Mitos Blogging, 100 % Tidak Benar !!!

Blog kami - Sebagai seorang blogger, blogging merupakan kegiatan yang sangat mengasikan dan menyenangkan, dimana kita bisa berbagai informasi kepada publik dan memecahkan permasalahan yang sedang dialami seseorang bahkan kita juga bisa mendapatkan penghasilan lewat kegiatan blogging jika blog yang sobat miliki sudah terdaftar dan menjadi Mitra AdSense .

Tapi, menjadi seorang blogger tidak terlepas dan kerap kali mendengar desas-desus tentang mitos blogging yang membuat ragu dan membingungkan para blogger pemula antara percaya atau tidak. Sebagian mitos blogging tersebut akan mempengaruhi semangat blogging sobat dan secara tidak langsung sobat akan memikirkan hal negatif tentang hal tersebut.

Dengan adanya artikel ini berusaha mematahkan dan meluruskan beberapa mitos bermunculan tentang blogging dan merubah mindset blogging sobat agar tidak teracuni oleh mitos yang salah kaprah tersebut.

Beberapa mitos bermunculan tentang blogging, dan berikut ini merupakan mitos-mitos yang tak perlu sobat percaya sebagai seorang blogger.

Mitos blogging yang salah kaprah dan jangan percaya 100 % Hoax

1. Jika sobat tidak bisa menulis dan bukan penulis profesional, blog sobat tidak bisa sukses.

Banyak orang di luar sana berpikir bahwa untuk menjadi blogger yang sukses, sobat harus memiliki gelar sarjana bahasa indonesia  atau pengalaman menulis puluhan tahun. sobatku, di sini saya coba untuk memberi tahu sobat bahwa itu semua tidak benar! Bahkan, sebagian besar blogger tidak memulai sebagai penulis yang setia, tetapi belajar dan menjadi lebih baik dalam menciptakan konten di sepanjang perjalan kegiatan bloggig mereka.

Blogger terbaik belum tentu penulis terbaik atau mereka yang memiliki pengalaman yang banyak dalam kegiatan blogging. Blogging yang sukses juga bergantung pada faktor-faktor lain seperti kemampuan untuk berhubungan dan terhubung dengan audiens mereka, yang dapat dicapai dengan mendengarkan umpan balik pembaca, terlibat dengan mereka dalam komentar, dan berbagi artikel yang sobat buat.

Blogging bahkan tidak perlu menulis; sobat dapat bercerita menggunakan video, gambar, atau podcast. Menggunakan alat seperti Instagramatau TikTok juga cara mudah untuk meningkatkan konten Anda dan mendapatkan inspirasi.

Sebagai contok eka leksmana seorang blogger hanya tamatan SMP dan tukang kuli bangunan mampu mendapatkan gaji dari AdSense di kegiatan bloggingnya hingga mencapai angka ratusan juta dalam sebulan.

Jadi dapat di simpulkan bahwa menjadi seorang blogger sukses bukan hanya seorang penulis profesional saja, sobat jika bisa sukses asalkan giat belajar dan rajin membaca.

2. Harus mempublikasikan posting setiap hari

Jika memungkinkan blog atau website yang sobat kelola mampu menghasilkan artikel atau postingan blog yang fresh tiap hari itu memang hal yang bagus, tetapi apa bila sobat hanya sendiri mengelola blog tersebut bagaimana? sobat tidak perlu khawatir menurut Hubspot , sebagian besar blogger tidak mempublikasikan konten setiap hari, jadi memposting beberapa kali seminggu benar-benar normal. Faktanya, penelitian dari Hubspot ini mengatakan bahwa penerbit yang memposting sekitar 15 kali per bulan mendapatkan 5X lebih banyak lalu lintas daripada yang memposting setiap hari atau terlalu jarang. Hal ini harus memungkinkan sobat untuk mendistribusikan konten secara teratur, dan cukup konsisten untuk membuat pembaca sobat tetap bersemangat dan ikut terlibat dalam setiap postingan artikel di blog sobat.

Setiap pembuat konten mengembangkan jadwal mereka sendiri yang sesuai dengan kondisi mereka, dan tidak masalah untuk menguji mana yang paling cocok untuk gaya dan strategi dalam mengahsilkan arikel. Perlu diingat bahwa ini bukan tentang kuantitas, melainkan konsistensi, keseimbangan, dan kualitas konten sobat.

3. Tidak perlu memposting atau mempromosikan blog orang lain

Banyak orang atau blogger pemula mengira dengan mengulas atau membahas blog orang lain merupakan ide buruk karena dapat mengarahkan pembaca setia blog sobat miliki untuk beralih membaca blog orang lain. Padahal itu cuman mitos tentang blogging yang sama sekali tidak benar.

membahas atau sekedar mengulas blog orang lain yang relevan sesuai topik yang dibahas akan membuat para pembaca setia di blog sobat menyukai hal tersebut. Mengarahkan pembaca kepada situs atau website orang lain akan membuat pelanggan setia tersebut percaya bahwa artikel yang sobat buat tersebut sangat bermanfaat dan bahkan pembaca setia akan percaya sepenuh hati dengan blog sobat.

Selain itu mempromosikan blog orang lain akan mendekatkan sobat dengan pemilik blog tersebut dan para blogger lainnya, sehingga bisa menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

4. Blogging adalah  trend platform milik Google yang sedang sekarat

Kita sering mendengar bahwa blogging adalah mode yang sedang sekarat karena internet dipenuhi dengan banyak konten digital. Salah! Blogging telah ada selama bertahun-tahun, dan itu ada di sini dan tetap ada hingga sekarang. Ya, ada ratusan ribu blog di luar sana, yang bisa membuatnya terlihat seperti peluang keberhasilan yang rendah. Meskipun jumlah blog yang lebih besar berarti lebih banyak kompetisi, ingatlah bahwa kami mengkonsumsi satu ton konten online ( Nielsen melaporkan sekitar 630 menit per hari!), Jadi selama ada permintaan, akan ada pasokan tetap. makanya membuat blogger.com tetap ada hingga sekarang.

Seseorang akan ragu dan khawatir untuk serius terjun dalam dunia blogging. Karena ada satu mitos blogging yang masih trend sampai hari ini yakni jika ingin blog mengalirkan banyak rupiah blog tersebut harus memiliki traffic puluhan ribu dalam sebulan.

Mitos yang satu ini sama sekali tidak benar adanya, ada banyak cara untuk menghasilkan rupiah di blog sobat dengan cara memonetisasi lewat AdSense, menjalin kerja sama dengan brand-brand terkenal, atau dengan cara menjual produk sendiri di blog.

Selama sobat mampu mengenali karakteristik pembaca  dan blog sobat memiliki kredibilitas di mata pembaca ada banyak cara untuk bisa memonetisasi blog agar bisa menghasilkan rupiah. Mitos yang satu ini kadang menyulutkan api semangat sobat untuk mengelola blog dengan serius.

Padahal kunci ngeblog di blogger bukan semata-mata karena rupiah saja, tapi kunci utama blogging yakni memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca setia blog sobat. Selama sobat memegang teguh dengan prinsip saling berbagi hal bermanfaat maka sobat tidak perlu memikirkan hal-hal lain yang justru membebani pikiran sobat.

6. Postingan harus di bawah 500 kata Tidak boleh lebih

Benar-benar tidak masuk akal sobat!!! Bagian terbaik tentang blogging adalah sobat mampu menguraikan sebuah permasalahan tersebut secara tuntas dan makin banyak kata maka makin bagus, karena algoritma google sekarang menyukai artikel yang lebih panjang kata dalam sebuah artikel bahkan menyukai artikel yang 1000 kata ke atas.

Menentukan gaya dan panjang posting kata untuk sebuah postingan merupakan hal yang baik dan dapat menempatkan artikel sobat di pageone search engine. Pembaca tidak akan memperhatikan jumlah kata yang di gunakan entah itu melewati 500 kata atau tidak, tetapi alih-alih bersusah payah menghitung jumlah kata di postingan sobat, mending sobat fokus pada penyediaan konten yang berharga bagi pembaca.

7. Cukup fokus di blogging saja Blogging memang salah unsur penting dalam digital marketing, sayangnya untuk menjaga blog sobat tetap exsis dan banyak pembacanya, hal itu tidak cukup. Sedikit promosi juga sangat dibutuhkan dalam blog sobat, agar orang-orang bisa melihat blog sobat. Seperti :

  • Promosikan di social media ( Facebook, Twitter, pinterst, IG ).
  • Gunakan email marketing, dan kirim ke member potensial sobat.
  • Masukkan konten blog dalam newsletter sobat.
  • Sertakan link dalam artikel yang bisa terhubung ke blog-blog sobat yang lain.

8.  Jangan fokus satu Niche Agar Tidak Terbatasi

Beberapa blogger merasa niche " blog " hanya akan membatasi mereka dalam mengulas berbagai macam hal. Apalagi, untuk blogger yang memang memiliki ketertarikan ke banyak topik, niche seakan-akan menjadi tembok penghalang yang menghalangi mereka untuk menulis secara leluasa.

Faktanya, baik pembaca maupun brand lebih menyukai penulis dengan niche yang jelas. Ini disebabkan karena pembaca akan lebih percaya pada blog sobat karena konten-konten yang ada didalam fokus mengulas satu topik besar secara mendalam. Artinya, sobat memiliki area of expertise pada suatu bidang tertentu yang sesuai dengan kebutuhan mereka cari. Akhirnya, blog ber-niche spesifik pun akan memiliki demografi pembaca yang jelas minat dan ketertarikannya, sehingga brand bisa mengetahui apakah demografi tersebut cocok atau enggak dengan target pasar mereka.

Akhir kata.....

Dari ke-8 mitos blogging semoga dapat merubah mindset sobat selama ini dan dapat membuat sobat semakin percaya diri dalam melakukan kegiatan blogging dan kedepannya bisa menjadi blogger sukses.

Jika masih ada mitos lain yang sobat ketahui tolong sampaikan di kolom komentar.

No comments