Apa Itu Backlink, Keuntungan Backlink Dalam SEO dan Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas

"Backlinkdanquot; merupakan galat satu kata yang paling poly dipakai pada dunia meningkatkan secara optimal mesin pencari (SEO). Banyak blogger yang baru saja membuat sebuah blog atau website tak jarang kesulitan tahu apa arti "backlink".

Backlink

Dalam posting ini, saya berharap bisa memberi sobat sedikit pemahaman mengenai apa itu backlink, mengapa backlink penting buat SEO, & mengapa backlink krusial buat kesuksesan sebuah blog atau situs web. Dan kali ini juga saya akan sedikit mengajarkan pada sobat mengenai cara menganalisis backlink pesaing sobat, & bagaimana cara buat memperolehnya

Apa Itu Backlink?

Backlink juga dikenal sebagai  "Tautan balik", "tautan masuk" atau "tautan satu arah" adalah Sebuah tautan yang didapat satu blog atau website  dari blog atau website lain.

Tautan balik ini dapat memberikan dampak yang besar pada keunggulan blog atau website dalam hasil mesin pencari. Halaman dengan banyak backlink cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi di semua mesin pencari utama, termasuk Google.

Inilah sebabnya backlink dipercaya sangat bermanfaat buat menaikkan peringkat SEO blog atau website. Mesin pencari menghitung peringkat atau merengking website menggunakan beberapa faktor keliru satunya dari backlink yang berkualitas buat pada tampilkan di hasil pencarian. Tidak terdapat yang tahu niscaya berapa banyak jumlah yg sebagai patokan mesin pencari buat menaikan peringkat sebuah website atau blog, tetapi yang perlu kita ketahui bersama bahwa tautan pulang tadi sangatlah penting.

Karena pentingnya backlink, terdapat poly praktik jelek yang diikuti oleh pemilik situs web buat menerima backlink. Beberapa praktik buruk ini merupakan: membeli backlink, jaringan pertukaran tautan, menjual backlink, dll. Sebagian besar praktik ini tidak direkomendasikan sang mesin pencari. Google umumnya melakukan deindex & menghukum situs web yg diduga terlibat pada praktik semacam itu.

Tautan balik ke website atau blog sobat harus alami, ini berarti bahwa sobat tidak boleh menggunakan cara apapun atau Tools otomatis  membuat tautan balik untuk website atau blog sobat. Yang perlu sobat ingat kualitas tautan  jauh lebih penting daripada kuantitasnya.

Contoh I: Situs web A merupakan merupakan sebuah restoran & menerima backlink menurut Situs B yg merupakan blog atau situs yang mengulas banyak sekali jenis makan terkemuka. Ini merupakan backlink yang berharga, alami, & relevan yang diperoleh Situs A.

Contoh II: Seorang blogger Sugeng menulis artikel yang sangat menarik tentang acara optimasi blog. Blogger lain mba Igniel tidak setuju dengan artikel mas sugeng, dan mba Igniel menulisnya di artikel lain untuk majalah online. Ia menautkan ke artikel mas sugeng, sehingga pembacanya dapat memahami kedua sudut pandang yang berbeda tersebut. Blog mas sugeng mendapat backlink yang berharga. Di sisi lain, artikel mba Igniel menjadi populer dan banyak situs web lain yang terhubung ke artikelnya. Situs web mba Igniel mendapat banyak backlink baru. Meskipun mas sugeng hanya mendapat satu backlink untuk artikelnya, nilai backlinknya meningkat dengan backlink yang dihasilkan artikel mba Igniel.

Singkatnya, adalah jaringan halaman website atau blog yang terhubung satu sama lain melalui hyperlink. Setiap hyperlink yang terhubung ke website atau blog baru menambah pertumbuhan web secara keseluruhan. Mesin pencari memudahkan sobat menemukan halaman website tersebut. Halaman web yang dihubungkan oleh banyak halaman web lain pada topik yang sama dianggap lebih bernilai dan berharga.  Seperti contoh II di atas, artikel mas sugeng mendapat penilaian yang baik karena memicu percakapan yang menghasilkan banyak halaman web lain yang saling terhubung. Jadi backlink tidak hanya penting bagi sebuah situs web juga penting untuk mesin pencari dalam menentukan relevansi keseluruhan dari konten yang ada web atau blog.

Istilah umum terkait menggunakan backlink

Berikut ini merupakan daftar kata generik yg terkait dengan backlink yg perlu sobat ketahui:

  • Juice Tautan atau Link Juice

Juice Tautan: Ketika sebuah halaman web menautkan ke salah satu artikel sobat atau situs web sobat, itu melewati "jus tautan". Jus tautan ini membantu menentukan peringkat artikel, dan juga meningkatkan otoritas domain . Sebagai seorang blogger, sobat dapat berhenti mengirimkan jus tautan dengan menggunakan tag No-Follow.

  • No Follow Link

No-Follow Link: Ketika sebuah situs web menautkan ke situs web lain, tetapi tautan tersebut memiliki  tag No-Follow , tautan itu tidak dianggap link juice . Link no follow tidak memberikan manfaat mengenai peringkat halaman karena tidak berkontribusi dan tidak memiliki dampak apa pun. Secara umum, seorang  pakar webmaster menggunakan tag no follow ketika dia menaut ke situs yang tidak dapat relevan dengan topik yang di bahas. seperti contoh berkomentar di blog orang lain atau blog walking.

  • Do-Follow Link

Do-Follow Link : Secara umum, semua tautan yang sobat tambahkan ke posting blog adalah do-follow links atau link mengikuti  dan link tersebut  dianggap link juice.

  • Menautkan Root Domains

Menautkan Root Domains:  Ini merujuk pada jumlah backlink yang masuk ke situs web sobat dari domain unik dan memiliki peringkat. Bahkan jika situs web telah menautkan situs web sobat sepuluh kali, itu hanya akan dianggap sebagai  satu root domain  yang ditautkan.

  • Tautan Berkualitas  Rendah  atau Low-QualityLink

Tautan Berkualitas  Rendah : Tautan berkualitas rendah adalah tautan yang berasal dari situs yang dipanen, situs otomatis, situs spam, situs download software bajakan atau bahkan situs porno. Tautan seperti itu jauh lebih berbahaya. Ini adalah salah satu alasan sobat harus berhati-hati saat membeli backlink atau menyuruh orang membuat backlink otomatis.

  • Tautan Internal

Tautan Internal: Tautan yang berpindah dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut tautan internal atau tautan yang masih mengarah ke artikel yang masih satu website atau blog. Proses itu sendiri disebut sebagai  tautan internal atau interlinking.

  • Anchor Text

Anchor text adalah potongan teks berisi tautan yang dapat diklik. Bentuknya cukup berbeda dari teks biasa. Di mesin pencarian umumnya, anchor text berwarna biru atau berupa teks yang digarisbawahi. Teks ini berguna sebagai informasi bagi pengguna dan mesin pencari mengenai tautan website yang dilampirkan.

Anchor Text: Teks yang digunakan buat hyperlink disebut anchor text. Tautan backlink teks berfungsi baik saat sobat mencoba mengoptimasi buat output pencarian lebih baik menggunakan istilah kunci tertentu.

.

Daftar isi:

Keuntungan Menggunakan Backlink pada Praktik SEO

  1. Peringkat di Mesin pencari
  2. Proses pengindeksan Lebih Cepat
  3. Mendapatkan banyak Lalu Lintas  Rujukan

Tips Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

  1. Buatlah Artikel yang memberikan informasi dan solusi
  2. Blogging Tamu (guest blogging)
  3. Membangun Relasi Pertemanan sesama Blogger
  4. Tulis Informasi yang Paling Banyak Dicari
  5. Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama
  6. Hapus Tautan Rusak di Blog
Website Sumber Backlink Gratis
  1. About Me
  2. Medium.Com
  3. YouTube.Com
  4. Scribd
  5. Kaskus.Co.Id

Keuntungan Menggunakan Backlink pada Praktik SEO

Sebelum aku berbicara mengenai laba atau kelebihan backlink backlink salam sebuah website atau blog, Sobat perlu sedikit ketahui bahwa poly backlink sudah berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Ada saat dimana ketika  tautan berkualitas rendah dari website lain juga bisa membantu menentukan peringkat suatu situs web. Namun sejak Google meluncurkan algoritma Penguin-nya, seluruh backlinking telah berubah.

Penting bagi sobat untuk mendapatkan backlink dari situs berkualitas, dan backlink tadi harus kontekstual atau relevan. Misalnya, apabila sobat mempunyai websiteyang membahas mengenai kesehatan, & sobat membuat tautan dari situs niche lain tentang pelaksanaan bajakan, tautan yang sobat buat tidak akan berguna. Sasaran sobat adalah buat mendapatkan tautan dari situs resmi dan relevan.

Sekarang yuk kita tela'ah mengapa krusial bagi sobat buat menerima backlink ke situs sobat:

1. Peringkat di Mesin pencari

Backlink membantu dalam mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Catatan penting: "SERP" berarti halaman hasil mesin pencari. Tangkapan layar ini hanya mencerminkan apa yang dilihat orang di Google.

Contoh.Ambil topik “SEO Backlinks ”.

Jika saya memasukkan istilah pencarian ini ke Ahrefs 'Kata Kunci Explorer ( alat penelitian kata kunci ), saya bisa melihat bahwa sebagian besar halaman peringkat tinggi memiliki poly backlink:

apabila konten pada website atau blog sobat mendapatkan backlink menurut situs lain, konten itu secara alami akan mulai menempati peringkat lebih tinggi pada output pencarian. Jika tidak, maka sobat harus agresif dan membangunnya secara bertahap.

Yang perlu sobat lakukan merupakan membuat tautan ke setiap posting / internal link bersama dengan yg mengarah ke beranda blog sobat.

2. Proses pengindeksan Lebih Cepat

Bot mesin pencari akan menemukan page web baru menggunakan mengikuti backlink dari halaman web yang terdapat. Hanya saat mereka sudah menemukan situs sobat mesin pencari bisa menggunakan leluasa menjelajah situs Anda secara efektif .

Akan lebih sulit bagi bot mesin pencari buat menemukan situs sobat bila sobat tidak mempunyai backlink di website atau blog kesayangan sobat. Khusus buat situs web baru, penting buat menerima backlink karena membantu pada penemuan & proses pengindeksan situs sobat akan lebih cepat.

3. Mendapatkan banyak Lalu Lintas  Rujukan

Salah satu manfaat utama backlink merupakan membantu website sobat menerima lalu lintas acum. Pada dasarnya, seorang yang membaca posting sobat bisa mengklik tautan di posting buat mengetahui lebih lanjut tentang topik yg dibahas.

Karena orang mengklik tautan secara sukarela, mereka umumnya lebih bertarget dan mini kemungkinannya buat meninggalkan page menggunakan cepat (alias tingkat pentalan atau bounce rate rendah).

Biasanya, lalu lintas rujukan ditargetkan & memiliki rasio pentalan yg rendah.

Tips Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Cara mulai mendapatkan backlink:

Jadi kini sobat mengerti apa arti istilah "backlink" lantaran berkaitan dengan SEO & mengapa mereka krusial. Sekarang yuk kita belajar beberapa teknik sederhana buat memperoleh backlink baru:

Satu warta penting yang perlu Anda ingat mengenai SEO backlink adalah bahwa itu bukan jumlah backlink yang krusial, tetapi kualitas backlink.

Jika Anda menggunakan beberapa layanan berbayar untuk mendapatkan tautan ke situs Anda, kemungkinan besar Anda akan dihukum  oleh algoritma Google Penguin .

Jadi inilah pertanyaannya:

Apa sajakah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas buat blog Anda?Cara mulai mendapatkan backlink:

Apa sajakah cara buat menerima backlink berkualitas buat blog Anda?

1. Buatlah Artikel yang menaruh kabar & solusi

Jika sobat ingin orang lain atau para blogger lain membuat tautan backlink ke blog sobat, sobat harus memberi mereka sebuah alasan. Dan alasan terbaik adalah membuat artikel yang luar biasa unik, menarik serta memberikan informasi dan solusi pada orang lain.

apabila konten Anda bermanfaat dan menyenangkan, orang akan dengan bahagia hati menautkannya ke artikel sobat.

Bagaimana Anda menciptakan artikel yg luar biasa unik, menarik serta menaruh informasi dan solusi dalam orang lain. ?

Berikut adalah beberapa tips buat Anda mulai:

Menyelesaikan masalah. Kebanyakan orang atau pembaca setia sobat membaca konten lantaran mereka mencari solusi menurut perseteruan yg sedang mereka alami. Pastikan sobat mengartikulasikan perkara yang tepat & mengajari mereka cara memperbaikinya serta mengatasinya.

  • Buat konten yang mudah dibaca dan gampang pada pahami. Tulis pada kalimat pendek & sederhana akan tetapi padat dan jelas. Jadikan artikel terlihat menarik dengan menambahkan pemformatan, judul, gambar, dan multimedia lainnya supaya para pembaca nir cepat jenuh.
  • Memiliki sudut yang unik. Ada begitu poly konten pada Internet ketika ini menggunakan pembahasan yg sejenis. Bagaimana artikel Anda akan menonjol menurut pada website atau blog lain? Maka langkah yang paling digdaya buatlah artikel yg membahas sesuatu dari sudut pandang sobat.
  • Bangun otoritas ke pada artikel. Orang ingin atau blogger pemula sering belajar berdasarkan blogger yg mempunyai otoritas mengenai topik itu di websitenya. Jika bukan keliru satunya, sobat nir perlu khawatir lantaran sobat mampu mendapatkanya menggunakan cara mewawancarai dan mengutip para ahli tentang topik tersebut.
  • Selama bertahun-tahun, saya telah menerbitkan banyak artikel pada blog ini yang akan membantu soabt

    membuat artikel unik, menarik serta memberikan informasi dan solusi pada orang lain dalam waktu singkat:

    • Cara Optimasi SEO Off Page buat Website atau Blog, Terbukti Ampuh!

    Cara Optimasi SEO On Page yang Efektif untuk Blog dan Website ( sangat di anjurkan )

  • Tidak Bakal Di Terima, Niche Atau Topik Blog Yang Di Larang Google.Com, AdSense,Blogger
  • Setelah sobat membuat artikel yang luar biasa unik dan menarik & sudah mempublikasikannya. Sekarang saatnya sobat buat mengirim beberapa email ke jangkauan sobat yakni sekelompok orang yang baik buat dijangkau adalah para blogger yg telah menerbitkan artikel dengan topik serupa. Karena mereka sudah menulis mengenai topik itu sebelumnya, terdapat kemungkinan lebih tinggi bahwa mereka akan tertarik melihat posting Anda dan menautkan ke artikel sobat.

    Untuk menemukan orang-orang ini, relatif tambahkan topik artikel sobat (ingat buat mencoba variasi!) Ke Google. Kumpulkan daftar artikel yang ada pada SERP.

    2. Blogging Tamu (guest blogging)

    Secara definisi, Guest Blogger atau blogger tamu adalah seseorang blogger yang menulis & mengirim artikel di blog orang lain buat di publikasikan. Lalu dengan biar si pemilik website artikel tersebut diposting & diterbitkan di blog tersebut. Atau sederhananya, sobat yg menulis satu atau 2 artikel di blog orang lain (menyumbang goresan pena). Itu yg dimaksudkan dengan Guest Blogger.

    Satu tantangan besar dengan blogging tamu adalah menemukan situs untuk blog tamu. Untuk meningkatkan peluang sobat diterima, sobat dapat mencari situs yang sudah menerima posting tamu. Situs-situs ini biasanya memiliki halaman yang memanggil kontributor, seperti halaman “Write For Us” atau “Contribute”. Untuk menemukan situs-situs ini, sobat dapat menggunakan pencarian  Google.

    Tulislah kata-kata pada bawah ini di kolom search Google :

    Tulis Untuk Kami

  • Blogging Tamu

  • Postingan Tamu

  • Blogger Tamu

  • dll

  • Pastikan sesuaikan dengan niche sobat. Untungya semua itu dapat mudah dilakukan menggunakan masuk ke class Facebook Indo Guest Writer, disana adalah tempat buat menemukan penulis tamu & blog yang mendapat kiriman tamu.

    Jika sobat merupakan seorang blogger, jangan sampai terlewatkan hal penting yg satu ini buat ikut bergabung dalam sebuah komunitas. Di Jogja misanya, ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yg sebagai wahana efektif buat saling bertukar pikiran juga menambah jejaring pertemanan.

    Kalau sobat beruntung, bisa jadi ada satu atau 2 orang yg tertarik dengan website sobat dan bersedia buat diajak saling bertukar link.

    4. Tulis Informasi yg Paling Banyak Dicari

    Untuk mampu menghadirkan konten berkualitas terdapat aneka macam macam jalan yg sanggup sobat ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak diperlukan atau sedang ramai di perbincangkan. Sobat sanggup pakai Google Trend

    5. Blogwalking ke Website yg Memiliki Topik Sama

    Blogwalking merupakan seseorang blogger yang berkunjung ke blog milik blogger lain menggunakan meninggalkan jejak,jangan hanya membaca artikel saja namun sobat juga sebisa mungkin wajib meninggalkan jejak supaya mampu dikunjungi balik sang Blog Tetangga tersebut. Jejak itu misalnya berkomentar disuatu postingan milik blog tetangga.. ( hingga sini telah paham?? ).

    Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan lantaran dianggap relatif merepotkan dan kurang powerfull buat mendongkrak posisi website pada hasil pencarian. Tetapi, bagaimana apabila blogwalking dilakukan pada blog/website dengan topik bahasan yg sama? Silahkan Anda coba dan buktikan sendiri efeknya.

    6. Hapus Tautan Rusak di Blog

    Website atau blog kesayangan sobat terus berkembang. Halaman dimodofikasi mengubah, memindahkan, atau dihapus tanpa sengaja. Tautan rusak adalah tautan ke halaman yg telah nir ada.

    Telah pasti baik itu pemilik atau pengunjung Tidak ada yang suka akan hal itu itu. Webmaster & pencari membenci tautan yang rusak karena mereka berkontribusi dalam pengalaman pengguna yg tidak baik.

    Tapi, mereka tetap terdapat lantaran sibuk & tidak menyadarinya. Dibutuhkan poly upaya buat terus-menerus membersihkan situs sobat dari tautan yang rusak.

    Strategi ini memanfaatkan itu. Konsepnya sederhana:

    Sobat menemukan tautan yg rusak pada blog

  • Sobat menciptakan ulang konten yang mati atau salah hapus

  • Sobat menjangkau orang-orang yg menautkan ke konten yang mangkat itu & meminta mereka untuk menautkan ke versi yg sobat buat ulang.

  • Bagian terpenting dari strategi ini adalah menemukan konten "rusak" yang tepat untuk diciptakan kembali dan dilemparkan. Untuk melakukan ini, sobat akan memerlukan alat yang memungkinkan untuk menganalisis Tautan rusa seperti Broken Link Checker.atau sobat bisa cara lain dengan cara mengatasi  "404 not found”.

    Agar proses pencarian backlink Anda semakin gampang, gunakan pula tools misalnya Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang bisa menampilkan data backlink dari website kompetitor. Dari data tadi, lalu sanggup Anda pilah buat dijadikan target membuat link building yg lebih optimal. Sayangnya, tools ini menerapkan sistem berlangganan sebagai akibatnya Anda wajib mengeluarkan investasi uang yang angkanya cukup tidak mengecewakan.

    Mengirimkan blog Anda ke direktori web

    Mengirimkan blog sobat ke direktori web merupakan cara gampang lain buat mendapatkan backlink. Metode ini nir terlalu terkenal akhir-akhir ini karena menemukan direktori web yg sah tidak gampang. Terutama wajib menghindari direktori web yg meminta sobat menciptakan backlink ke situs web mereka buat memasukkan situs web sobat ke direktori mereka.

    Note penting:  Jika sobat menggunakan taktik penyerahan otomatis, berhentilah melakukan tidakan dengan segera. Pengiriman situs web otomatis akan menyebabkan blog sobat muncul sebagai spam, dan biayanya akan sangat besar dalam hal otoritas domain sobat atau bahkan penghapusan total blog sobat dari mesin pencari Google jika Google mendapati hal tersebut.

    Website Sumber Backlink Gratis

    Backlink berkualitas

    Agar semakin melengkapi pengetahuan sobat tentang apa itu backlink, dibawah ini sudah kami rangkum sejumlah website yg mampu dijadikan sebagai asal mencari backlink berkualitas untuk website atau blog sobat.

    Perlu diketahui bahwa, proses mencari backlink melalui beberapa situs ini relatif memakan waktu dan melelahkan, jadi ingat siapkan kopi dan camilan supaya tetap penekanan dan menerima output maksimal .

    About Me

    Domain Authority (DA): 93

    Tipe backlink: Profile

    Cara mendapatkan backlink: Membuat akun kemudian menambahkan URL website target di halaman about atau profil tautan website atau blog sobat.

    Medium.Com

    Domain Authority (DA): 95

    Tipe backlink: Contextual

    Cara mendapatkan backlink: Medium tak ubahnya seperti blogspot atau wordpress.com yang menawarkan platform blogging dengan kebebasan menulis yang tidak dibatasi. Jadi, sobat bisa memanfaatkn layanan ini sebagai sarana latihan menulis sekaligus menyisipkan backlink contextual yang mengarah ke website sobat.

    YouTube.Com

    Domain Authority (DA): 99

    Tipe backlink: Profile / contextual

    Cara mendapatkan backlink: Sebagai salah satu produk hasil besutan Google, YouTube tentu bisa menjadi salah satu website powerfull untuk mencari backlink berkualitas. Ada dua cara mendapatkan backlink dari YouTube, pertama sobat bisa memasang URL homepage website di halaman profil about me, lalu yang kedua YouTube backlink berupa URL homepage maupun artikel yang bisa disematkan di dalam kolom deskripsi.

    Scribd

    Domain Authority (DA): 94

    Tipe backlink: Contextual

    Cara mendapatkan backlink: Apakah sobat punya file-file tugas kuliah yang menumpuk di harddisk komputer? Jangan sia-siakan kerja keras sobat tersebut, edit dan tambahkan hyperlink di bagian dokumen yang menurut sobat relevan, kemudian unggah ke website dokumen sharing Scribd untuk mendapatkan potensi backlink dari situs DA besar.

    Kaskus.Co.Id

    Domain Authority (DA): 80

    Tipe backlink: Contextul

    Cara mendapatkan backlink: Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas dari Kaskus sobat harus bisa membuat sebuah thread menarik yang tidak repost dan bermanfaat bagi banyak orang. Di bawah thread sobat bisa memberikan tautan referensi atau sumberyang benar-benar sesuai dengan topik bahasan terkait.

    Demikianlah pembahasan terkait Apa Itu Backlink, Apa Keuntungan Backlink Dalam SEO dan Tips  Mendapatkan Backlink Berkualitas yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Kita semua tentu sepakat jika salah satu langkah optimasi website adalah dengan cara menambahkan kualitas maupun kuantitas backlink senatural mungkin dan jangan lupa untuk selalu cek backlink secara berkala.

    No comments