Anatomi Fisiologi Reproduksi Wanita

Kebanyakan wanita di indonesia tidak mengetahui  tentang anatomi alat genetalianya sendiri. Ada yang mengetahui namanya tapi tidak mengetahui dimana letaknya dan ada pula sebaliknya. Tenaga medis pun kalau di suruh untuk menjelaskan anatomi sistem reproduksi wanita ada yang rada-pusing, hal tersebut terjadi  jika tidak di imbangi dengan  belajar di mata kuliah anfis(anatomi dan fisiologi) organ-organ pada manusia.

Kali Ini saya akan memberikan pemahaman singkat tentang Anatomi Dan Fisiologi Sistem Reproduksi Wanita.

Sebelum membahas terlalu jauh tentang anatomi Dan Fisiologi Sistem Reproduksi Wanita alangkah baiknya bila kita membagi pembahasa ini

menjadi dua pokok pembahasan agar gampang di pahami pembagian sistem reproduksi perempuan

1. Organ Internal (bagian pada) Sistem Reproduksi Pada Wanita

Organ internal sistem reproduksi perempuan terdiri dari: 2 ovarium dan dua tuba fallopi atau saluran telur, uterus & vagina. Atau dapat pada spesifikasikan.

# Ovarium

# Tuba fallopi

# Uterus (rahim)

# Ovarium

Tempat terbentuknya sel telur (sel  ovum) pada wanita.umumnya setiap wanita memiliki sepasang ovarium (sepasang kiri-kanan) dan menjalankan fungsi yang sama yakni Ovarium berfungsi pembentukan dan pematangan folikel menjadi ovum (dari sel epitel germinal primordial di lapisan paling luar epital ovarium di korteks), ovulasi (keluarnya sel ovum), sintesis dan sekresi hormon-hormon steroid (estrogen, progesteron oleh korpus luteum pascaovulasi). ovarium berbentuk oval, terletak di dalam rongga peritoneum,  sebagai jaringan ikat dan jalan pembuluh darah dan saraf. Pada wanita yang sudah mengalami masa pubertas,setiap bulannya hipotalamus memerintahkan ovarium untuk melepaskan ovum.

# Tuba fallopi

Merupakan saluran yang  menghubung ovarium(tempat terbentuknya sel ovum) dengan uterus dan bermuara pada rongga  uterus, sama halnya dengan ovarium ,seorang wanita memiliki sepasang tuba fallopi yaitu bagian kanan dan kiri dimana tuba fallopi merupakan tempat bertemunya sel ovum dan sel sperma

# Uterus

Terletak ditengah panggul seorang wanita,hal itu bisa diketahui oleh orang yang sudah pintar anatomi. dan secara struktur dibagi menjadi badan atau korpus, dan serviks. lapisan bagian dalam uterus di sebut endometrium, Endometrium dilepaskan selama menstruasi. Pada bagian terbawah dari korpus terdapat os internal  dari serviks.  Os eksternal  terletak pada ujung  bawah dari serviks. Dengan demikian , kanalis servikalis yang menghubung antara rongga korpus uteri ,melalui os internal dan os eksternal dalam vagina.

Organ ekterna secara umum atau dalam dunia kesehatan  disebut vulva dan terdiri dari struktur-struktur yang tampak dari luar, mulai dari pubis  sampai ke perinium: mulai dari mons pubis, labia mayora, labia minora, klitoris, vestibulum, berbentuk seperti buah amandel  didalam labia minora. Meatus uretra, lubang vagina atau introitus, terdapat dua perangkap kalenjar yaitu kalenjar skene dan bartholini, yang bermuara pada  vestibulum.

2. Organ Eksternal (bagian luar ) Sistem Reproduksi Pada Wanita

# mons pubis wilayah paling atas alat genetalia wanita ketika pubertas bagian ini akan di tumbuhi rambut-rambut halus

#  lapisan lemak lanjutan dari mons pubis, mons pubis meliputi permukaan anterior dari simvisis pubis  kebawah dan bersatu disebut labia mayora

# Labiaminora

Lipatan yang memiliki  jaringan yang sangat  tipis di balik labia mayora, tidak mempunyai tidak di tumbuhi  rambut. Terdapat banyak sekali  pembuluh darah, otot polos dan ujung serabut saraf.

# Clitoris

Terdiri menurut glans clitoridis sama halnya menggunakan laki-laki yg biasa di sebut glans penis yang terletak pada bagian superior vulva, & corpus clitoridis yg tertanam di dalam dinding anterior vagina.Dalam clitoris pula masih ada reseptor androgen. Banyak pembuluh darah & ujung serabut saraf yang membuatnya menyandang gelar organ yang paling sensitif.

# Perineum

Antara tepi bawah vulva dengan tepi depan anus. Batas otot-otot diafragma pelvis.Perineum ketika persalinan kadang harus pada robek buat mempermudah dan memperbesar jalan lahir sampai seseorang mak menggunakan mudah mengeluarkan janin,pada medis dipotong atau pada robeknya perineum disebut menggunakan kata

# Vagina

Fungsi primer vagina : buat mengeluarkan ekskresi uterus pada haid jika perempuan sudah pubertas atau akil baligh, untuk jalan lahir bagi janin yg pada kandung dan buat kopulasi (persetubuhan yang sudah mempunyai ikatan resmi).

Demikian pemaparan singkat tentang Anatomi Fisiologi Reproduksi Wanita

No comments