat menilik lebih lanjut mengenai kinerja mereka sehingga Anda dapat mereplikasi hasilnya .

Fitur "Hapus URL" sangat berguna buat menyembunyikan ad interim URL eksklusif berdasarkan laman hasil pencarian Google & untuk menghapus konten yang masih terdaftar buat pencarian eksklusif tetapi yang nir lagi relevan.

Katakanlah ada konten populer yg mengubah kesan Google mengenai situs sobat ke arah yg galat, atau ada konten yang nir mendeskripsikan atau menampilkan gambar terbaik mengenai website atau blog sobat, atau terdapat page eksklusif yg nir lagi berguna buat website atau blog tetapi masih muncul di Google, sobat bisa memakai fitur ini buat menyingkirkan laman tadi pada hasil pencarian.

➧ Fetch as Google

Sobat ingin artikel cepat di indeks Google, maka Fetch as Google adalah fitur di Search Console yang dapat melakukan hal tersebut:

  • Menunjukan pada sobat bagaimana Google merender halaman yang sobat publikasikan ... sehingga sobat dapat melihat situs sobat persis seperti yang dilihat Google.

  • Mengizinkan sobat mengirimkan situs atau halaman Anda untuk pengindeksan cepat.

Baca Juga: Cara Terbaru Submit URL ( Fetch As Google ) di Google Webmaster ( Search Console )

Dengan kata lain, sobat dapat "mengambil atau Fetch" halaman untuk melihat bagaimana Google menampilkannya kepada pengguna, "mengambil dan merender" halaman untuk membuat bot Google merangkak dan mengindeks.

Sobat bisa melihat seluruh pemrosesan & permintaan 'fetch' dan berhasil 'fetch and render' tercantum di halaman Fetch menjadi fitur Google, dengan simbol status yang menerangkan apakah setiap permintaan sudah siap.

Fetch As Google

➧ Mengatur data terstruktur

Agar Google Search dapat mengindeks & menampilkan page web SOBAT menggunakan sahih, perlu memahami konten halaman. Agar hal ini terjadi menggunakan lebih gampang, Sobat bisa memberikan petunjuk eksplisit tentang arti page ke Google menggunakan memasukkan data terstruktur (jua dianggap markup skema) pada page.

Menurut Google:

"Data terstruktur merupakan format standar buat menaruh fakta mengenai halaman dan mengklasifikasikan konten halaman; contohnya, dalam page resep, apa bahan, ketika memasak & suhu, kalori, & sebagainya."

Dengan istilah lain, Google memakai data terstruktur yang ditemukannya di web untuk tahu konten page, sehingga bisa menampilkannya dengan benar kepada pencari.

? Tingkatkan HTML situs

Sama pentingnya dengan bagaimana Google memahami konten sobat melalui data terstruktur, merupakan bagaimana konten yg sobat hasilkan dapat terlihat dalam hasil pencarian.

Agar Google dapat menampilkan hasil konten sobat  dengan baik, fitur Perbaikan HTML di Search Console digunakan untuk menyoroti masalah konten di situs sobat  seperti duplikasi meta tag atau masalah judul. Itu menunjukkan masalah dengan situs sobat  dan memberikan saran tentang cara memperbaikinya ... sehingga hasil pencarian sobat  terlihat sebaik mungkin.

? Kirim sitemap

Perayap web Google sendiri dapat belajar poly mengenai situs web dan page web individualnya. Tetapi Anda bisa memberi mereka sedikit donasi ekstra pada menilik fakta yang mereka butuhkan mengenai situs Anda dengan mengirimkan peta situs ke Google. Peta situs memberitahuakn daftar seluruh halaman situs web.

Submit sitemap ke Google Search Console

Hal pertama yang wajib sobat lakukan adalah sobat harus mendaftarkan blog sobat tersebut ke diGoogle Search Console.Cara mendaftarkannya ada di artikel " cara daftar dan verifikasi blog di google search console",Jikasudah mengikuti langkah-langkahnya maka sobat akan masuk ke langkah berikutnya

  • Buka akunGoogle Search Console yang sudah sobat daftarkan URL blog sobat tadi
  • Setelah itu sobat perhatikan pada bagian kiri dashboar Google Search Console  klik "Sitemap / Peta Situs".

Dashboard Google Search Console

  • Setelah sobat klik maka akan muncul menu "Tambahkan peta situs baru " atau dalam bahasa inggris "Add a new sitemap " perhatikan seperti gambar dibawah ini.

Memasukan sitemap di Google Search Console dan webmaster tools

  • Sobat isi dengan format teks pada bawah ini.
Sitemap.Xml
Lakukan sekali lagi seperti langkah di atas dengan memasukan format berikut ini

sitemap-pages.Xml
  • Memasukan format teks pertama klik "KIRIM " dan lakukan cara begitu untuk format teks kedua.

Contoh Gambar :

Maka sobat akan menerima output akhirnya misalnya pada bawah ini

mengirim peta situs di Google Search Console

Setelah seluruh telah selesai langkah selanjutnya merupakan sobat melakukan pengaturan do dashboard blogger tentang pengaturan robot.Txt, cara ini buat menginformasikan pada robot google dimana letak URL sitemap & dan pengaturan robot.Txt bisa mempercepat blog sobat pada indeks.

Dan selesainya mempublikasikan postingan artikel, Lakukan submit URL fungsinya agar meminta mesin pencari google buat melakukan pengindeksan terhadap artikel yg sudah pada publikasikan.

Baca juga: Cara Cepat Submit Sitemap ( peta situs ) di Google Search Console Terbaru

Akhir Kata...

Demikian artikel tentang 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus pada Ketahui Pemula. Google Search Console mempunyai banyak sekali manfaat buat perkembangan website atau blog sobat. Dengan Google Search Console, Sobat sanggup mendapatkan data seksama mengenai kata kunci, keamanan, sampai kinerja website atau blog pada hasil pencarian. Jadi pastikan website atau blog sobat telah terdaftar pada Google Search Console!

No comments