8 Cara Untuk Tetap Eksis Di Tengah Ketatnya Persaingan Blog

Untuk mendapatkan pengunjung makin hari rasanya makin sulit. Hal tersebut terjadi karena marak sekali muncul blogger-blogger pemula dan website-website yang memuat postingan - postingan HOAX  dan artikel COPAS yang membuat kita semua harus memiliki cara agar tetap eksis di tengah ketatnya persaingan para blogger.

Sekarang ini, kualitas artikel sudah tidak menjadi sebuah acuan, dan bahkan artikel yang berkualitas atau artikel yang relevan pun sudah  jarang kita jumpai.

Mengapa demikian ???

Karena yg ada di otak orang sekarang ini merupakan uang mereka akan menghalalkan apapun cara buat mendapatkannya, begitu jua para blogger sekarang ini, selalu menghalalkan cara COPAS artikel orang lain & bahkan menyebarkan berika HOAX pun ditempuh,,,memberikan fakta yang berguna buat pembaca tidak dipedulikan lagi.

Walaupun dunia blogging kini makin ramai menggunakan persaingan, akan tetapi ada beberapa cara yang menjadi pegangan teman-sahabat seluruh supaya blog teman tetap eksis & bahkan poly disukai para visitor.

Penasaran cara apa saja yang wajib pada terapkan agar blognya tetap eksis & bahkan blog sahabat bisa unggul menurut blog-blog lainnya.

Simak pembahasan lengkap dibawah ini :

1. Selalu Mengutamakan Kualitas Konten, Bukan Kuantitas.

Cara yang paling primer adalah sahabat-sahabat wajib memperhatikan kualitas konten yang terdapat pada blog. Jangan terlalu mengejar jumlah pengunjung diblog tanpa mempedulikan kualitas konten.

Teman-sahabat jangan terlalu menghalalkan COPAS ( Copy Paste ) menurut artikel orang lain, hadirkan konten yang berkualitas berdasarkan inspirasi-pandangan baru sahabat-sahabat sendiri.

Sekarang yg sahabat-teman harus fokuskan dulu gimana caranya menciptakan konten yg berkualitas yg relevan, setelah itu baru pikirkan trafik.

Apa saja yg bisa kita dapatkan, apabila menciptakan konten yang berkualitas pada blog ???

  • Followers/Subscribers, orang akan mengikiti perkembangan blog teman-teman jika artikel yang ada didalamnya sangat relevan.
  • Blog teman-teman akan disukai dan disenangi banyak orang.
  • Orang akan senang hati menshare artikel tersebut,karena dinilai bermanfaat.
  • Jika poin pertama dan kedua udah, otomatis trafik anda akan meningkat drastis.

Baca Juga Artikel : 11 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Itu hanya sebagian keci dari apa yg akan sahabat-teman dapatkan apabila mengutamakan kualitas konten pada blog.

Dua. Memperbanyak Wawasan Dalam Dunia Blogging

Untuk menjadikan teman-teman sebagai blogger yang tetap eksis, Anda tak perlu malu untuk menggali ilmu dari senior, bahkan junior sekalipun dalam dunia blogging. Dengan ilmu dan wawasan yang semakin banyak, teman-teman akan mampu membuat dan mengaplikasikannya untuk bisa mempertahankan blog teman-teman di persaingan  yang sangat ketat ini.

Tiga. Selalu peduli akan konflik pengunjung.

Setelah itu kita yg terjun pada dunia blogging pada ajar buat saling peduli & saling memberikan berita yang berguna buat perseteruan berdasarkan para visitor blog kita.

Namun  sebagian orang melupakan tujuan utama mereka dan malah fokus kepada memenangkan persaingan ketimbang memberikan yang terbaik untuk visitornya.

Berikanlah sesuatu yg special & alasan yang fundamental mengapa orang lain harus melihat konten anda, apakah teman-sahabat menciptakan konten pada blog hanya buat menerima trafik yang banyak ataukah teman-teman ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada pengunjung blog anda???

Alasan yg membuat blog teman-teman seakan peduli akan konflik pengunjung :

  • Konten anda memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang mereka hadapi
  • Isi konten anda sangat informatif, relevan dan up to date dengan perkembangan situasi
  • Konten yang anda berikan bisa menghibur dan  menghilangkan kejenuhan/rasa bosan dari para pembacanya
  • Dan yang paling penting adalah konten yang anda buat itu “original” murni dibuat untuk memberikan kepuasan kepada pengunjung, pada akhirnya orang lebih menghargai konten unik dan original ketimbang konten populer namun hasil copas/tiruan.

4. Berilah Nuansa Yang Berbeda Dari Blog-Blog Lain.

Ingin membuat sebuah blog/website tetap eksis teman-teman sebagai pengelolanya tidak boleh monoton. Teman-teman bisa membuat jokes-jokes/hiburan lucu di sosial media berupa gambar/video singkat yang menghibur, jangan hanya terpaku pada bentuk tulisan, harus juga perkaya  konten anda dengan gambar, infografis, dan semacamnya( kalau bisa yang original ).

Intinya merupakan teruslah berinovasi & berinteraksi menggunakan para followers anda.

Lima. Jangan Cepat Puas

Seorang blogger mampu saja merasa dirinya sudah puas menggunakan apa yg mereka dapat. Sikap misalnya ini tentu sangat nir mengagumkan dilakukan ditengah ketatnya persaingan. Lantaran terlalu cepat puas umumnya akan membuat blognya terhenti & tidak berkembang bahkan usang kelamaan akan karam pada tengah ketatnya persaingan. Maka berdasarkan itu rasa cepat puas haruslah dihilangkan menurut dalam diri seorang blogger, karena perkembangan dan pertumbuhan dunia blogging ini tanpa ada batasnya

Seorang blogger dituntut akan selalu haus akan wawasan ditengah ketatnya persaingan, teman-teman wajib terus berani menantang diri Anda. Inilah sebuah mental dan ambisi yg harus dimiliki seorang yang pingin sukses & menang pada persaingan ini.

6. Perluas Jaringan (Promosi Blog )

Untuk seorang blogger tanpa jaringan bagaikan mayat hidup. Karenanya sehebat apapun teman-teman sebagai seorang blogger, Anda pasti akan membutuhkan jaringan untuk membuat blog tetap eksis dan bertahan lama. Semakin banyak jaringan atau koneksi yang Anda miliki semakin besar pula peluang  blog teman-teman akan tetap eksis dan mungkin juga berkembang lebih pesat.

Bergabunglah dengan komunitas atau serikat para blogger indonesia. Hal lain yg perlu diingat agar blog sahabat-sahabat akan cepat dikenal.

7. Konsistensi

Tips terakhir buat mempertahankan eksistensi pada tengah persaingan blog/website yg ada adalah dengan terus konsisten menaruh yg terbaik. Disinilah banyak para blogger/pemilik website gagal karena biasanya mereka akan mencapai titik jenuh, most people start strong but finish weak, poly orang hanya bertenaga diawal, memiliki motivasi tinggi waktu memulai tetapi pada akhirnya lemah dan kehilangan motivasi.

Jadi konsistensi jauh lebih penting daripada kerja keras sesaat.

8. Terapkan Pada blog teman-teman

Di tengah persaingan yang makin ketat, sudah sepatutnya teman-teman mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat mengancam kelangsungan blog teman-teman. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan langkah-langkah di atas untuk menjadikan Anda sebagai blogger sukses dan tetap eksis. Segeralah lakukan, karena semakin cepat akan semakin baik pula untuk teman-teman.

Tapi bila masih kurang dan perlu di tambah sampaikan dikolom komentar.

No comments