Waspada!!! Virus Corona Sudah Mulai Menyebar di Indonesia

Selamat datang di blog Blog kami. Waspada!!! Virus Corona Sudah Mulai Menyebar di Indonesia. Mengawali tahun 2020, dunia telah dikejutkan dengan ditemukannya penyakit baru yang berasal dari daerah Wuhan, yang ada di China, dan virus tersebut mulai menyebar ke negara tetangga.

Penyebaran & penularan virus corona berkembang menggunakan sangat pesat & membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau negara-negara Asia, termasuk negara Indonesia, buat wajib selalu waspada terhadap penyebaran dan penularan virus tadi.

Penyakit mematikan ini ditimbulkan sang coronavirus jenis baru yg dianggap virus 2019-nCoV. Menurut data terakhir yang dihimpun oleh WHO, penyakit ini telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa, sedangkan puluhan lain yang terinfeksi masih pada pengawasan & perawatan intensif oleh energi medis.

Berikut beberapa fakta terkait penyakit Corona:

Virus 2019-nCoV mulai teridentifikasi pada 7 Januari 2020, kurang lebih seminggu sehabis masalah pertama muncul di kota Wuhan, China.

Virus 2019-nCoV termasuk dalam grup virus yang sama menggunakan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Beberapa masyarakat Thailand & Jepang dilaporkan telah terinfeksi virus 2019-nCoV.

Belum diketahui niscaya asal dan cara penularan virus 2019-nCoV. Tetapi, virus ini diduga berasal dari fauna dan mampu menular antarmanusia.Belum ditemukan cara atau obat menjadi program penatalaksanaan khusus buat menangani syarat ini.

Menanggapi situasi tadi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah memperketat jalur masuk RI, misalnya bandara dan pelabuhan.

Pemerintah mengimbau pihak bandara & pelabuhan agar melakukan pemindaian suhu tubuh pada setiap penumpang, terutama bagi mereka yang datang berdasarkan negara terserang.

Kenali Gejalanya Corona

Virus Corona menyerang khususnya saluran pernapasan manusia. Oleh karena itu, orang yg terkena infeksi virus Corona sanggup mengalami tanda-tanda yang mirip misalnya flu.

Meskipun begitu, gejala awal penyakit yang masih misterius ini serupa dengan SARS & MERS, yaitu demam tinggi & batuk-batuk. Beberapa penderitanya jua dilaporkan mengalami sesak napas, disertai terbentuknya cairan juga zat infiltrat pada paru-paru.

Pada sebagian perkara, penderita bahkan mengalami gagal hati & gagal ginjal. Meski begitu, hingga waktu ini, belum ditemukan gejala spesifik yang bisa dijadikan acuan untuk mengidentifikasi penyakit ini.

SARS dan MERS sama-sama adalah kondisi yg ditandai menggunakan infeksi serius dalam saluran pernapasan. Kedua penyakit ini pernah mewabah ke seluruh global dan mengakibatkan ketakutan yang luar biasa.

Pada 2002-2003, setidaknya terdapat 774 orang yang tewas dampak SARS. Sementara catatan WHO tahun 2019, menyatakan bahwa lebih dari 800 jiwa tewas global lantaran menderita MERS.

Meski ditimbulkan sang virus dengan golongan yang sama, namun infeksi virus 2019-nCoV diperkirakan tidak menyebar dan menyebabkan kematian secepat SARS & MERS.

Kendati demikian, setiap orang permanen dianjurkan buat melakukan upaya pencegahan dan segera memeriksakan diri ke dokter jika merasakan gejala-tanda-tanda pada atas. Bagaimana pun, kondisi misterius ini dapat menjadikan fatal apabila nir ditangani secara cepat dan tepat karena dapat menyebabkan kematian.

Cegah Penyebaran Virus Corona berdasarkan Sekarang

WHO menganjurkan setiap negara buat menerapkan embargo wisata atau perdagangan di China. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona berkembang semakin parah.

Walau belum terdapat laporan mengenai penularan virus 2019-nCoV di Indonesia, penting bagi setiap orang untuk melakukan berbagai langkah pencegahan guna menghindari infeksi virus ini.

Langkah-langkah yang dimaksud mencakup:

  • Rutin cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah beraktivitas.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang dan pastikan makanan yang akan dikonsumsi telah dimasak hingga matang sempurna.
  • Perkuat sistem kekebalan tubuh dengan banyak minum air putih, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.
  • Gunakan masker saat beraktivitas, terlebih bila berada di luar ruangan atau fasilitas umum.
  • Hindari gigitan serangga dengan mengoleskan losion antiserangga atau menggunakan pakaian tertutup.
  • Lakukan hubungan seks sehat, seperti menggunakan kondom saat bersenggama dan setia pada satu pasangan.
  • Batasi kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.
  • Hindari berpergian ke tempat-tempat yang berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus.
  • Terakhir adalah Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter.

Hingga sekarang, penelitian masih terus dilakukan buat mencari tahu sumber, penyebaran, & cara mengobati infeksi virus 2019-nCoV. Untuk ad interim, beberapa langkah pada atas bisa diterapkan guna menjaga diri dari risiko terinfeksi virus corona ini.

No comments