Cara Lengkap Mengalihkan/Redirect Halaman Error 404 Ke Homepage di Blogger

Selamat datang di Blog kami.Cara Redirect/Mengalihkan Halaman Error 404 Ke Homepage Di Blogger. Hallo sobat blogger, kita semua pasti pernah menemukan halaman blog atau website yang eror dengan kode 404 baik itu di blog atau website milik sendiri atau milik orang lain. Bagaimana rasanya jika alamat Url tersebut sangat penting buat kita, pasti sangat menjengkelkan bukan.

Redirect Halaman Error 404

Halaman eror 404  selain menjengkelkan, ternyata juga merugikan bagi pemilik blog atau website  karena jumlah visitor atau pembaca  akan turun drastis, di mata para pengunjung, blog kita akan terkesan kurang baik dan menimbukan citra buruk dimata para pengunjung karena merasa sudah di bodohi. Tidak sampai disitu saja halaman error 404 page not found juga berpengaruh terhadap SEO sebuah blog, semakin banyak halaman error 404, semakin buruk pula citra blog tersebut di mata mesin pencari dan webmaster google.

Oleh sebab itu kali ini saya akan memberikan cara agar bisa mengalihkan halaman eror 404 ke homepage di blogger. Sebelum masuk ke pokok pembahasan, sudahkah sobat tahu apa yang di maksud Halaman Eror 404???

Halaman eror 404 merupakan sebuah laman statis di blogger yang berusaha menampilkan peringantan berupa " Page Not Found atau Page Eror 404" yang artinya memberitahukan kepada sobat atau pembaca setianya blog sobat bahwa halaman yang dicari atau yang mau diakses sudah tidak ada lagi.

Penyebab Halaman Eror 404

Semua yang ada di bumi atau dimanapun pasti tak luput dari sebab-akibat, begitu pula halnya dengan halaman eror 404. Mustahil laman ini muncul dengan sendirinya, semua pasti ada penyebabnya. Beberapa hal yang menyebabkan munculnya halaman eror 404 , antara lain:

Bila sobat berselancar di internet dan menemukan peringatan eror 404 pada saat membuka artikel di sebuah website, kemungkinan halaman yang ingin di akses sudah di hapus oleh pemilik website atau blog tersebut.

Biasa terjadi ketika sebuah postingan atau artikel yang sudah terindeks oleh mesin pencari, tapi halaman tersebut dihapus oleh pemilik blog. Sehingga ketika sobat mengunjungi halaman tersebut yang sobat temukan hanyalah halaman error 404.

Selain alasan di hapus oleh pemilik blog biasanya eror 404 biasa kita temukan di website atau blog yang kita kelola.  Dimana alamat Url halaman website  kita yang coba kita cantumkan dalam artikel pada halaman lain untuk internal link tanpa sengaja kita hapus atau halaman web orang lain yang kita gunakan sebagai referensi dan menjadi sumber backlink sudah di hapus oleh pihak Google hal demikian biasa disebutbroken link. Jika mendapati hal demikian segera perbaiki dan hapus alamat URL tersebut yang tercantum dalam artikel agar tidak ada pengunjung yang dapat mengakses lagi halaman eror tersebut.

2. Perubahan pada URL

Bila sobat pernah menulis artikel dan sudah dipublikasikan, karena ada sesuatu dan lain hal maka sobat berniat ingin mengedit ulang artikel tersebut dan tanpa sobat sadari, sobat juga mengubah alamat URL asli postingan tersebut.

Misalkan sebelum di edit atau URL asli :

https://Blog kami.blogspot.com//2069/13/artikel-sebelum-edit.html

Setelah di edit :

https://Blog kami.blogspot.com//2069/13/artikel-setelah-edit.html

Perubahan inilah yang menyebabkan munculnya peringatan eror 404, karena artikel lama dan URL lama sudah terindeks di mesin pencari tapi sobat mengubahnya alhasil saat diakses artikel tersebut sudah tidak ditemukan.

3. Migrasi dari blog ke wordpress

Bila sobat melakukan migrasi dari blogger ke wordpress atau sebaliknya dari wordpress ke blogger dan sobat melakukan merubahan pada domain, pada awalnya Blog kami.blogspot.com/ setelah migrasi dan mengganti domainnya menjadi Blog kami.com/ sebenarnya sudah terjadi Redirect secara otomatis karena apabila pembaca mengakses URL dengan domain➽ maka akan otomatis di pindahkan ke URL dengan domain baru. Namun tetap laporan di webmaster eror 404.

Bila sobat migrasi dari blogger ke wordpress bisa diatasi dengan plugin 301,sehingga permalink dengan khas bloggger akan di alihkan ke permalink yang baru. Namun masih saja robot indeks Google tetap mendeteksi eror 404, makanya sobat harus mengalihkannya.

Cara Redirect Halaman Error Page 404 Ke Homepage di Blogger

Ada dua cara Mengalihkan/Redirect Halaman Error 404 Ke Homepage di Blogger

➽ Melalui Dashboard Blogger

  • Buka Blogger.com
  • Sobat masuk dengan menggunakan Email Akun Google
  • Setelah masuk, pada bagian kiri "Dashboard Blogger "klik menu "Setelan "
  • Selanjutnya klik " Preferensi Penelusuran "
  • Lalu pilih "Kesalahan dan pengalihan "➽ "Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan ? "➽ "Edit "
  • Kemudian akan muncul kotak kosong seperti gambar di bawah ini

  • Setelah itu sobat copy kode di bawah ini dan masukan di dalam kotak kosong yang sesuai gambar diatas

* Ganti alamat yang ditandai dengan huruf merah dengan URL blog sobat

  • Contoh seperti di bawah ini:

  • Setelah itu klik " Simpan perubahan "

mencobanya dengan mengetikan alamat url sembarang saja, jika diarahkan ke homepage blog sobat berarti cara diatas sudah berhasil diterapkan di blog.

Melalui Tema Blogger

Ada beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk meredirect halaman eror 404 melalui tema blog

1. Cara Pertama

  • BukaBlogger.com
  • Sobat masuk dengan menggunakanEmail Akun Google
  • Setelah masuk, pada bagian kiri "Dashboard Blogger " klik menu " Tema " klik Edit HTML
  • Sobat cari kode " </body>" atau " &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; "
  • Letakan kode di bawah ini tepat di atas kode tadi

Contoh :

* Ganti dengan alamat URL blog sobat

2. Cara Kedua

Atau sobat pengguna blog Non AMP bisa juga menggunakan script ini:

Kode yang ada atas tadi akan meredirect atau mengalihkan halaman error 404 secara otomatis ke homepage setelah 1 detik, sehingga pengunjung masih bisa membaca pesan di halaman error 404, sobat bisa mengatur/mengganti angka 1000 untuk mengatur waktu tunggu. 2 detik = 2000 dan seterusnya.

Jika sobat ingin langsung redirect gunakan kode di bawah dan pastekan di atas</body> atau &lt;!--</body>--&gt; &lt;/body&gt;

Atau bisa juga gunakan script ini :

3. Cara Ketiga

Untuk blog yang menggunakan URL mobile ?m=1 sebagai AMP, gunakan kode dibawah ini, tapi tidak nya akan berlaku pada URL desktop. pastekan kode dibawah ini tepat di atas</body> atau&lt;!--</body>--&gt; &lt;/body&gt;

Atau

4. Cara keEmpat

Terakhir kode Ini juga bisa digunakan di Wordpress, silahkan copy kode  dibawah ini dan pastekan di bagian 404.php di paling bawah.

Atau

Demikianlah mengenai cara mengalihkan (redirect) halaman error 404 ke homepage di blogger. Keuntungan mengalihkan halaman error ke homepage adalah jika terjadi halaman error/ broken link di blog tidak akan terdeteksi di webmaster. Karena sudah redirect ke homepage atau halaman lainnya yang sudah sobat sesuaikan.

Semoga tutorial singkat ini bermanfaat

No comments