Cara Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog, Terbukti Ampuh!

Selamat datang di blog Blog kami. Cara Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog, Terbukti Ampuh!. Bagi para blogger atau pemilik mutlak sebuah website atau blog mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization atau disingkat SEO. Ada dua jenis SEO yang biasa digunakan yakni On-Page dan Off- Page.

Optimasi SEO Off Page

Tujuan utama seorang blogger menggunakan SEO agar menaikan traffik dan page ranking di mesin pencari.  Sobat ingin website atau blog sobat muncul di halaman pertama Google atau setidaknya urutan kelima dari halaman pertama maka lakukan keduanya secara maksimal untuk blog sobat antara off page SEO dan on page SEO.

Di artikel kali ini aku akan membahas mengenai SEO off page & bagaimana cara pengoptimasiannya.

Cara Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog

DAFTAR ISI

 Apa itu SEO Off Page?

Perbedaan SEO On Page & SEO Off Page?

Mengapa SEO Off Page  Penting untuk Blog?

Metode Kuno Optimasi SEO Off Page buat Website atau Blog

Metode Baru Optimasi SEO Off Page, Terbukti Ampuh

Apa Itu SEO Off Page ?

SEO Of Page atau Of Page SEO merupakan langkah optimasi SEO yang dilakukan diluar konten atau bisa di bilang tidak ada hubungannya dengan halaman website atau blog. Jika di SEO On Page sobat bermain di faktor-faktor internal website, Tapi SEO of page lebih menggiring sobat untuk mengoptimasinya dari faktor eksternal website. Yang dimaksud dengan faktor eksternal disini adalahinbound link/backlink hingga share di media sosial.

Kebanyakan para blogger salah mempersepsikan soal SEO of page, yang paling umum di  SEO of page adalah hanya membahas tentang linkbuilding atau backlink semata. Padahal optimasi sesunggungnya tentang SEO of page jauh lebih luas dari itu. Link building atau backlink merupakan faktor terpenting dalam SEO off page untuk sebuah website atau blog, tapi itu bukan satu-satunya.  Ada berbagai langkah yang bisa sobat lakukan dalam optimasi SEO off page dan saya coba akan menjelaskannya masing-masing secara lengkap pada artikel kali ini.

Sebelum melangkah terlalu jauh, sobat perlu mengenal apa disparitas antara keduannya supaya paham dan tidak gundah tentang cara pengoptimasiannya nanti

Perbedaan SEO On Page & SEO Off Page

Disaat mesin pencari berusaha mengevalausi blog atau website sobat, hal pertama yg dilakukan adalah hal-hal mengenai website sobat ( on page ) & lalu melihat seberapa populernya website sobat ( off page).

Kalau disederhanakan, kategori peringkat website sobat pada tentukan oleh on halaman dan seberapa tinggi peringkat website atau blog sobat pada tentukan sang off halaman.

Dalam SEO on-page, cara atau tips yg umumnya dilakukan merupakan mengenai kecepatan loading page, konten, kualitas konten, eksternal links, internal links, template yang responsif, judul, pelukisan dan keyword LSI dan lainsebagainya. Sedangkan dalam SEO off-halaman, sobat akan diberikan tips mengenai link building, social media marketing, & social bookmarking.

Mengapa SEO OF Page  Penting untuk Blog?

Pada saat seorang berusaha mencari keterangan pada internet, umumnya mereka sudah punya pendapat tersendiri berdasarkan review, komentar menurut teman atau famili, bahkan kenalan menurut dunia maya, dan kabar apapun yg mereka mampu dapatkan baik online juga offline.

SEO Off-laman memegang peranan krusial pada memberi memahami mesin pencari misalnya Google bagaimana pendapat pengunjung tentang website sobat yg dapat membantu website sobat menjadi website otoritas dengan menaikkan visibilitas. Teknik ini pula menciptakan pengunjung menyebut website atau blog sobat & menautkan ke konten website sobat menggunakan suka rela.

Metode Kuno Optimasi SEO Off-Page untuk Website atau Blog

  • Promosi Website atau Blog Melalui Forum

Meskipun tidak merugikan namun cara ini memakan waktu yang cukup banyak. Sobat diminta untuk menyebutkan dan membagikan nama Website atau Blog sobat di berbagai forum yang sesuai dengan topik atau niche yang di blog sobat. Lebih baik sobat memanfaatkan waktu yang terbuang sia-sia tersebut untuk meningkatkan hal penting lainnya dalam website sobat seperti tulis artikel yang berkualitas.

  • Mesubmit Website atau Blog pada Mesin Pencari

Cara ini sebagai cara yang dulu umum dipakai buat memastikan website atau blog sobat muncul dalam pencarian Google dan Bing. Tapi, menggunakan semakin berkembangnya algoritma mesin pencari, cara ini dipercaya nir lagi memberikan hasil yang optimal.

  • Direktori Konten / Artikel

Membuat konten buat direktori artikel juga menjadi salah satu cara lama yg umum dilakukan pada pemasaran konten. Namun kenyataannya kebanyakan orang tidak membaca website direktori ini lantaran artikelnya tidak berkualitas dan berisi hal-hal yang tidak relevan.

Saat Google Panda muncul, website direktori ini merupakan kategori website pertama yang mengalami penurunan trafiic yg signifikan.

  • Website Direktori

Ini merupakan cara yg dulunya dipercaya digdaya tetapi kini website ini dipercaya nir berguna. Website ini sporadis dikunjungi lantaran Google sekarang sudah menggantikan kegunaan website direktori dengan saat pencarian yg lebih cepat.

  • Social Bookmarking

Mengikuti forum sosial media misalnya Reddit & StumbleUpon akan memberikan hasil yang baik bila merk Anda menjadi viral, tetapi kesempatan ini sangat sulit buat dihasilkan. Hal ini disebabkan website misalnya ini di perbaharui dengan cepat sehingga apabila Anda mengunggah sesuatu, postingan Anda mampu hilang keesokan harinya.

  • Penggunaan Sosial Media yg Berlebihan

Mungkin dari Anda semakin poly sosial media yg Anda miliki semakin besar kemungkinan buat menaikkan traffic. Banyak sosial media yang tidak berkaitan menggunakan bisnis Anda. Anda memerlukan jaringan sosial yg berkaitan buat membantu kenaikan pangkat yg baik.

Fokuslah pada beberapa sosial media yang sinkron menggunakan bisnis Anda sehingga Anda sanggup berkonsentrasi menggunakan pengikut Anda di sosial media tersebut.

Metode Baru Optimasi SEO Off Page, Terbukti Ampuh

Link Building

Bicara tentang SEO off laman memang tidak pernah mampu lepas dari link building. Link building adalah faktor paling krusial dalam SEO off laman. Mengapa link sebagai faktor terpenting pada SEO off page?

Sebab Google menggunakan prosedur pemecahan bernama Page Rank. Page Rank merupakan prosedur pemecahan yg menilai kuantitas & kualitas backlink yg ada pada sebuah website atau blog. Beberapa profesional SEO mengungkapkan Page Rank sudah kedaluwarsa. Namun, faktanya Google mengonfirmasi bahwa Page Rank masih menjadi faktor penilaian Google.

Laporan dari Ahrefs pun mengambarkan terdapat interaksi kuat antara jumlah inbound link/backlink sebuah website terhadap performanya pada hasil pencarian.

Grafik pada atas memberitahuakn bahwa semakin poly referring domain, semakin indah tinggi jua organic traffic-nya. Referring domain adalah domain yg memberikan inbound link/backlink ke sebuah website.

Oleh karenanya, sobat wajib perlu mendapatkan backlink/inbound link berkualitas buat memperkuat SEO off laman website sobat. Nah, pada melakukan link building apa saja faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan? Setidaknya terdapat beberapa faktor yg perlu diperhatikan. Berikut penjelasannya:makin poly bunyi dukungan Anda pada mata Google & beberapa mesin pencari lainnya.

  • Page Authority & Domain Authority.

Setiap link punya kualitas tidak sama. Kualitas link menurut website A tidak sinkron dari link berdasarkan website B. Bahkan link dari laman 1 pada website A dan halaman dua pada website A juga punya kualitas yg berbeda.

Kualitas link tersebut diukur dengan skala Domain Authority & Page Authority. Domain Authority adalah kualitas profil backlink pada sebuah domain secara holistik. Domain Authority diukur dengan skala 1 sampai 100. Semakin tinggi angkanya, semakin mengagumkan pula kualitas link menurut domain tersebut.

Di sisi lain, Page Authority merupakan kualitas link pada sebuah halaman tertentu. Page Authority dihitung menggunakan skala 1 sampai 100. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus pula kualitas link yg diberikan laman tadi.

Lalu bagaimana cara mengetahui DA & PA sebuah website?

Anda perlu memakai pelaksanaan misalnya Moz atau Ahrefs buat mengetahui kualitas link sebuah website. Moz & Ahrefs sama-sama adalah pelaksanaan berbayar sehingga Anda perlu mengeluarkan sedikit porto untuk menggunakannya. Harga paket termurahnya merupakan 99 US Dollar per bulan.

Walaupun begitu, Anda mampu memakai versi trial dari Moz. Dengan versi trial, Anda punya kesempatan buat mengecek kualitas link maksimal 10 kali. Ahrefs jua menyediakan versi trial selama tujuh hari dengan harga 7 US Dollar.

Ahrefs memakai nama metrik berbeda, yaitu URL Rating (UR) dan Domain Rating (DR). Tetapi, cara kerjanya hampir sama dengan PA dan DA. UR buat mengukur kualitas link di laman spesifik, sedangkan DR berfungsi mengukur kualitas link pada domain secara holistik.

Nah, ketika akan melakukan guest posting atau bekerjasama dengan pemilik website, Anda perlu mempertimbangkan kualitas UR/PA & DA/DR mereka. Dengan begitu, Anda mampu menciptakan link yang berkualitas buat website Anda.

  • Dofollow & Nofollow

Tidak semua link dideteksi oleh Google. Google hanya mendeteksi link yang bersifat dofollow. Apa itu dofollow? Dofollow adalah link yang dideteksi sang bot Google sebagai akibatnya bisa menaikkan kualitas authority sebuah website. Secara default, link di sebuah website umumnya telah diatur menjadi dofollow.

Sebaliknya, nofollow link disertai dengan nofollow tag yg menaruh sinyal kepada Google untuk tidak mendeteksi link tersebut. Jadi link yg bersifat nofollow tidak akan berpengaruh pada kualitas authority website Anda.

Bagaimana cara mengetahui mana link dofollow dan mana link nofollow? Caranya relatif gampang. Anda hanya perlu memasang perluasan Chrome NoFollow. Ekstensi ini akan memberikan highlight dalam tautan-tautan yang bersifat nofollow.

Lalu jenis link mana yg indah untuk website Anda? Sebenarnya, ini tergantung tujuan Anda. Jika tujuan Anda merupakan menaikkan authority website, sebaiknya usahakan buat mendapatkan kerjasama link yg bersifat dofollow.

Berbeda apabila fokus Anda hanya trafik. Tautan bersifat nofollow tetap memberikan kontribusi buat website Anda, yaitu berupa trafik. Namun, link nofollow tidak akan berpengaruh apa pun terhadap kualitas authority website.

  • Anchor text

Anchor text adalah teks berisi link yang bisa diklik pengunjung website. Google menyatakan keliru satu faktor yg menghipnotis kualitas pencarian merupakan anchor text. Link dengan anchor text yg sama persis dengan istilah kunci yg ditargetkan membuat kualitas pencarian lebih baik dibanding yg tidak.

Anda memang nir mampu selalu mengontrol anchor text pada link website lain, kecuali Anda memintanya secara khusus kepada pemilik website. Walaupun begitu, Anda pula perlu berhati-hati. Sebab terlalu poly inbound link/backlink dengan anchor text yg sama persis mampu menyebabkan penalti Google.

  • Relevansi

Relevansi juga menjadi faktor penting yang harus Anda perhatikan ketika membangun backlink. Usahakan untuk mendapatkan backlink dari website yang masih satu niche dengan website Anda.

Misalnya, website Anda berada di niche masakan maka sebaiknya Anda mendapatkan backlink berdasarkan website yang membahas tema serupa. Begitu juga menggunakan niche lainnya. Mendapatkan inbound link/backlink menurut niche yang sama punya nilai lebih dibanding backlink dari niche tidak selaras.

  • Trafik

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan ketika membangun backlink adalah trafik. Semakin tinggi trafik sumber backlink, semakin besar juga kemungkinan Anda kebanjiran trafik dari link di website tersebut. Sebab kemungkinan link menuju website Anda untuk diklik semakin besar.

Untuk melihat asumsi trafik pada sebuah website atau halaman spesifiknya, Anda mampu memakai Ahrefs. Berikut model perkiraan organic traffic pada sebuah halaman website memakai Ahrefs:

Idealnya, Anda perlu menerima backlink menurut website menggunakan authority mengagumkan, menaruh link dofollow, memakai anchor text yang sinkron, relevan menggunakan website Anda, dan trafik yang tinggi. Sayangnya, belum tentu semua website menyediakan 5 hal tadi. Ada beberapa yang hanya memiliki dua berdasarkan 3 hal tersebut atau bahkan hanya satu.

Di sinilah tugas Anda, yaitu memilah faktor mana yang perlu diprioritaskan. Apabila tujuannya buat membentuk authority website Anda, PA/UR dan DA/DR sanggup diprioritaskan. Tetapi, bila membutuhkan trafik besar saja, Anda perlu memprioritaskan trafik dibanding authority website.

  • Kualitas Link

Tidak semua link memiliki nilai yg sama. Link dari blog populer tidak akan sama nilainya dengan link berdasarkan blog pemula.

Website yg umumnya mengkategorikan sebagai website yg terpercaya umumnya adalah:

Website menggunakan domain .Edu atau .Gov

Authority website yg merupakan website akbar yg selalu timbul dari keyword Anda

Website yang sudah terdapat sejak usang

Website yg sinkron dengan topik konten Anda

Penggunaan beberapa link berkualitas tinggi menurut situs yang termasuk kategori pada atas lebih disukai dibandingkan memiliki 100 link nir berkualitas.

  • Kecepatan Link Building

Kecepatan link building pula menjadi galat satu faktor krusial pada ?Off-halaman SEO. Namun, link building yg terlalu cepat jua akan dipercaya rancu sang mesin pencari & sanggup mengakibatkan penalti (terutama apabila website Anda masih tergolong baru).

Mesin pencari sanggup mengetahui kecepatan link building yang baik, sebagai akibatnya mendapatkan 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari waktu website Anda hanya berumur kurang berdasarkan sebulan tidak terlihat masuk akal.

Selama Anda tidak memakai indera otomatis yang menjanjikan ribuan link pada satu waktu, Anda tidak perlu terlalu risi.

Alat off-laman SEO

Untuk mempermudah Anda, sekarang telah poly bermunculan alat-alat yang membantu mengoptimalkan metode off-page SEO Anda. Berikut beberapa indera yg bisa Anda pakai:

Google AdWords

Banyak orang menduga bahwa Google AdWords merupakan indera paling berguna untuk off-laman SEO. Fitur yg ditawarkan diantaranya: menaikkan jumlah pelanggan, mendapatkan output yang cepat & gampang dimengerti, peningkatan traffic yg berkualitas, memberi liputan tentang pasar, dan pencarian keyword. Google AdWords adalah alat pemasaran yang menaruh kesempatan buat mengonversi pengunjung sebagai pelanggan dan menjadi leads usaha Anda. Alat ini juga mudah dipakai, terjangkau, dan memiliki relevansi maksimal .

Ahrefs

Alat ini bermanfaat buat aneka macam hal lantaran Ahrefs memiliki database backlink yg akbar & membantu Anda mengetahui segala hal mengenai website Anda dan kompetitor. Anda akan bisa mengetahui bagaimana cara mengungguli peringkat pesaing Anda. Fitur yg ditawarkan seperti: melacak backlink Anda, menemukan kata kunci yg paling relevan, mengetahui warta pesaing Anda, dan menganalisis strategi mereka.

Majestic

Majestic jua merupakan salah satu alat terbaik buat SEO. Alat ini pula dikenal sebagai indera backlink paling sophisticated. Database nya dipercaya mempunyai liputan mesin pencari yang paling rinci. Fitur yang ditawarkan antara lain: SEO untuk professional, media analytics, alat pengusaha, perbandingan dengan pesaing, menjelajahi domain secara rinci.

Moz

Layanan yang diberikan oleh Moz sangat lengkap yang menawarkan data traffic yang unik. Dengan menggunakan Moz, Anda akan mampu fokus dalam taktik yg Anda miliki sehingga memungkinkan Anda gampang ditemukan di antara miliaran pencarian yang dilakukan setiap harinya. Fitur yg ditawarkan sang Moz antara lain: open site explorer, melacak kampanye pemasaran Anda, meneliti peluang sebuah istilah kunci, dan melacak kesalahan penjelajahan.

Seimbangkan penggunaan off-page dan on-halaman SEO

Biasanya para ahli SEO menghabiskan ketika lebih poly buat off-laman SEO dibandingkan on-page SEO.

Tetapi, seberapa akbar pun bisnis yg Anda lakukan buat off-laman SEO, tanpa on-page SEO yang baik maka usaha Anda akan menjadi tidak maksimal .

Suatu website yg terlihat nir terpercaya berdasarkan awal Anda membukanya tentu tidak akan membuat Anda mau menaruh backlinks menuju website tersebut. Website dengan desain yg sederhana namun menarik, higienis berdasarkan kesalahan penulisan akan lebih memungkinkan untuk menerima backlink menurut website-website akbar & terpercaya misalnya Forbes.

Meskipun Anda memiliki link yg poly, hal ini akan sia-sia apabila pengunjung yang awalnya tertarik menggunakan review website Anda melihat website Anda yg terlihat nir professional dan terpercaya. Semakin banyak orang membaca atau melihat konten Anda, semakin besar potensial Anda menerima link atau citation.

Semakin poly Anda menerima citation & link, semakin baik off-laman SEO Anda.

Oleh karena itu, maksimalkan metode on-halaman SEO Anda sebelum Anda mulai memakai metode off-page SEO.

Kesimpulan

Dalam dunia SEO, ada dua metode penting yg harus dilakukan secara seimbang buat mendapatkan output yang optimal; on-page dan off-halaman SEO.

Off-page memang sangat krusial pada menaikkan popularitas dan reputasi website Anda namun metode nya nir hanya menggunakan link building.

Meskipun mendapatkan link sebagai faktor primer (baik kini & pada masa depan), perlu diingat bahwa ini hanyalah satu faktor di antar 200 faktor lainnya dalam prosedur pemecahan Google.

Selain itu, link building bukan lagi suatu proses linear di mana Anda terus menerus membangun link. Anda juga harus menggunakan strategi buat menerima link secara alami. Disinilah on-page SEO berperan krusial pada mana konten yg berkualitas yang berisi penerangan rinci akan menarik lebih banyak pembaca & membuat konten Anda sebagai konten yang layak dijadikan backlink.

Meskipun kedua hal ini berhubungan, masih poly orang percaya bahwa hanya menggunakan melakukan salah satu menurut 2 cara ini memberikan mereka hasil yg optimal.

Semoga pedoman off-halaman SEO ini dapat membantu Anda!

No comments