Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Yang Mampu Mengikat Perhatian Pembaca

Selamat datang di blogBlog kami. Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Mampu Mengikat Perhatian Pembaca.Ketika sobat berselancar di internet untuk mencari sebuah informasi penting atau referensi untuk tulisan blog,  Mungkin sobat pernah memperhatikan bahwa artikel-artikel atau konten yang di hasilkan  dari website ternama seperti smallseotools dan dari indonesia niagahoster, sugeng.id Dll  mendapat banyak sekali klik, views, dan pengunjung tetap di website tersebut. Apa kira-kira alasannya? Satu faktor yang berhasil membantu website mendatangkan banyak pengunjung website adalah mereka mampu membuat judul atau headline sebuah artikel yang sangat menarik dan Mampu Mengikat Perhatian Pembaca untuk membaca artikel hingga akhir.

Tips-Membuat-Judul-Artikel-Menarik

Perlu pada ingat bahwa keliru satu pondasi yang sangat bertenaga buat mendongkrak keberhasilan suatu situs web atau blog yang di kelola yg tak lain dan tidak bukan lagi adalah kualitas judul yg pada buat. Kualitas judul yg pada hasilkan memang adalah faktor yang sangat penting pada perkembangan suatu situs web.

Bahkan dari pernyataan Garrett Moon berdasarkan CoSchedule, konten yang judulnya dioptimasi menggunakan sempurna akan menerima jumlah share pada social media hingga 10 kali lipat.

Karena hal paling pertama yg pada perhatikan sang seorang pengunjung ketika melihat artikel merupakan judul. Judul artikel merupakan faktor penting pada menjual sebuah artikel. Khusus sobat pemilik website e-commerce, calon pelanggan sobat akan membuat kesan pertama mereka tentang brand Anda berdasarkan headline yg Anda gunakan. Tujuan primer sebuah judul konten bukanlah hanya semata-mata menjual barang atau layanan Anda. Mereka jua harus mampu menciptakan pembaca mau membaca artikel sampai selesai.

Dalam aktivitas digital marketing, judul atau headline sebuah konten digunakan buat SEO, email marketing, dan social media marketing. Oleh karena itu, membuat judul konten yang menarik dan mengikat minat pembaca sebagai suatu keharusan.

Ada poly pertanyaan yang biasa ditanyakan tentang headline. Seberapa panjang sebaiknya sebuah judul? Apakah terdapat batasan jumlah istilah yg dipakai? Haruskah judul artikel hanya dioptimasi buat SEO?

Pada artikel kali ini, aku ingin menyebarkan tips membuat judul atau headline yg menarik. Kalau ingin memahami, ayo lanjut baca artikelnya hingga akhir.

Gunakan Formula Unik 4U Untuk Judul Sebuah Artikel

Tidak ada yang bisa membenarkan atau menyalahkan judul atau headline, tetapi sobat harus tahu memang ada jenis headline yang sudah terbukti bekerja. Dengan menerapkan formula yang mirip, judul yang akan sobat buat mampu mendorong orang-orang untuk mengklik artikel yang sobat publikasikan dan membacanya hingga akhir. Melanie Duncan, seorang blogger, yang membuat formula 4U. Formula ini sangat dipercaya mampu mendorong pengunjung website atau blog sobat untuk membaca artikel hingga selesai.

Useful (bermanfaat)

Coba pikirkan judul atau headline seperti apa yang akan sobat klik ketika sobat sedang melihat artikel yang sangat bermanfaat dan sangat sobat butuhkan untuk memecahkan masalah yang sobat alami. sah pasti salah satu jenis judul artikel yang akan sobat klik biasanya artikel menawarkan tips atau cara yang menawarkan sesuatu yang bermanfaat untuk permasalahan sobat.

Dari itulah sobat juga mampu melakukan hal yang sama persis misalnya yang sobat alami, tawarkan artikel berguna pada pembaca atau pengunjung setia web atau blog sobat di judul artikel. Mulai menggunakan mencoba pendekatan & tahu jua apa yang pengunjung inginkan pada website atau blog sobat maka tawarkan hal itu pada mereka. Judul ini harus mengidentifikasi sebuah kasus dan menunjukkan solusi. Begitu pula dengan isi artikelnya.

Poin ini bisa digunakan baik oleh perusahaan yang menawarkan produk maupun jasa. Kedua-duanya memang bisa membantu penggunanya untuk menyelesaikan masalah. Biasanya jenis artikel yang memiliki judul seperti ini adalah artikel-artikel how-to dan listicles.

Urgent (mendesak)

Salah satu trik seorang blogger biasa menarik perhatian pembacanya adalah dengan membuat judul artikel yang membuat nuansa urgent. Karena dengan nada judul yang penting, orang-orang biasanya akan lebih tertarik untuk mengklik pada artikel tersebut. Diliputi rasa penasaran dan mereka juga pasti tidak mau ketinggalan tentang berita-berita yang sedang hangat dibicarakan, membantu, dan informatif.

Dari formula 4U, Urgent merupakan formula  yang paling susah untuk dilakukan oleh para blogger karena belum tentu karakteristik ini sesuai dengan topik artikel. Maka poin ini banyak digunakan di berita-berita TV.

Unique (unik)

Orang-orang senang membaca sesuatu yang unik serta beda dari yang lainnya. Biasanya sesuatu yang unik dapat langsung menarik perhatian seseorang dan membuat mereka ingin mengklik artikel tersebut. Kebanyakan website menggunakan plesetan kata-kata di judul untuk menarik perhatian. Salah satu website yang memiliki judul-judul unik adalah Buzzfeed.

Ultra-Specific (sangat spesifik)

Jika sobat blogger pemula mungkin sudah tak asing  lagi dengan judul dari website ternama sering menggunakan angka pada judul. Nah, judul artikel seperti inilah yang dimaksud dengan ultra-specific. Pembaca akan tahu pasti apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mengklik artikel yang satu ini.

Dengan memastikan bahwa judul yg akan sobat buat harus memiliki keempat unsur ini, maka sobat akan menarik perhatian lebih poly pembaca baru pada blog atau web yang sobat kelola. Selain keempat unsur pada atas, masih ada beberapa tips yang sanggup sobat lakukan buat membuat judul artikel yang menarik & Mampu Mengikat Perhatian Pembaca

Tips Membuat Judul yang Menarik

Bukan hanya menarik atau memancing pembaca saja, melainkan judul yang bisa mengikat supaya mereka membaca konten sobat dan puas menggunakan apa yg didapatkan.

Tips-Membuat-Judul-Artikel-Menarik

Oh ya. Apa yg dijelaskan pada panduan ini tidak cuma berlaku pada judul artikel, bisa pula buat judul konten jenis apapun misalnya video, audio, dan lain-lain. Bahkan juga bisa anda manfaatkan buat judul laman penjualan & landing laman.

# Membedakan Dulu Antara Judul & Topik

Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya saya sedikit memberikan gambaran buat sobat tentang Kesalahan paling fatal adalah seorang blogger tidak mampu membedakan ‘Topik’ dengan ‘Judul’.

apabila di lihat keduanya hampir sama & paling pada anggap mudah padahal keduanya tidak sinkron. Ya topik beda dengan judul, anak Sekolah Dasar juga paham.

Tapi pada prakteknya tidak demikian. Kesalahan ini merupakan yang paling sering dilakukan oleh penulis, topiknya langsung digunakan sebagai judul konten. Supaya jelas apa yang saya maksudkan,

kita lihat misalnya.

Ini Topik:

  • Cara mengatasi stres
  • Tips wawancara di perusahaan
  • Cara bermain gitar
Anda pasti sering melihat orang yang menulis judul seperti ini. Padahal keempat contoh tersebut tidak pantas digunakan sebagai judul.

Jadi, apa sih yang membedakan topik dan judul?

Topik itu generik, judul itu spesifik.

Judul yg baik akan memberitahuakn bahwa artikel anda tidak sama menurut artikel lain dalam topik yang sama. Judul akan menciptakan artikel anda mempunyai nilai lebih dibandingkan artikel lain.

Contoh judul:

  • Lakukan hal ini dalam 30 menit sehari untuk mengatasi rasa stres
  • 9 Tips wawancara di perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan impianmu
  • Cara bermain gitar untuk pemula sampai jadi pintar dalam 30 hari
Sekarang coba sobat lihat kembali 3 contoh topik tadi. Bandingkan nomor 1 pada topik dengan nomor 1 pada judul, dan seterusnya.

Terlihat bedanya kan?

Bukan lantaran lebih panjang. Judul ini punya nilai tambah yang menciptakan artikel sobat jadi lebih menarik buat dibaca. Ada kata-kata penjelas yang meng-upgrade nilai topik. Jadi, Lihat judul artikel yang sudah pernah anda tulis. Apakah masih menggunakan topik sebagai judul?

# Buat Draft Judul

Sebelum sobat mulai menulis sebuah artikel, buatlah draft judul terlebih dahulu. Hal ini penting agar sobat dapat membuat artikel menarik dan tidak menulis artikel yang terlalu luas cakupannya serta fokus pada beberapa hal tertentu.

Misalnya, sobat ingin menulis artikel dengan topik ?Menciptakan blog?. Berikut ini adalah beberapa model judul artikel yang menarik yang bisa Anda dapatkan pada topik ini:

? Cara mendapatkan Pengunjung Organik Di Blog Dengan Praktis

Tips untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Blogger

Terlihat perbedaannya bukan? Topik adalah utama bahasan yg masih bisa dibagi menjadi beberapa artikel blog. Sedangkan judul adalah acuan khusus dalam menulis sebuah artikel.

Tetapi, model-contoh judul pada atas masih belum menarik bukan? Di langkah selanjutnya, akan dijelaskan bagaimana membuat judul yg menarik perhatian poly orang.

# Pembaca Ingin Manfaat Dari Artikel, Tunjukan Pada Judul

Jika judul artikel sobat menjanjikan sebuah manfaat, [embaca tanpa di paksa akan mengklik dan membaca artikelnya hingga akhir. Ingat sobat, membaca 1 artikel saja itu memakan waktu kurang lebih 3-5 menit, dan bahkan lebih. Lalu mengapa orang lain rela membuang waktunya yang berharga untuk membaca tulisan anda?

Karena pembaca ingin manfaat.

Mereka membaca menggunakan harapan akan menerima kabar, solusi berdasarkan perseteruan, hiburan semata, pengetahuan, dan manfaat lainnya. Inilah mengapa mereka merelakan waktunya. Judul yang sobat buat usahakan eksklusif to the poin mengungkapkan manfaat yg akan mereka dapatkan selesainya membaca artikel yang sobat posting.

Dengan begitu, mereka akan tertarik membaca.

Contohnya 2 artikel menggunakan judul yg sangat seperti:

  • Tips presentasi yang baik
  • Tips presentasi untuk membuat audience terkesima
Dalam kalimat pertama, “yang baik” itu abstrak, tidak jelas apa yang akan mereka dapatkan. Sedangkan kalimat kedua jelas manfaatnya. Orang yang ingin belajar tips presentasi tentunya ingin membuat penonton terkesima, dan kita menawarkan manfaat tersebut melalui judul. Maka judul kedua jadi lebih menarik bagi mereka. Bukan hanya itu dari prinsip ini anda juga bisa membuat isi artikel yang lebih baik.

dua model judul artikel:

  • 5 cara kreatif memasak mie instan
  • 10 cara kreatif memasak mie instan
Manusia ingin manfaat maksimum dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kalau ada 1 artikel yang memberikan 2x lipat manfaat daripada artikel lain, pasti kita akan memilih artikel tersebut. Sekali baca, informasi lebih banyak.

#4. Berikan Informasi yg Akurat pada Awali Dari Judul

Mungkin sobat sering kali mendapati judul-judul artikel clickbait yang bertebaran di internet. Hal yang paling menyebalkan, bukan? Ketika Sobat membuka dan membaca artikel tersebut ternyata isi artikel tidak sesuai dengan judul yang dituliskan.

Contoh judul artikel:

? Cara Mengganti Tema Blogger Dengan Cepat

Sesuai dengan judul artikel tersebut, topik yang akan dibahas merupakan panduan buat mengganti tema pada blogger dengan cepat. Bukan membahas hal lain yang nir berkaitan dengan judul.

Salah satu anggaran penting dalam menciptakan judul artikel merupakan menghargai pengalaman pembaca. Apabila sobat memberikan harapan atau ekspektasi terlalu tinggi dalam judul yang nir sinkron menggunakan isi artikel, Anda akan kehilangan kepercayaan pembaca.

# Buat Judul dengan Kata Sifat & Angka Tapi Bukan Sembarang Angka

Dengan membuat judul artikel yang berisi informasi akurat, apakah sobat bisa membuatnya menarik? Tentu saja bisakan sobat.

Sobat mampu menggunakan kata sifat (adjective) yg mewakili artikel yg ditulis sebagai salah satu cara menciptakan judul yg menarik. Misalnya, ?Menjanjikan?, ?Terbaik?, ?Paling populer?, ?Terpercaya?, & kata-adjektiva lain yg kiranya sanggup menarik perhatian orang, namun permanen mewakili isi dari artikel.

Lalu langkah selanjutnya, masukkan angka ke dalam judul artikel, jika memungkinkan jangan pada paksakan apabila nir mampu. Orang-orang akan lebih tertarik dalam artikel-artikel dengan model listicle karena mereka tahu berapa banyak poin krusial yang akan dihasilkan dari suatu artikel.

Berikut merupakan beberapa model judul artikel terkenal yg menggunakan angka supaya artikel terlihat lebih menarik:

? 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus pada Ketahui Pemula

? 6 Hal Penting Yang Harus pada Perhatikan Penulis Blogger Pemula Agar Artikel Bisa Bersaing pada Search Engine

Berdasarkan penelitian Content Marketing Institute, judul artikel blog yang memakai nomor membentuk performa 45 % lebih baik dibandingkan judul artikel biasa-biasa saja.

Atau sobat mampu pakai cara dibawah ini sanggup terlihat lebih menonjol daripada konten lain, terdapat beberapa variasi penggunaan judul nomor yang mampu anda pakai:

  1. Angka di tengah: Teknik link building – 5 strategi yang bisa anda lakukan sekarang juga
  2. Pertanyaan: 10 resep soto ayam paling nikmat di Indonesia – yang mana favorit anda?
  3. Langkah-langkah: 7 langkah membuat presentasi yang mampu memukau penonton
  4. Super lengkap: 54 alasan mengapa anda belum juga sukses
Angka bukan hanya bermanfaat untuk judul. Ada jenis artikel yang bergantung penuh terhadap angka atau biasa disebut ‘listicle’, artikel dalam bentuk list/daftar.

Listicle adalah jenis artikel terpopuler dibandingkan yang lainnya:

listicle

apabila di lihat dari bagan di atas jumlah rata-rata share per artikel menurut listicle hanya kalah menurut infografis.

# Judul yang Singkat dan Tidak Membingungkan

Membuat judul artikel blog memang susah susah gampang. Sobat mampu menyimpulkan keseluruhan artikel dalam beberapa kata.

Judul artikel yg terlalu panjang akan membingungkan calon pembaca yang ingin mencari kabar krusial. Calon pembaca perlu mengetahui menggunakan pasti apa yg akan mereka dapatkan sehabis meluangkan saat buat membaca sebuah artikel. Judul artikel yang singkat ini menampakan ketegasan sobat akan apa yang ingin disampaikan melalui artikel tadi.

Panjang judul artikel juga harus diadaptasi menggunakan tujuan yg ingin sobat capai. Apabila tujuannya adalah supaya artikel sanggup menerima peringkat rupawan di output pencarian, usahakan pastikan panjang judul selalu pada bawah 70 karakter.

Jika tujuan sobat adalah agar artikel banyak dibagikan di media sosial, menurut Hubspot panjang judul artikel yang efektif adalah 8-12 kata untuk Twitter dan 12-14 kata untuk Facebook.

Berikut contoh judul artikel dengan singkat & jelas sesuai topik:

? Cara menonaktifkan Komentar di Blogger

Judul yg terdapat di atas telah menyebutkan topik yang akan dibahas tanpa perlu memakai kata-kata terlalu panjang.

#Judul pada Buat buat Pembaca, Bukan Mesin atau Boot

Sobat memang perlu berusaha mengoptimasi judul artikel yang disesuaikan dengan focus keyword yang ditargetkan. Namun, terlalu mengikuti focus keyword saja akan membuat artikel yang sobat buat akan terkesan kaku, bahkan terlihat anehdan norak.

Meskipun begitu, jangan lupa bahwa sobat sebenarnya  menulis judul tersebut untuk manusia dandi konsumsi oleh manusia, bukan mesin. Memang lebih baik untuk meletakkan focus keyword di awal judul. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, jangan paksakan diri untuk meletakkan kata tersebut di depan.

# Sebisa Mungkin Bangkitkan Perasaan Pembaca melalui Judul Artikel yg di Buat

Salah satu judul artikel yang menarik bagi pembaca adalah dengan melibatkan perasaan pembaca. Buat pembaca menjadi penasaran dengan judul artikel yang membuat rasa penasaran, ingin tahu, heran, yakin dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perasaan pembaca.

Berikut model judul artikel yg menghipnotis perasaan pembaca:

? 50 Cara Riset Keyword Akurat buat Blog & Website

Saat membaca judul tersebut, pembaca akan merasa yakin menggunakan istilah yang dipakai dalam judul misalnya ?Akurat? & ?Wajib ?. Pembaca akan tertarik buat membaca artikel menciptakan mereka bertanya-tanya.

# Membuat Pembaca Seolah-olah Merasa Terlibat

Bagaimana caranya? Ajukan pertanyaan.

Pembaca akan mulai membayangkan suatu situasi dengan pertanyaan yang sobat ajukan melalui judul.

Contol judul artikel:

? Apakah Anda Kesulitan Membuat Website? Ikuti 7 Langkah Mudah ini

Setelah Anda melihat judul di atas, apa yg Anda pikirkan? Anda akan merasa bahwa judul tersebut sinkron dengan yg pernah Anda alami?

Begitu pula bagi pembaca, dengan judul artikel tadi pembaca merasa tertarik karena sesuai dengan yg di alami dan akan membaca artikel yang Anda tulis.

# Letakkan Topik dalam Judul dalam Posisi Strategis

Posisi topik yang sobat masukkan pada judul juga penting untuk menarik pembaca. Biasanya topik akan ditambahkan dengan kata hiasan agar pembaca lebih tertarik atau penasaran untuk membaca artikel tersebut.

Contoh: Tips Marketing Online yg dapat Anda Ikuti dengan Budget Terbatas

Pada contoh judul artikel pada atas, topiknya adalah 6 Tips Marketing Online & Bugdet terbatas. Lebih baik apabila topik artikel diletakkan pada bagian depan atau belakang judul, lantaran pembaca hanya penekanan dalam bagian itu saja, sedangkan dalam bagian tengah hanya akan dibaca sekilas atau bahkan dilewati.

#Berikan Kemudahan bagi Pembaca Untuk Memahami Isi Artikel Lewat Judul

Saat pembaca mau meluangkan waktunya untuk membaca sebuah artikel, tentu terdapat judul artikel yang menarik. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca melalui judul artikel?

Misalnya, orang membaca artikel ?Cara Menghilangkan Malware pada Website? Adalah pembaca memerlukan cara atau panduan buat membantu mengatasi kasus mereka. Dengan adanya artikel tadi, pembaca akan menemukan kemudahan dalam mengatasi masalahnya.

Akhir Kata...

Judul atau headline adalah hal pertama yang dilihat orang sebelum memutuskan apakah akan mengklik konten sobt atau tidak.  Meskipun tidak ada cara yang mutlak untuk menulis judul, ada beberapa formula utama yang dapat sobat ikuti untuk membuat yang lebih baik. Untuk memulai, Sobat harus menggunakan formula 4U. Judul Anda harus selalu useful (bermanfaat), urgent (mendesak), unique (unik), dan ultra-specific (sangat spesifik). Membuat konten Anda menjadi panduan yang dapat langsung dilakukan adalah cara klasik untuk meyakinkan pembaca bahwa mereka tidak akan menyesal membaca postingan Anda karena ini dapat menyelesaikan masalah mereka. Selain itu, membuat mereka penasaran juga akan mendorong pengunjung website untuk membaca artikelnya. Bagaimana biasa Anda menulis judul konten Anda? Kalau Anda memiliki tips & tricks yang belum ada di artikel ini, tinggalkan komen di bawah! Semoga artikel ini membantu!

Sumber:

PanduanIM

niagahoster

DewaWeb

No comments