Perbedaan Mendasar Antara Website dan Blog

Selamat datang di blog Blog kami. Perbedaan Mendasar Antara Website dan Blog. Jika sobat Tertarik untuk membuat sebuah blog dan menjadi seorang blogger? Atau tertarik untuk membuat website? mungkin saja kata blog dan website sangat mudah di ucapkan.

Namun ada saja yang masih bingung dengan istilah keduanya, sebab kebanyakan orang awam beranggapan bahwa kedua kata tersebut memiliki makna yang sama.

Sebelum memulai untuk membuat blog maupun website, setidaknya sobat juga perlu mengenali terlebih dahulu, apa itu blog? Dan apa itu website? Serta apa saja perbedaan dari keduanya yang bisa sobat ketahui?

Mengetahui perbedaan antara website dan blog sangat penting untuk mengetahui platform manakah dari keduanya yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan sobat agar nantinya sobat tidak salah menentukan pilihan dalam menggunakannya baik untuk bisnis atau sekedar hobi menulis saja.

Bagi sobat yang ingin bergelut dan menjadi seorang pembisnis online kehadiran blog dan website memang sangat membantu. Hanya saja, sobat perlu tahu dengan tepat kegunaan dan manfaat keduanya yang berbeda tersebut.

Keduanya, baik itu blog dan website memiliki keunggulan serta kelebihan yang berbeda, fungsi dan cara kerjanya pun juga berbeda. Selain itu blog dan website juga memiliki beberapa kelemahan, dimana keduanya juga yang berbeda.

Sehingga pendapat banyak orang yang beranggapan dan menyimpulkan bahwa website dan blog memiliki pengertian dan definisi yang sama adalah sebuah kekeliruan yang sangat besar. Untuk mengetahui selengkapnya terkait apa saja perbedaan antara website dan blog, silahkan ikuti uraian lengkap di bawah ini.

Perbedaan Mendasar Antara Website dan Blog

1. Artikel atau Konten

Dimulai Dari Segi konten, blog dan website memiliki beberapa perbedaan yang nyata. pada umumnya sebuah konten blog akan berisi artikel, video ataupun podcast mengenai satu atau beberapa tema yang dimiliki oleh pemilik dari blog dan di tuangkan semua ide di blog kesayangannya tersebut.

Selain itu, blog juga lebih banyak mengulas dan membahas tentang pengalaman, opini atau aktivitas dari sang pemilik blog dari kegiatannya.

Blog juga dibuat bisa berfokus pada satu tema atau satu Niche saja seperti kuliner, travel, fashion, otomotif dan masih banyak lagi sesuai kemampuan dan passion dari sang pemilik blog tersebut.

Sedangkan untuk konten website sendiri akan lebih berisi terkait informasi penting tentang suatu produk atau layanan. Sebagai contoh, Sobat dapat membuat website sebuah perusahaan dengan isi sejarah, alamat, tentang produk, kontak perusahaan dan lain sebagainya. Selain itu website cocok digunakan untuk keperluan toko online, pendidikan hingga lembaga pemerintah.

2. Tentang Update konten atau Artikel

Selain dari segi konten, pada saat update konten baik blog dan website memiliki perbedaannya. Tahukah Sobat? bahwa Blog akan lebih sering memperbaharui kontenya secara rutin atau berkala yakni setiap hari, dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali. Disetiap blog mempunyai jadwal update konten yang berbeda beda dari  masing masing pengelola blog. Karena itulah, konten di blog akan lebih Evergreen dan lebih bersifat dinamis sebab adanya pembaharuan dalam kurun waktu tertentu oleh sang pemiliknya.

Kalau update konten merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah blog agar bisa akrab dengan search engine, namun berbeda halnya dengan website yang mayoritas atau kebanyakan konten di dalamnya yang berisi informasi mengenai produk atau layanan. Sehingga update konten atau Artikel di website akan dilakukan apabila ada perubahan atau pembaharuan layanan produk yang disediakan.

3. Komunikasi

Perbedaan paling terlihat jelas antara website dan blog adalah arah komunikasi.

Pada blog, arah komunikasi yang dimiliki bersifat interaktif karena para pembaca blog dapat meninggalkan komentar di setiap konten atau artikel  yang dipublikasikan.

Sedangkan untuk website berbeda, karena lebih bersifat satu arah dimana umumnya sebuah website tidak menyediakan kolom untuk berkomentar di setiap konten yang dimilikinya.

4. Pengelola atau Pemiliknya

Sobat mungkin sudah tak asing lagi atau sudah sering mendengar istilah bagi orang orang yang menekuni kegiatan blogging dengan sebutan “Blogger”. Nah, ini adalah sebutan populer untuk para penulis blog atau orang yang mempunyai blog. Biasanya seorang blogger akan mengelola blognya secara pribadi. tapi tidak menutup kemungkinan bahwa blog bisa di kelola secara bersama-sama tergantung kesanggupan si pemilik blog untuk menggaji penulisnya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak blogger terkenal seperti mas Sugeng, Raditya Dika, dan lain sebagainya.

Beda halnya dengan blog, website umumnya dikelola oleh para tim ahli atau dari perusahaan yang terdiri dari para developer, designer dan copywriter.

5. Gaya Bahasa yang disuguhkan

Perbedaan selanjutnya antara blog dan website adalah dari gaya bahasa yang digunakan di blog dan website. Apabila sobat amati secara seksama, maka sobat dapat melihat gaya bahasa yang digunakan sangatlah berbeda.

Di blog gaya bahasa yang digunakan bersifat variatif atau tidak adanya batasan tertentu. Dalam beberapa blog mungkin menggunakan bahasa yang informasl sedangkan yang lainnya memilih untuk menggunakan bahasa yang formal dan ada pula blog yang menggunakan bahasa-bahasa alay.

Biasanya blog juga lebih banyak menggunaka bahasa yang personal supaya para pembaca tidak akan cepat bosan ketika membaca konten atau artikel yang sudah dipunlikasikan tersebut.

Nah, untuk website gaya bahasa yang digunakan akan lebih profesional dan sifatnya formal. Sebab tujuannya sendiri adalah formal seperti untuk pemerintah, instansi, organisasi, lembaga pendidikan atau juga perusahaan.

6. Berlangganan atau Subcribe

Berlangganan atau Subscribe merupakan sebuah layanan yang di persiapkan oleh sang pengelola Supaya para pembaca tidak ketinggalan terbitan konten atau artikel terbaru.

Maka tersedianya tombol subcribe akan membantu untuk para pembaca bisa berlangganan pada blog.

Nantinya para pembaca akan diberi pemberitahuan atau notifikasi di setiap konten terbaru apabila sudah diterbitkan.

Beberapa website memang menyediakan pilihan subscribe. Namun, berbeda dengan dari blog yang mengirimkan pemberitahuan terkait adanya update konten terbaru, website akan mengirimkan berupa newsletter yang isinya adalah tentang produk atau layanan terbaru.

7. Pembagian Konten

Selanjutnya adalah perbedaan yang bisa sobat  perhatikan dalam hal perbedaan blog dan website adalah dari pembagian kontennya.

Untuk blog sendiri umumnya akan dibagi berdasarkan tag dan kategori. Sedangkan untuk website akan dibagi konten didalamnya berdasarkan produk atau layanan yang tersedia atau ditawarkan.

Hal ini memudahkan para pelanggan menemukan produk atau jasa yang dibutuhkan.

Dari uraian diatas beberapa deretan informasi yang memberitahukan kepada kita tentang perbedaan dari blog dan website yang patut ketahui.

Apabila tujuan Anda adalah untuk berbagai cerita, opini atau pengalaman maka blog adalah platform yang cocok namun, jika Anda memiliki tujuan untuk bisnis, perusahaan, lembaga, organisasi, maka tentu yang lebih cocok adalah website.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, apakah Anda sudah bisa menentukan platform manakah yang Anda pilih untuk kebutuhan bisnis online yang tepat dan sesuai? Saranh praktis lainnya Anda juga bisa memanfaatkan sebuah blog di dalam website karena dengan demikian hasilnya akan lebih menguntungkan. Semoga memberikan manfaat dan berhasil.

No comments