Cara Cepat Submit Sitemap ( peta situs ) di Google Search Console Terbaru

Blog kami - Peta situs atau biasa dikenal dengan nama keren Sitemap adalah sebuah file yang berbentuk XML yang memuat secara keseluruhan daftar artikel sebuah blog. Struktur susunan katanya hanya terdiri dari URL blog (berdomain blogspot, Com, Id dan lain-lain) dan judul saja.

Cara submit sitemap ( peta situs) di Google Search Console

Bagi pengguna website atau blog self-hosted misalnya WordPress.Com & WordPress.Org, sitemapnya (sitemap wordpress) harus dibentuk & diupload sendiri ( manual ) yang perlu pada perhatikan adalah penulisannya wajib sesuai menggunakan format penulisan file XML.

Beruntunglah sobat sekalian & aku langsung yang tetapkan buat menggunakan blogger, keuntungan seseorang blogger ( blogspot) yakni kita seluruh nir perlu repot-repot buat menulis sitemap sendiri lantaran sudah disediakan sang pihak blogspot dan yg sobat lakukan tinggal mengcopynya dan meletakannya pada google search console (webmaster tools).

Alangkah baiknya sitemap dibuat dalam ketika blog sobat pertama kali di buat, supaya artikel yg sobat upload atau publikasikan cepat terindeks oleh google, memang semua artikel akan pada indeks oleh google tapi membutuhkan saat yg lama dan sobat juga nir mengetahui secara niscaya apakah artikel tersebut sudah terindeks atau belum.

Pasti akan muncul pertanyaan di benak sobat, gimana sih cara membuat sitemap atau peta situs di Google Search Console versi Terbaru, maka sobat wajib mengikuti tutorial ini hingga akhir.

Submit sitemap ke Google Search Console

Hal pertama yang wajib sobat lakukan adalah sobat harus mendaftarkan blog sobat tersebut ke diGoogle Search Console. Cara mendaftarkannya ada di artikel " cara daftar dan verifikasi blog di google search console ", Jikasudah mengikuti langkah-langkahnya maka sobat akan masuk ke langkah berikutnya

  • Buka akun Google Search Console yang sudah sobat daftarkan URL blog sobat tadi
  • Setelah itu sobat perhatikan pada bagian kiri dashboar Google Search Console  klik " Sitemap / Peta Situs".

Dashboard Google Search Console

  • Setelah sobat klik maka akan muncul menu " Tambahkan peta situs baru " atau dalam bahasa inggris " Add a new sitemap " perhatikan seperti gambar dibawah ini.

Memasukan sitemap di Google Search Console dan webmaster tools

  • Sobat isi dengan format teks di bawah ini.
Sitemap.Xml
Lakukan sekali lagi seperti langkah di atas dengan memasukan format berikut ini

sitemap-pages.Xml

  • Memasukan format teks pertama klik " KIRIM " dan lakukan cara begitu untuk format teks kedua.

Contoh Gambar :

Maka sobat akan menerima output akhirnya seperti pada bawah ini

mengirim peta situs di Google Search Console

Setelah seluruh sudah terselesaikan langkah selanjutnya merupakan sobat melakukan pengaturan do dashboard blogger mengenai pengaturan robot.Txt, cara ini buat menginformasikan kepada robot google dimana letak URL sitemap & & pengaturan robot.Txt dapat mempercepat blog sobat di indeks.

Dan sehabis mempublikasikan postingan artikel, Lakukan submit URL kegunaannya agar meminta mesin pencari google untuk melakukan pengindeksan terhadap artikel yg sudah pada publikasikan.

Setting Tambahan

Sampai tahap ini...otomatis sitemap blog sobat di google search console sudah jadi, ini merupakan seting tambahan yang saya dapat dari situs webhttps://www.igniel.com/.

Sobat bisa menambahkan URL sitemap baru, Sitemap bisa di pisahkan 150 artikel perhalaman dan setiap halaman di tandai dengan URLSitemap.Xml?page=x  . Dan x merupakan nomor halaman yang dihitung dari angka satu.

Seting ini khusus bagi web atau blog yang sudah mempunyai artikel yg lebih 150 lebih jika kurang ke bawah mending nir usah.

Sebagai contoh : Blog Blog kami memiliki 181 artikel maka sitemap yang saya kirim berjumlah dua buah yakniSitemap.Xml?page=1 danSitemap.Xml?page=2

Jila soba mempunyai 900 artikel maka sobat wajib mengirim 6 sitemap & begitu seterusnya hitungannya kelipatan 150.

mengirim peta situs di Google Search Console
Sumber :https://www.igniel.com/

Apakah penting? tidak juga, ini merupakan langkah antisipasi apabila URL utama yakni Sitemap.Xml mengalami eror atau keterlambatan pengindeksan, maka dengan cara di atas sebagai penggantinya.

Demikian tutorial sederhana berdasarkan aku tentang cara membuat & mensubmit peta situs atau sitemap di Google Search Console, semoga berguna

No comments