Sukses Plagiat Channel YouTube Calon Sarjana di Banned

Selamat datang di blogBlog kami.Sukses Plagiat Channel YouTube Calon Sarjana di Banned. Beberapa waktu yang lalu, sebuah akun Youtube dengan nama channel  " Calon Sarjana " tidak bisa diakses oleh subscribe setianya termasuk saya atau dengan kata lain channel tersebut sudah hapus oleh pihak Youtube lantaran telah menerima laporan dugaan pelanggaran hak cipta atau plagiat video di kanal tersebut.

Hal tersebut tengah menjadi topik perbincangan  yang hangat oleh para warganet Indonesia di Facebook dan Twitter, yang saat ini tengah membahas apakah akun milik Calon Sarjana tersebut benar-benar dihapus atau hanya diblokir sementara?

Seperti suara peribahasa " Siapa yg menanam pasti akan memanen ". Peribahasa tersebut nampaknya dan sangat cocok sekali untuk mendeskripsikan nasib tragis yang pada alami channel Youtube Calon Sarjana di mana kanal Youtube yang telah meraup 13 juta lebih subscriber itu wajib pamit meninggalkan Youtube.

Channel Calon Sarjana sendiri harus mengatakan Good Bye-Bye dari Youtube karena Calon Sarjana  baru saja mendapatkan sanksi dari pihak Youtube yang berupa pemblokiran. Hal yang demikian itu dikonfirmasi sendiri oleh pihak Calon Sarjana, dan mereka juga tak lupa untuk meminta maaf kepada para subscriber dan para penonton setianya.

Channel Youtube Calon Sarjana Masih Bisa Diakses

Seperti diketahui bahwa, channel YouTube Calon Sarjana pertama kali dikabarkan  menghilang pada Rabu (22/1) malam. Tapi pada hari ini, Kamis (23/1) channel tersebut kembali lagi setelah mengubah nama channel Calon Ilmuwan yang masih satu naungan menjadi Calon Sarjana.

Saat ini, jumlah subscriber yang tersisa pada Youtube Calon Sarjana hanya lebih kurang 2,5 juta saja. Belum diketahui apakah Calon Sarjana akan membuat saluran baru, atau mereka justru akan memanfaatkan saluran-saluran lain yg sebelumnya sudah mereka buat yang jumlahnya juga relatif banyak.

Apa yang terjadi dengan Calon Sarjana ini tentu bisa dijadikan pelajaran sang siapa saja & sobat yg punya niat sebagai YouTuber. Artinya, sebesar apa pun saluran yang dimiliki di YouTube, maka peluang saluran buat di-banned permanen terbuka lebar, apalagi waktu sobat telah melakukan pelanggaran berfokus.

Flashback Kasus yg Menimpa Calon Sarjana

Kasus plagiarisme Calon Sarjana sendiri terungkap ke publik setelah akun yang bernama JT menyampaikan kepada publik jika videonya telah dicuri oleh Calon Sarjana. JT pun kemudian memberikan bukti jika Calon Sarjana memang melakukan plagiat secara tetang terangan mulai dari video hingga thumbnail.

Nitizen tanah air sendiri mengetahui aksi plagiat dari Calon Sarjana merasa geram. Hasilnya, Calon Sarjana pun panen hujatan & dislike pada videonya yang lalu memaksa mereka untuk beristirahat sejenak menurut mengunggah konten di Youtube.

Namun usai balik mengunggah konten Youtube, ternyata saluran mereka justru di-banned. Dilansir berdasarkan Nextren, kanal Youtube Calon Sarjana sanggup di-banned sang pihak Youtube lantaran terdapat banyak sekali laporan yg masuk.

Ini Penyebabnya Channel YouTube Calon Sarjana di Hapus

Channel YouTube Calon Sarjana tiba-tiba menghilang setelah sempat membuat heboh karena kasus plagiarisme konten beberapa waktu yang lalu. Apa penyebabnya?

Mengenai hilangnya channel Calon Sarjana yang dulunya memiliki 13 juta subscriber lebih tepatnya menduduki peringkat 3 subscribe terbanyak sesudah Atta dan Ricis, Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo) akhirnya buka bunyi. Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu membicarakan bahwa dihapusnya channel YouTube Calon Sarjana bukan permintaan menurut Kominfo.

"Ternyata di-suspend oleh Youtube karena pelanggaran HAKI. Akun Calon Sarjana banyak menggunakan thumbnail video milik akun lain di luar negeri secara tanpa izin. Jadi bukan atas permintaan Kominfo," kata Ferdinandus ( detikINET )

Keterangan yg diberikan Kominfo sejalan menggunakan apa yang diungkap oleh JT, YouTuber yang beberapa waktu lalu mengungkap praktek plagiarisme Calon Sarjana sehabis kontennya di curi sang calon sarjana.

Dalam video JT yang berjudul 'i terminated a YouTuber with 13 MILLION Subs...', JT mengatakan setelah mengungkap praktek Calon Sarjana, ia berhasil mengajukan copyright strike terhadap video Calon Sarjana yang meniru kontennya.

Jadi sebelum Calon Sarjana memberi permintaan maaf secara publik dan menghapus videonya yang meniru konten JT, JT berhasil menjamin adanya pelanggaran copyright pada YouTube. Untuk diketahui, sehabis mendapat 3 copyright strike menurut pihak ketiga, channel yg ketahuan melanggar akan dihapus sang YouTube secara permanen.

Setelah itu, JT melihat beberapa video lain buatan Calon Sarjana yg pula meniru konten protesis YouTuber lain. Ia pun pribadi mengontak beberapa YouTuber yg kontennya ditiru Calon Sarjana lewat Twitter.

"Jadi saya merupakan keliru satu strike, & tentu saja butuh tiga strike buat menghapus akun, & saya salah satunya," kata JT dalam videonya.

"Saya lalu mengontak setiap YouTuber yg videonya dicuri lewat Twitter. Saya mengirimkan mereka link & memberitahu apa yg harus dilakukan, dan sepertinya 2 berdasarkan mereka mengirimkan strike," sambungnya.

I terminated a YouTuber with 13 MILLION Subs...

Akhir Kata...

Demikianlah artikel ini semoga sobat yang memiliki niat dan ingin terjun menjadi YouTuber jangan lupa untuk memperhatikan keaslian konten yang sobat buat.

No comments