Cara Ampuh Mempopulerkan Blog, Khusus Blogger Pemula

Selamat datang di blog Blog kami. Cara Ampuh Mempopulerkan Blog, Khusus Blogger Pemula. Ada beberapa alasan yang melatar belakangi seseorang membuat sebuah blog dan ingin terjun di dunia blogging, ada yang sekedar iseng dan ingin menyalurkan hobbinya menulis artikel  dan ada yang sampai mempunyai alasan penting yakni mendapatkan uang dari kegiatan blogging.

Terlepas dari niat awal mereka terjun di dunia blogging, sebenarnya hal penting yang harus di lakukan oleh seorang blogger pemula adalah bagaimana caranya membuat blog yang di kelolanya bisa populer, banyak di kenal oleh orang dan mudah di temukan oleh mesin pencari.

Tentu saja hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk pemula membuat blog menjadi populer dan dikenal banyak orang butuh waktu yang tidak sebentar dan memiliki tekat yang serius dan tidak mudah pantang menyerah. Tapi untuk para blogger senior hal tersebut bukanlah hal yang sulit, karena dari segi pengalaman yang mereka peroleh sudah banyak dan mereka juga memiliki trik dan tips khusus untuk membuat blog yang mereka kelola atau blog yang mereka miliki cepat terkenal atau populer.

Beda halnya untuk para blogger pemula, seseorang yang baru terjun di dunia blogging serta tidak tahu kemana arah dan tidak tahu apa yang harus dilakukan di blognya. Apalagi  mereka juga tidak tahu cara membuat yang mereka miliki menjadi terkenal dan mereka juga bingun dari mana harus memulainya???

Cara yang harus di lakukan pemula agar blognya terkenal dan menjadi blogger sukses

Jangan khawatir sobat blogger pemula, kali ini saya akan men-share tips yang harus dilakukan oleh para blogger pemula untuk mempopulerkan blognya. artikel ini di khususkan untuk para pemula atau seseorang yang benar-benar baru menekuni kegiatan blogging agar  blognya menjadi terkenal dan populer jika di lakukan dengan serius bisa saja sobat menjadi blogger sukses.Amin.

1. Membuat Blog

Membuat blog merupakan langkah paling awal, sobat harus mempunyai blog terlebih dahulu. Saran dari saya pribadi sobat buatlah blog di blogspot.com karena platform yang dikelola oleh google dan disediakan secara gratis. Jika sobat masih bingung gimana cara membuat blog sobat bisa baca artikel berikut ini tentang   cara lengkap  membuat blog gratis di blogger .

2. Submit URL Blog ke Search Engine

Langkah ini merupakan lanjutan ketika sobat selesai membuat blog di blogger sobat tidak lupa untuk mensubmit URL blog yang sobat miliki ke search engine. Tujuan dari mensubmir URL ke search engine adalah untuk memberitahukan search engine atau mesin pencari agar sesegera mungkin mengenali blog yang sobat miliki.

Caranya cukup mudah yakni sobat bisa kunjungi alamat Submit URL dan selanjutnya masukan alamat URL blog sobat.

3. Mendaftarkan Blog  di Google Webmaster Tools

Setelah sobat membuat blog langkah selanjutnya yang sobat wajib lakukan adalah mendaftarkan blog yang sobat miliki di webmaster tools . Dan mendaftarkan blog di webmaster tools merupakan suatu keharusan yang harus di lakukan oleh setiap blogger bukan hanya blogger pemula saja.

Google webmaster tool memantau atau memonitoring aktivitas robot mesin pencari terhadap halaman blog yang sobat miliki. Segala bentuk aktivitas mesin pencari akan terpantau semua di dalam tool ini. Cara mendaftarkan blog ke webmaster tool sangatlah mudah dimana sobat harus memiliki email Google dan Siapkan juga URL blog atau alamat blog sobat. Jika masing bingung lihat artikel berikut ini Cara mendaftarkan blog di webmaster tool.

4. Mengisi Blog dengan Artikel yang Berkualitas serta Konsisten

Sebuah blog tidak mungkin akan populer atau dikenal banyak orang kalau artikel di dalam blog saja masih kosong. Buatlah artikel yang berkualitas dan menguploadnya secara konsisten, maka blog yang sobat miliki akan mudah di temukan oleh mesin pencari.

Yang dimaksud artikel berkualitas adalah artikel yang sobat buat tersebut unik beda dari yang lain, tentu saja hasil karya sendiri bukan dengan cara instan yakni menghalalkan kopi+ paste. Dengan membuat artikel yang berkualitas tentu saja banyak diminati oleh orang banyak dan jangan lupa sobat jangan sekali-kali membahas topik artikel yang di larang Google.

5. Mensubmit URL Artikel  di Search Console

Fungsi utama dari kita melakukan submit URL ke Google Webmaster supaya meminta mesin pencari untuk mengindeks url  artikel yang kita posting cepat muncul di halaman pencarian google. Setiap kali sobat menerbitkan artikel jangan untuk mensubmit URL artikel atau Fetch as Google di Search Console.

Perlu di ingat lakukan hal ini setiap kali sobat selesai menerbitkan artikel di blog agar artikel yang di terbitkan cepat muncul di halaman Google. Jika sobat bingun baca artikel tentang cara Submit URL Artikel atau Fetch As Google di Search Console.

6. Membuat Peta Situs Blog di Search Console

Peta situs atau biasa dikenal dengan nama kerenSitemapadalah sebuah file yang berbentuk XML yang memuat secara keseluruhan daftar artikel sebuah blog. Struktur susunan katanya hanya terdiri dari URL blog (berdomain blogspot, Com, Id dan lain-lain) atau judul saja. Ketika sobat merasa sudah banyak menerbitkan artikel berkualitas, maka langkah selanjutnya adalah sobat mensubmit peta situs atau sitemap  blog yang sobat miliki di layanan gratis Search Console.

Di Google Search Console sudah menyediakan fasilitas untuk dapat mensubmit peta situs, Tujuan dari submit sitemap adalah Agar Google bot atau robot pencari Google dengan cepat dan mudah mengetahui secara langsung daftar isi secara keseluruhan tentang artikel-artikel yang sudah sobat terbitkan di blog kesayangan sobat tersebut.

Untuk mensubmit peta situs atau sitemap khusus pengguna setia domain bawaan blogger yakni blogspot.com, peta situsnya biasa beralamtkan " https://Blog kami.blogspot.com/sitemap.xml " silakan submit menggunakan sitemap.xml " Untuk Artikel Blog " dan sitemap-pages.xml untuk submit halaman statis yang ada di blog sobat.

Alangkah baiknya sitemap dibuat pada saat blog sobat pertama kali di buat, agar artikel yang sobat upload atau publikasikan cepat terindeks oleh google, memang semua artikel akan di indeks oleh google tapi membutuhkan waktu yang lama dan sobat juga tidak mengetahui secara pasti apakah artikel tersebut sudah terindeks atau belum. Maka dengan mensubmit sitemap atau peta situs  agar Google secara konsisten mengindeks  artikel baru tersebut dan mengacu pada halaman peta situs yang suda sobat submit. Jika sobat masih belum mengerti bacalah artikel ini tentang Cara Cepat Submit Sitemap ( peta situs ) di Google Search Console

7. Menggunakan Template Blog yang Seo Friendly

Template atau tema yang Seo Friendly merupakan template yang sudah dimodifikasi dan sudah di optimasi oleh pembuatnya agar template tersebut ringan dan di sukai oleh semua mesin pencari.

Jika sobat ingin mengetahui tentang  template blog yang seo friendly menurut SEO sobat bisa baca di artikel " Cara memilih dan mengetahui Template blog yang Seo Friendly "

8. Promosikan Blog

Mempromosikan blog merupakan cara agar blog yang kita miliki bisa di kenal dan diingat banyak orang. Untuk mempromosikan blog sobat butuh media sosial yang banyak di gunakan sebagai sarana agar blog yang sobat kelola bisa di kenal oleh orang lain.

Beberapa saran layanan media sosial yang lagi banyak di gunakan dan bagus untuk mempromosikan blog adalah : Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

9. Membangun Backlink Berkualitas di blog

Backlink merupakan cara paling ampuh untuk mempopulerkan blog kita dan sangat di anjurkan oleh para pakar seo. Backlink merupakan Link URL blog sobat yang di pasang atau di letakan di blog orang lain.

Cara yang paling di anjurkan dalam membangun backlink dan berburu  backlink berkualitas adalah dengan cara Blogguest dan Blogwalking, yakni menjadi penulis tamu di blog orang lain dan berkunjung ke blog orang lain kemudian meletakan link URL blog yang mengarah ke blog sobat.

Dengan mendapatkan backlink berkualitas dan backlink yang aman untuk blog sama halnya memberikan energi super ke halaman blog milik sobat dan akhirnya dapat dengan mudah di temukan oleh mesin pencari. Dalam membangun dan memburu backlink harus juga memperhatikan apakah Link tersebut Dofollow atau Nofollow dan upayakan backlink yang kita dapatkan di kenali oleh google agar tidak di anggap backlink spam.

Akhir Kata...

Jika sobat sebagai Blogger pemula mampu mengikuti tahap-demi tahapan di atas dengan baik, maka membuat blog yang populer dan di kenal banyak orang bukanlah hal yang sulit. Tetap optimis dan pantang menyerah.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara yang harus dilakukan blogger pemula, untuk mempopulerkan blog, semoga bermanfaat.

No comments