Cara Alami Untuk Atasi Kram Perut dan Nyeri Saat Haid

Selamat datang di Blog Blog kami.Cara Mudah Atasi Kram Perut dan Nyeri Saat Haid. Untuk para ladies, mungkin sering mengalami kram perut sebelum dan sesudah masa haid. Kondisi yang sering dialami wanita ini dalam dunia medis dikenal dengan sebutandysmenorrhea dan umum terjadi pada wanita.

Hal demikian acapkali mengganggu kegiatan sehari-hari dan bahkan rasa ketidaknyamanan hampir dirasakan oleh perempuan yg sedang haid ( Menstruasi ). Efek nyeri yg dirasakan oleh perempuan dalam ketika haid bhineka. Ada sebagian wanita mencicipi biasa-biasa saja dan ada jua yg merasakan sakit yang tak terhingga, sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jangan khawatir terdapat beberapa cara yang mampu sobat terapkan buat mengurangi rasa sakit kram perut & nyeri saat haid. Sebelum masuk ke pembahasan inti sobat perlu memahami penyebab kram perut & nyeri waktu haid.

Penyebab Kram Perut dan Nyeri Saat Haid

Kondisi kram perut & nyeri pada wanita umumnya terjadi lantaran tubuh mengalami perubahan dalam saat haid ( menstruasi ). Kontraksi dalam dinding rahim umumnya lebih kuat supaya dinding rahim sanggup mengalirkan darah menstruasi.

Pada saat dinding rahim berkontraksi, rahim ( Uterus ) akan menekan semua pembuluh darah yang melapisi rahim. Hal tersebut bisa memutuskan pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan atau menghantarkan oksigen ke rahim, putusnya aliran darah yang mengantar oksigen ke rahim yang menimbulkan kurangnya kadar oksigen di rahim. Kondisi seperti ini membuat jaringan yang ada di dalam rahim mulai memproduksi zat kimia yang bernama prostaglanin, yang memicu rasa sakit atau nyeri saat haid.

Cara Mudah Atasi Kram Perut dan Nyeri Saat Haid

Untuk mengatasi rasa kram perut & nyeri waktu haid, terdapat beberapa cara yang bisa sobat lakukan

1. Mengkonsumsi Air Putih Yang Banyak

Banyak minum air putih merupakan solusi paling pertama buat mengatasi kram perut & nyeri ketika haid. Pada saat haid atau mens sobat sanggup siapkan sebotol air putih atau belilah sebotol air mineral yg gampang dibawah ketika bepergian jauh.Sobat bisa menambahkan perasan lemon kedalam sebotol air tersebut supaya menambah selera & memberi rasa. Minum poly air putih memang nir pribadi mengurangi rasa kram perut dan nyeri yang pada timbulkan saat haid, akan tetapi dengan poly minum air putih bisa mengatasi perut kembung & memperberat rasa kram perut yang sedang pada alami.

Minuman yg wajib dihindari : alkohol, minuman berkarbonat, & minuman yang mengandung kafein.

2. Mengkonsumsi kuliner yang sinkron atau kuliner yang dapat mengurangi rasa sakit waktu Haid

Berikut ini kuliner yang wajib pada konsumsi buat mengurangi kram perut dan nyeri waktu haid, diantaranya:

1. Makanan yg mengandung Kalsium

Kalsium yang mengandung kalsium pada percaya dapat mengurangi kram otot waktu haid atau menstruasi. Sangat dianjurkan buat wanita yg berumur 19-50 tahun agar mengkonsumsi sekitar 1000 mg kalsium setiap hari saat haid. Berikut makan yg direkomendasikan kaya akan kalsium.

  • Makanan yang berbahan dasar susu
  • Sayur-sayuran berdaun hijau
  • Biji Wijen
  • Almond

Selain daftar kuliner diatas, buat memenuhi kalsium. Sobat sanggup memperolehnya melalui suplemen-suplemen yang banyak di jual di apotik, tapi alangkah baiknya apabila ingin minum suplemen kunsultasi dulu menggunakan dokter apakah suplemen tersebut baik atau nir diminum pada waktu Haid.

Jahe bukan hanya tumbuhan yang dipakai buat menghangatkan tubuh saja, tapi jahe juga dianggap bisa mengurangi perkara-masalah kesehatan seperti : deman, flu, sakit kepala, dan juga nyeri dalam waktu haid. Meminum sepotong jahe yg di campurkan kedalam air hangat bisa mengurangi kram perut & nyeri waktu haid.

Nasi merah mengandung poly vitamin B6. Vitamin B6 yg bisa membantu sobat mengurangi kembung ketika menstruasi.

untuk ketiga  jenis makan yang di sebutkan diatas kaya akan mangan,  mangan merupakan mineral yang dapat membantu mengurangi kram perut dan nyeri saat haid.

Kayu manis ( Cinnamon ) memang sudah lama diketahui dan berkhasiat untuk mengurangi gejala flu dan alergi. Akan tetapi, ternyata, kayu manis juga bisa membantu mengurangi kram perut dan nyeri  saat menstruasi. Sebagai tambahan, kayu manis kaya akan serat, kalsium, dan zat besi. Selain dari itu, kayu manis juga mengandung mangan, mineral yang dapat membantu mengurangi masalah-masalah saat menstruasi.

Ayam, ikan dan sayuran berdaun hijau ini mengandung zat besi. Zat besi merupakan komponen penting yang hilang pada saat haid atau menstruasi. Oleh sebab itu, baik untuk sobat  kembali “mengisi tubuh” sobat dengan zat besi melalui makanan yang sobat makan.

Sebagai tambahan konsumsilah makan yang rendah lemak dan kaya akan serat  sayur-sayuran berdaun hijau, buah-buahan, biji-bijian utuh.

Makanan yang bisa memperparah kram perut & nyeri ketika haid

Selama masa haid atau mens, sobat harus mengetahui & menghindari makanan yang dapat memperparah kram perut & nyeri ketika haid. Berikut makan yang perlu sobat hindari dan jauhi diantaranya:

  • Makanan cepat saji
  • Makanan berlemak
  • Goreng-gorengan

Mengompres bagian pinggang & perut menggunakan kompresan hangat bisa mengurangi kram perut & nyeri waktu haid. Sobat mampu membasahi handuk dengan air hangat atau isi sebotol air hangat kemudian tempelkan pada area pinggang & perut yg sakit atau kram. Selain meredakan rasa nyeri waktu haid cara ini bisa membuat sobat lebih rileks lantaran sensasi hangat.

Atau sobat mampu terapkan cara simpel berikut ini:

  • Buatlah kantung dari kain
  • Masukan nasi di kantung tersebut dan jahit sehingga kain tersebut menjadi kantung tertutup seperti bantal
  • Masukan kantung yang berisi nasi kedalam microwave beberapa menit, usahakan jangan terlalu panas, sobat bisa memprediksinya sendiri
  • Jika terlalu panas biarkan kantung berisi nasi tadi agak dingin dan kompreskan pada bagian perut dan pinggang sobat yang sakit. Jika ingin langsung menggunakannya sobat bisa balut kantung nasi tadi dengan handuk atau kain yang tebal dan lansung bisa digunakan.

4. Lakukan pijatan lembut dalam bagian yang keram

Untuk mengatasi kram perut & nyeri sobat bisa melakukan pijatan lembuh pada perut bagian bawah dengan gerakan memutar secara perlahan. Sobat mampu pakai minyak aroma terapi saat memijat, yg dapat menciptakan sobat menjadi lebih rileks

5.  Tetap aktif ( Berolahraga )

Saat rasa sakit akibat haid mungkin membuat sobat malas bergerak, tapi sobat harus lawan rasa sakit itu dengan tetap aktif atau berolahraga. Seperti jalan santai, berlari, dan senam aerobik. Karena dengan tetap aktif atau berolahraga tubuh akan memproduksi endorfin, yakni suatu zat yang bisa mengurangi rasa sakit dan juga sebagai painkiller dan peningkat mood secara natular atau memperbaiki suasana hati.

6. Konsumsi obat pereda rasa nyeri

sobat mampu juga mengkonsumsi obat-obatan resistor sakit buat mengurangi dan meredakan rasa sakit. Akan namun, sobat ingat untuk memperhatikan secara saksama aturan pemakaiannya. Selain berdasarkan itu, jangan mengkonsumsi obat melebihi takaran yg telah ditentukan oleh tim medis meskipun sobat masih merasakan rasa sakit dampak kram perut & nyeri waktu menstruasi atau haid. Jangan sobat mengkonsumsi obat tadi jika sobat pernah mengalami riwayat alergi obat tersebut sebelumnya. Berikut ini daftar obat-obatan yg mampu sobat dapat tanpa resep dokter:

  • Paracetamol. Tapi ingat, baca dulu aturan pakainya. Jika sobat ragu, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat diberikan obat dan dosis yang sesuai.
  • Acetaminophen (harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter bila sobat ingin mengonsumsinya saat sedang hamil)
  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Aspirin (tidak boleh dikonsumsi oleh perempuan yang berusia di bawah 20 tahun, kecuali atas anjuran dokter)

Jika sobat masih merasakan sakit & nyeri saat haid bila melakukan telah melakukan cara-cara diatas & sangat di anjurkan sobat harus memeriksakan diri ke dokter jika sobat masih mengalami:

  • Rasa sakit yang semakin parah dan tidak bisa ditahan lagi
  • Kram masih terus terjadi padahal masa menstruasi sobat sudah selesai
  • Keluhan sobat bertambah, misalnya demam
  • Rasa sakit dan kram ini terjadi semakin sering dan sangat menyiksa sobat
  • Keluarnya gumpalan darah yang banyak
  • Keluarnya cairan vagina yang kental dan berbau busuk

DemikianlahCara Alami Untuk Atasi Kram Perut dan Nyeri Saat Haid.

Blog kami tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Referensi:

No comments