Apa Itu Selaput Dara dan Apa Kaitannya Antara Keperawanan dan Selaput Dara ??? Penasaran !!!

Blog kami -  Setiap wanita memiliki selaput dara yang berbeda-beda. Ada dari wanita yang memiliki selaput dara yang sangat tipis, tebal, tidak elastis dan ada yang elastis. Dalam dunia kesehatan selaput dara di kenal dengan sebutan Hymen. Selaput darah atau Hymen merupakan jaringan mukosa yang mengelilingi lubang vagina wanita baik secara keseluruhan dan sebagian saja.

Keperawanan seseorang perempuan selalu pada kaitkan menggunakan eksistensi selaput darah yang dimilikinya. Selaput dara yg masih utuh sering atau belum mengalami perobekan selalu di bilang bahwa perempuan tadi masih perawan (original).

Dan banyak anggapan yang di yakini dimata warga bahwa jika seseorang perempuan menggunakan kondisi selaput dara yang telah robek & tidak utuh lagi maka wanita tadi pada cap sudah nir perawan lagi dan pada klaim sudah pernah melakukan interaksi intim menggunakan lawan jenisnya. Apabila ingin memastikan pasangan sobat masih perawan atau tidak maka lakukan pengecekan pada ahlinya & pengecekan ini dimanakan tes keperawanan.

Apa itu selaput dara atau Hymen

telah sempat saya singgungkan diatas bahwa selaput dara atau Hymen adalah jaringan mukosa yg yg mengelilingi secara keseluruhan atau sebagian saja di lubang vagina seseorang wanita & adalah selaput yg sangat tipis dan rentan sobek.

Pada wanita yang masih kategori anak-anak, selaput dara bentuknya seperti bulan sabit atau donat kecil, dalam umumnya wanita yg sudah puber maka selaput dara bentuknya seperti cincin denganadanya lubang dalam bagian tengah. Lubang kecil dalam bagian tengah berfungsi buat munculnya darah menstruasi.

Perubahan bentuk & ukuran selaput dara dalam perempuan bisa terjadi seiring menggunakan bertambahnya usia. Tidah hanya mengalami perubahan bentuk saja, elastisitas selaput darah juga dapat mengalami perubahan. Pada masa-masa remaja selaput dara seseorang perempuan akan sebagai lebih elastis. Tapi hal demikian tidak berlaku untuk perempuan yang sudah berkiprah dewasa maka selaput daranya pun akan semakin menebal, perubahan tadi didasari oleh perubahan hormon, yakni hormon estrogen.

Banyak sekali pada antara perempuan yang nir mengetahui letak selaput dara punyanya, padahal sangat mudah sekali mengamati selaput dara milik sendiri dan cara ini sangat gampang & ptaktis dan hanya memakai alat bantu cermin

" Letakan cermin pada depan, langkah selanjutnya renggangkan kaki sobat wati & bukalah menggunakan menggunakan kedua tangan bibir vagina atau libia. Maka sobatwati akan melihat selaput dara tersebut

Note : Tips ini hanyak buat wanita

Penyebab selaput dara sanggup sobek

Pada umumnya, perkara robeknya selaput dara bisa terjadi atau di akibatkan lantaran adanya penetrasi, maksud dari penetrasi disini adalah masuknya penis seorang pria ke dalam lubang vagina wanita waktu melakukan hubungan intim (seksual).

Namun perlu digaris bawahi sobat, bukan hanyak semata-mata karena penetrasi saja yang dapat menyebabkan robeknya selaput dara. Aktivitas lain yang dapat menjadi pemicu robeknya selaput dara diantaranya :  aktivitas fisik  ( bersepeda , berkuda dan senam), mansturbasi kasar ( melakukan penetrasi dengan alat bantu dan memasukannya terlalu dalam atau tanpa alat bantu yakni memasukan jari-jari terlalu dalam ), penggunaan tampon ( memasukannya terlalu dalam ) dan terakhir trauma yang pernah dialami ( benda tajam yang melukai daerah vagina, kecelakan yang berbenturan langsung dengan daerah vagina dan korban pemerkosaan).

Pada anak-anak & wanita remaja, selaput dara yg sobek yg diakaibatkan sang cedera atau trauma fisik masih bisa di pulihkan balik & dapat berlangsung pada kurun ketika yang cepat pada bandingkan perempuan dewasa.

Kaitan antara selaput dara dan keperawanan seseorang perempuan

Selaput dara selalu dikait-kaitkan dengan keperawanan seorang wanita, memang tidak salah jika beranggapan begitu. Tapi tidak semua wanita mengalami sobekan atau robek pada selaput dara di akibatkan hubungan seksual  pertama kali dengan lawan jenisnya jika itu menjadi acuannya maka sobat agak keliru. Selaput dara bisa saja sobek di akibatkan oleh hal-hal lain seperti yang sudah saya paparkan diatas tadi, bahkan kebanyakan kasus yang pernah saya baca ada sebagian wanita yang lahir tanpa selaput dara.

Pendarahan ringan yang terjadi di saat melakukan hubungan intim itu di karenakan penis seorang pria berusaha menembus selaput dara secara paksa. Dan menurut sebuah penelitian yang dilakukan bahwasanya keluarnya darah pada saat pertama kali  melakukan hubungan seksual dengan pasangan (suami-istri) hanya terjadi pada sebagian wanita saja.

Robek dan tidaknya selaput darah seorang perempuan bukan adalah tolak ukur yang pasti buat memvonis bahwa perempuan tadi masih perawan atau nir, atau sobat eksklusif mengklain secara sepihak bahwa wanita atau pasangan sobat telah pernah melakukannya menggunakan lelaki lain. Tapi sobat harus perhatikan pula berdasarkan aspek lain yang mengakibatkan selaput dara itu robek atau nir utuh lagi.

Demikianlah celotehan singkat saya tentang Apa Itu Selaput Dara dan Apa Kaitannya Antara Keperawanan dan Selaput Dara ??? dan saya berharap apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat buat semua orang.

No comments