Samsung Akhirnya Menyerah, Kalah Saing Sama Produk Lokal

Blog kami - Perlu sobat ketahui bahwa 3 raja smartphone yang paling sering digunakan dan banyak peminatnya adalah smartphone besutan brand ternama seperti Samsung, Huawei, dan Apple. Meskipun posisi teratas masih diduduki sama Samsung, tidak menutup kemungkinan perjalanan samsung akan selalu mulus dan lancar-lancar saja.

smartphone samsung
Klik mania

Menurut data global, memang Samsung masih menjadi rajanya smartphone dunia mengungguli pesaing ketatnya yakni Huawei dan Apple yang masing masing menduduki posisi ke-2 dan ke-3. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa Samsung merajai semua wilayah yang ada didunia dengan smartphone buatannya.

Baca Juga : Manakah Yang Lebih Unggul? Android 10 Atau iOS 13

Jika masuk ke wilayah tertentu di belahan dunia ini, terkadang nominasi Samsung sebagai raja smartphone itu bisa di katakan tidak berarti sama sekali. Semisal produk buatan Samsung sangat laku di negara A bisa jadi tidak laku atau tidak di lirik sama sekali di negara B.

Pasti sobat penasarankan dengan negara yg menciptakan samsung nir berarti sama sekali. Simak terus pembahasannya sampai selesai.

Samsung Menyerah di Negara Cina

China merupakan negara yang sangat maju dan China juga memproduksi smartphone sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, brand-brand smartphone buatan China sudah tidak asing lagi di telinga, karena produk-produk yang mereka keluarkan sudah dikenal dunia dan ada penggemar setia dari pruduk buatan cina tersebut, sebut saja produk smartphoneChina yang sudah mendunia seperti Huawei, Xiomi dan oppo dan masih banyak lagi.

Meskipun China mempunyai merek smartphone sendiri, tapi Samsung tepat mempunyai ambisi dan memberanikan diri untuk masuk ke pasar ponsel China. Bukan hanya mencoba keberuntungannya di pasar ponsel china saja tapi merek smartphone asal korea selatan ini memberanikan diri untuk mendirikan pabriknya di china. Namun, sobat sudah pasti bisa menebak bagaimana nasib Samsung bukan???.

YA, sudah pasti Samsung kalah telak atau bisa dibilang tidak berkutik sama sekali di China, Samsung kalah saing dengan merek lokal seperti Huawei dan Xiomi. Bahkan pihak Samsung mengatakan  penjualan produk mereka dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dilansir dari Reuters, pangsa pasar Samsung turun di angka 1% dari 15% pada pertengahan 2013 lalu.

Akhirnya Samsung Angkat kaki menurut China

Bertepatan pada hari Rabu (02/10/2019). Pihak samsung akhirnya menyerah untuk melanjutkan proses produksi smartphone di China. Dengan demikian alasan utama yang membuat Samsung harus angkat kaki atau harus meninggalkan cina karena produk-produk besutan mereka kalah saing sama produk-produk lokal, dengan menurunnya jumlah penjualan sudah pasti membuat pihak Samsung akan kesulitan menggaji karyawannya dan biaya-biaya penting lainya.

Menurut hasil riset CAPE Investment & Securities, masyarakat atau pendudk  China lebih cenderung memilih produk-produk lokal ketika membeli smartphone dengan harga murah. Kalaupun mereka ingin membeli smartphone dengan harga mahal, biasanya merek yang dipilih adalah Apple atau Huawei. Adapun untuk Samsung, sangat jarang sekali dipilih oleh penduduk China.

Meski sudah menyerah dan angkat kaki dari china, tapi pihak samsung tetap tidak putus asa. Pihak Samsung  sendiri mengatakan akan tetap produknya di China, meskipun kesempatan untuk menang dan mengambil hati masyarakat cina sangat tipis.

No comments