Peran Serta Dukungan Pemerintah Dalam Menghadapi Persoalan Sampah ||| Bagian III

Blog kami - Persoalan sampah masih saja menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperbincangkan sampai saat ini. Tentunya persoalan sampah tidak akan pernah ada habisnya mungkin hingga sampah tersebut hilang dari permukaan bumi ini. Sangat banyak hal menarik yang dapat kita perbincangkan mengenai sampah, mulai dari efek buruk dari sampah sampai pada kegunaan sampah itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari terutama dari segi perekonomian.

sampah

Walaupun sampah adalah galat satu asal perekonomian bagi sebagian rakyat sekarang, tetapi sampah permanen saja adalah sebuah masalah yg tidak mampu disepelekan. Karena imbas menurut sampah sendiri akan menghipnotis kehidupan bumi secara berkelanjutan.

Dalam jangka waktu pendek, mungkin saja efek tidak baik sampah ini masih sulit terlihat, & kebalikannya pada jangka waktu panjang imbas buruk sampah ini akan terlihat sangat mengancam kehidupan bumi. Salah satu misalnya seperti yang pernah kami bahas pada tulisan sebelumnya " SAMPAH ",

Beberapa saat yang lalu ditemukan residu-residu pembuangan sampah plastik yang mencemari laut di negara Thailand. Efek buruknya adalah, nama baik bangsa kita tercoreng. Masalah lainnya jua merupakan, sampah plastik yg dibuang sembarangan ke bahari, akan sangat mengancam pertumbuhan ekosistem laut misalnya terumbu karang & lain sebagainya. Dengan rusaknya ekosistem laut jua, maka pengaruhnya bukan saja dirasakan sang para biota bahari, tetapi insan sendiri pula sebagai galat satu makhluk yg juga mengandalkan biota laut sebagai galat satu asal kuliner sehari-hari akan merasakan dampaknya.

Dalam mengatasi masalah sampah kami selalu memiliki keyakinan, bahwa tidak cukup satu pihak saja yang bergerak untuk peduli tetapi seluruh pihak seharusnya bergerak peduli sesuai dengan kemampuan dan wewenang masing-masing. Pada opini sebelumnya, kami telah mencoba menerbitkan opini kami mengenai “Peran, Serta Dukungan Berbagai Pihak(Masyarakat dan Pihak Non-Pemerintah) Terhadap Upaya Pengurangan dan Pengelolaan Sampah”. Untuk melihat beberapa opini yang telah kami publish sebelumnya, silahkan kunjungi blog kami di Blog kamiatau bisa juga diakses akun academi edu sang penulis " Khalil Alfalah ".

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menaruh opini atau review kami tentang ?Peran, Serta Dukungan Pemerintah Dalam Menghadapi Persoalan Sampah?. Peran pemerintah sangatlah diperlukan pada mengatasi berbagai macam persoalan di galat satu daerah, baik itu strata bawah sampai pada tingkatan teratas.

Khususnya pada menghadapi duduk perkara sampah ini, sebenarnya berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah khususnya pemerintah di negara kita Indonesia. Mulai menurut pemerintah sentra yg menerbitkan beberapa kebijakan maupun peraturan perundang-undangan tentang sampah, dan ditingkatan wilayah terlihat dari dibentuknya dinas tersendiri yg dikhususkan buat mengatasi persoalan sampah didaerahnya.

Beberapa langkah yg sudah dilakukan tadi tentu saja dapat mendeskripsikan keseriusan pemerintah pusat juga daerah dalam menghadapi masalah sampah. Selain itu dibeberapa daerah provinsi juga Kabupaten/Kota jua sudah menurut dulu mencanangkan beberapa program unggulan wilayah mereka dalam menangani dilema sampah.

Sebut saja program Zero Waste yang akhir-akhir ini sangat banyak dicanangkan oleh sebagian besar pemerintah daerah di Indonesia, ada juga program MTR atau Makassar Tidak Rantasa yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Makassar Sulawesi Selatan sejak masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Danny Pomanto dan Deng Ical.

Sejak dicanangkan program tersebut, Pemerintah Kota Makassar pula memulai penggunaan mobil sampah yang memiliki desain tertutup. Sehingga dalam waktu pengangkutan sampah berdasarkan titik penjemputan sampai ke titik pembuangan, potensi sampah yg diangkut buat tertumpah atau terbawa angin bisa diminimalisir. Dan lewat program MTR tersebut, Pemerintah Kota Makassar sudah berhasil menerima poly penghargaan baik ditingkatan lokal juga taraf nasional. Walaupun telah banyak meraih penghargaan, tetap saja acara unggulan tadi masih memiliki beberapa dilema.

Mulai dari pencerahan masyarakat yg masih kurang dalam merawat keliru satu fasilitas pembuangan sampah yang dianggap gendang dua(dua), yang dimana fasilitas tersebut merupakan salah satu sub acara yg dibutuhkan bisa mendukung berjalannya program MTR atau Makassar Tidak Rantasa. Selain itu, tidak konsistennya pemerintah atau pelaksana program dalam melakukan pengawasan & evaluasi terhadap program gendang 2(dua) jua adalah salah satu persoalan sebagai akibatnya fasilitas pembuangan sampah yang dipasang di hampir seluruh jalanan pada Kota Makassar tadi seakan menjadi sia-sia.

Selain Pemerintah Kota Makassar, pemkot Surabaya juga menjadi galat satu yg menjadi percontohan berdasarkan segi pengelolaan sampah. Beberapa program unggulan dari Pemerintah Kota Surabaya merupakan adalah menggunakan mencanangkan acara Bank Sampah, membentuk kader & fasilitator lingkungan, & lain sebagainya.

Dari beberapa program yang dicanangkan oleh beberapa pemerintah daerah maupun pemerintah pusat diatas, sedikit banyaknya dapat menggambarkan keseriusan dari pemerintah dalam upaya mengatasi persoalan sampah yang seakan tidak ada habisnya. Nah, sudah sewajarnya kita sebagai warga negara yang baik juga bergerak peduli untuk membantu pemerintah dalam upaya mengatasi persoalan sampah.

Bagian IBagian II

No comments