Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link ( Tautan Mati ) di Blog Blogger

Selamat datang di blogBlog kami.Cara Mencari dan Memperbaiki Link Mati (Broken Link) di Blog Blogger. Broken link atau link mati dalam blog atau website merupakan hal yang paling mengganggu keberadaannya. Apalagi bagi seorang pemula yang baru melangkah, membangun dan merancang sebuah  website atau blog  Keberadaan broken link bisa mempertaruhkan reputasi website dan menjatuhkan ranking website di mesin pencarian.

Cara_Cek_Broken_Link_di_Blog

Selain dari menghancurkan reputasi blog yang sobat kelola di mata mesin pencari, ternyata efek lain yang di hasilkan broken link atau link mati bisa membuat pengunjung setia blog sobat jerah dan kapok untuk mengunjungi kembali blog sobat. Sebuah survei yang dilakukan menunjukan sebanyak 88% pengunjung takkan kembali ke sebuah website ketika mendapati laman 404 (error page) .

Meski kehadirannya merupakan sebuah masalah besar, bukan berarti broken link atau link mati tidak bisa diatasi. Pada Artikel kali ini saya akan membantu sobat mengenal lebih jauh apa itu broken link, cara mengecek broken link dan cara mudah  mengatasi broken link  website atau blog di blogger.com dengan cepat.

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Broken Link

Broken link atau link mati adalah sebuah link pada halaman website atau blog yang kita kelola dan juga di website orang lain yang dimana jika sobat klik  link tidak ditemukan, link error, atau 404 not found pada browser. Ada juga istilah-istilah keren untuk link mati tersebut diantaranya broken link/broken url/dead link/url mati

Broken link sebuah istilah untuk tautan yg nir sanggup diakses oleh mesin pencari. Ada beberapa hal yg mengakibatkan sebuah tautan menjadi broken link:

1. Merubah alamat atau URL postingan yang telah pada publikasi.

Biasanya hal ini acapkali di lakukan pemula misalnya saya dulu aku seringkali mengotak atik dan membarui URL postingan yang sudah saya terbitkan dan jua telah di Submit ke Search Console. Alhasil banyak sekali link meninggal yg aku dapati pada blogku ini.

2. Salah dalam menulis link atau tautan

Biasanya hal ini terjadi di saat kita mencoba memasukan link yang mengarah ke website orang lain sebagai referensi tapi kita salah menulisnya sehingga mesin pencari tidak bisa menjangkau link yang kita tuliskan tersebut, bukan hanya link yang mengarah ke luar saja yang menyebabkan broken link tapi link internal atau link yang mengarah ke artikel lain tapi masih dalam satu website atau blog.

3. Perubahan Domain ( Mengganti domain )

Ketika sobat memutuskan untuk mengganti domain lama ke domain baru atau domain berbayar  maka semua tautan di blog akan berubah. Jika sobat tidak mengalihkan pengaturan antar domain alhasil link atau tautan yang ada dalam blog sobat akan eror atau ada broken link.

4. Komentar di blog

Pada kolom komentar yang sudah di siapkan oleh sobat biasanya, ketika artikel yang sobat tulis di rasa bermanfaat maka para pengunjung sering meningganlkan jejak dengan cara berkomentar di bawah postingan. Pada kolom komentar juga biasanya para pemburu backlink sering menyisipkan URL aktif yang mengarah ke blognya atau biasanya juga mengambil langsung dari URL profil blogger. Jika URL atau Profil Blogger tersebut sudah tidak aktif maka hal demikian akan menimbulkan broken link.

5. Tautan yg berisikan arsip sudah nir tersedia

Tautan yang sobat cantumkan buat mengunduh file-file misalnya PDF, gambar, dan video telah di hapus atau pada pindahkan hal ini akan menyebabkan broken link.

6. Direktori situs

Hal ini berlaku bagi pengguna WordPress. Ketika berusaha memindahkan arsip ke direkori baru, otomatis seluruh tautan akan berubah jua. Maka di perlukan pengalihan agar tidakterjadi broken link.

Cara Cek Broken Link

Sebenarnya mengecek sanggup dilakukan secara manual yakni dengan membuka tautan satu persatu yg terdapat pada blog. Tetapi kedengaranya agak membosankan, tetapi sobat bisa pakai tools gratis yang ada di internet yakni Broken Link Checker.

Untuk mengeceknya sangatlah gampang & relatif satu kali klik maka akan timbul seluruh link yang telah mati maka sobat mampu mengikuti tutorial di bawah ini:

1. Pertama buka situs Brokenlinkcheck.com

2. Setelah itu masukan URL situs Sobat pada kolom yang sudah disediakan dan klik “Find Broken Links”.

Broken_Link_Checker

3. Sobat wajib mengisi security code yang sudah di siapkan,  pilih antara 2 opsi yaitu:

  • Report distinct broken links only, atau
  • Report all occurrences of each dead link (may be slower

Saran dari  saya gunakan opsi yang kedua, karena biarpun prosesnya lebih lambat, namun report dan segala penyebab broken link dapat kita ketahui secara lengkap. Setelah itu klik “Find broken links now !”.

Broken_Link_Checker

4. Setelah itu sobattinggal duduk anggun menunggu tools ini mempelajari blog sobat. Maka akan timbul laporan lengkap misalnya pada bawah ini.

Broken_Link_Checker

5. Untuk mengetahui di artikel mana yang mengalami broken link tersebut berada silahkan sobat klik src pada kolom Page Where Found maka sobat akan di arahkan ke link artikel tersebut (Lihat link paling atas). Silahkan sobat cek langsung di Blogger untuk edit artikel tersebut dengan menghapus Link yang sudah mati.

6. Selesai.

Cara Mengatasinya!

Gambar di atas adalah laporan lengkap blog Blog kami sejak artikel ini terbit. Terdapat 16 tautan yang sudah lama atau mangkat . Ternyata banyak sekali dari menurut Anchor Txt pada blog ini yang menunjuk ke blog luar.

Untuk mengatasinya buka artikel yang bermasalah dan matikan link yang menunjuk ke website orang lain yang sebagai sumber referensi.

Komentar Blog

Sobat sanggup pasang script yg menonaktifkan komentar blog pada blog sobat. Jika perseteruan yg dialami berasan berdasarkan komentar blog bila nir biarkan saja. Saran berdasarkan saya pakai komentar Disqus & komentar Facebook saja sebagai langkah aman.

Akhir Kata...

Bagaimana cukup mudah bukan Cara Mencari danmemperbaiki link yang sudah mati di blog. Silahkan sobat edit dengan link yang aktif atau link yang baru. Bisa juga hapus link tersebut supaya tidak menimbulkan masalah pada blog dan kepercayaan mesin pencari dengan blog sobat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan apabila mengalami kesulitan silahkan di tanyakan di kolom komentar, Sekian dan Terima Kasih.

Jangan Lupa Subscribe untuk mendapatkan Uptade artikel terbaru blog ini....

No comments