Kapan Virus Corona Akan Berakhir???

Selamat datang di blog Blog kami. Kapan penularan Virus Corona Berakhir? Dan sampai kapan kita dianjurkan oleh pemerintah untuk diam di rumah (stay at home) dan melakukan  jaga jarak (social distancing) dengan sesama?

Kapan lagi masjid-masjid akbar dibuka & melakukan manfaatnya menjadi tempat buat shalat berjamaah & shalat Jumat? Sampai kapan...?

Menurut para ahli, masa inkubasi virus ini  14 hari adalah waktu minimal yang diperlukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona alias Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Karenanya, libur sekolah 14 hari. Masjid tutup 14 hari. Diam di rumah dan jaga jarak 14 hari.

Apakah sehabis 2 minggu malapetaka Virus Corona akan berakhir?

Sang pencetus Microsoft, Bill Gates, memperkirakan kapan endemi yang asal dari Wuhan, China, ini akan berakhir.

"Jika sebuah negara melakukan pekerjaan bagus dengan tes dan shut down, maka dalam waktu 6 sampai 10 minggu seharusnya hanya ada sedikit kasus dan bisa membuka diri kembali," katanya dikutip detikINET dari CNBC.

"Kita berada di masa lockdown untuk jangka panjang, setidaknya satu atau dua bulan lagi," istilah Eric Feigl-Ding, ekonom kesehatan global pada Harvard Chan School of Public Health, pada CNBC Capital Connection.

"Virus ini tidak akan hilang dalam tiga minggu ke depan, tidak peduli bagaimana kita ingin membandingkan dengan Wuhan," kata Feigl-Ding, merujuk pada kasus-kasus virus corona di AS (Tribunnews).

"Ini bukan Wuhan, kita nir mampu mengalihkan 1/4 dokter dan perawat menurut bagian lain negara buat tiba ke satu sentra pandemi misalnya yg dilakukan Cina. Jadi, sekali lagi, kita berada di masa ini setidaknya selama 2 bulan atau lebih," imbuhnya.

Penasihat senior Direktur Jenderal WHO, Dr Bruce Aylward, menyatakan, endemi virus corona masih sangat mungkin menyebar di banyak sekali penjuru dunia berbulan-bulan ke depan.

"Jika kembali melihat China, mereka mengidentifikasi virus pada awal Januari,  mereka melakukan segalanya, dan memperkirakan mungkin akhir Maret akan bebas dari corona, ya berarti 3 bulan ya," kata Bruce Aylward kepada Time.

Tetapi, jangka saat itu bisa tidak sama apabila negara-negara nir setanggap China atau Korea Selatan.

"Sekarang bila kita lihat Eropa, Amerika Utara & Timur tengah, pertumbuhan kasusnya meningkat terus menerus. Negara-negara ini masih menghadapi tantangan selama berbulan-bulan ke depan," tambahnya.

Ia menegaskan, jika negara-negara mampu melakukan penanganan layaknya China, Korea Selatan, & Singapura maka global mampu saja pulih di 3 bulan yang akan datang. (Suara)

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) Institut Teknologi Bandung (ITB) memprediksi, epidemi virus corona akan berakhir di Indonesia dalam akhir Mei hingga awal Juni 2020.

,Artinya epidemi Covid-19 itu belum berakhir saat memasuki mudik Lebaran 2020.

Simulasi menurut tim peneliti P2MS ITB memperkirakan endemi Covid-19 di Indonesia akan mengalami puncak dalam akhir Maret 2020 dan berakhir pada pertengahan April 2020. (CNN)

Kapan Virus Corona Berakhir?

Jadi, Kapan Virus Corona Berakhir? Dari data di atas, kapan wabah Virus Corona berakhir nir bisa diprediksi.

Wabah ini sanggup lebih cepat berlaku, jika seluruh pihak berkecimpung mengikuti anjuran para ahli: membisu pada tempat tinggal , jaga jarak, jauhi keramaian atau berkumpul, pakai masker, jaga kebersihan, rajin cuci tangan pakai sabun.

Semoga wabah Virus Corona ini secepatnya berakhir. Tidak usah menunggu waktu berbulan-bulan. Amin....!

No comments