Cara Lengkap Riset Kata Kunci YouTube

Blog kami-  Hallo YouTuber. Kali ini saya coba membahas cara riset kata kunci YouTube secara efektif. Pada kesempatan ini pula saya coba membahas beberapa kesalahan tentang penelitian kata kunci di YouTube secara khusus, dan juga meninjau beberapa alat ( tools ) dan trik untuk sobat yang melakukan riset keyword YouTube sendiri dengan sangat-sangat efektif dan efisien. Perlu sobat ketahui bahwa semua alat dan trik yang saya bagikan ini kepada sobat semuanya gratis, jadi siapapun bisa melakukannya. Sobat tidak perlu mengeluarkan uang.

Cara Lengkap Riset Kata Kunci YouTube

Beberapa fakta

Pertama-tama, saya ingin memulai dengan melihat kebenaran di balik riset kata kunci di YouTube. Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa Google tidak menyediakan data volume pencarian bulanan untuk YouTube. Google tidak benar-benar memberi tahu sobat angka pasti tentang berapa banyak orang mencari dan mengetik frasa tertentu ke dalam pencarian YouTube .

Ada beberapa alat pihak ketiga yang menggunakan sesuatu yang disebut "data clickstream", yang merupakan analisis dan pemrosesan aktivitas pengguna dan klik pada sistem mereka. Biasanya, data clickstream seharusnya lebih akurat, tetapi berdasarkan pengujian saya, ini belum benar-benar terbukti. Perlu juga dicatat bahwa data clickstream bervariasi tergantung pada ISP dan perilaku pengguna dan hal-hal semacam itu. Jadi data clickstream bukan cara yang dijamin untuk sobat mengetahui dengan tepat bagaimana orang berperilaku, meskipun itu sedikit lebih akurat.

Pertanyaannya adalah : jika Google tidak memberi kami data ini, lalu apa yang mereka berikan kepada kami yang mungkin bisa membantu kami? Nah, ada dua alat yang berbeda. Ada fitur saran otomatis YouTube di kotak pencarian YouTube, dan ada juga Google Trends, yang merupakan fitur yang sangat-sangat bagus.

Tools untuk riset kata kunci (keyword) video di YouTube

YouTube auto sugest

Mari kita mulai dengan saran otomatis YouTube atau biasa di sebut YouTube auto sugest, ini dapat dilakukan dengan masuk ke YouTube dan mengetikkan kata kunci di bilah pencarian. Ini kemudian akan menunjukkan kepada Sobat saran dari semua kata kunci lain yang terkait dengan kata kunci ini yang telah sobat tulis berdasarkan apa yang dianggap relevan oleh YouTube. Sebagian besar waktu, ini adalah cara terbaik bagi Anda untuk mendapatkan ide tentang kata kunci seperti apa yang ditargetkan. Apa yang muncul di saran otomatis YouTube tidak akan muncul jika YouTube tidak berpikir ada permintaan untuk frasa kata kunci ini.

jika masih bingung maka simak Langkah-langkahnya mendapakan ide diYouTube auto sugest sebagai berikut  :

  1. Harus memiliki email supaya bisa masuk ke akun youtube, jika belum baca artikel " cara membuat email di Gmail
  2. Setelah itu masuk ke akun youtube sobat.
  3. Langkah selanjutnya ketik kata yang menjadi sasaran sobat di kolom pencarian youtube, maka youtube akan menampilkan beberapa kata kunci yang relevan dengan frasa kata yang sobat masukan di kolom youtube search.

Lihat gambar

keyword YouTube Sugest

Google Trends

Pindah ke Google Trends , ini adalah alat yang fantastis karena sobat dapat memfilter secara khusus untuk melihat tren dalam pencarian YouTube. Untuk contoh, PewDiePie baru saja menikah. Bagus untuk dia. Saya memasukkan PewDiePie di Google Trends ini dan kemudian memfilternya dari pencarian YouTube, Anda dapat melihat bahwa ada tren peningkatan pencarian PewDiePie berdasarkan pada waktu dia menikah. Jadi Google Trends adalah alat gratis yang hebat yang dapat sobat gunakan.

Google Trends

Google Trend Video

Google Trend Video merupakan aplikasi atau produk pihak google yang bisa sobat gunakan untuk melihat yang sedang trend di suata negara berdasarkan urutan dan waktu tertentu.

⇛ TubeBuddy dan vidIQ

Terlepas dari saran otomatis YouTube dan Google Trends, ada alat pihak ketiga lain yang dapat Anda gunakan. Ketiganya merupakan ekstensi Google Chrome. Yang pertama adalah TubeBuddy dan yang kedua adalah vidIQ dan yang terakhirTags For YouTube.

TubeBuddy akan memberi tahu sobat berapa banyak pencarian per bulan yang dimiliki kata kunci tertentu. Tetapi perlu diingat bahwa, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini mungkin tidak 100% akurat. TubeBuddy akan menganalisis kata kunci yang sobat masukkan, dan itu akan menentukan daya saing kata kunci itu dan apakah itu kata kunci yang baik untuk sobat targetkan. TubeBuddy memang membutuhkan akses ke akun YouTube sobat, akun Google sobat yang menjadi dasar akun YouTube sobat; Ingatlah itu jika sobat ingin mendaftar.

TubeBuddy

vidIQ adalah ekstensi Chrome lain yang ingin saya bicarakan. Ini juga gratis dan hanya memerlukan pendaftaran. Tidak perlu akses ke akun YouTube Anda. Yang menarik tentang vidIQ adalah ketika Anda mengetik frasa ke dalam pencarian YouTube, itu akan memberi Anda banyak metrik yang terkait dengan pencarian itu, seperti jumlah rata-rata penayangan untuk peringkat video untuk istilah yang telah Anda masukkan ke dalam .

Hal lain yang benar-benar menarik,vidIQ akan memberi tahu Sobat berapa kali pencocokan kata kunci yang tepat digunakan dalam judul video dalam urutan kata kunci yang telah sobat masukkan. Ini benar-benar penting karena sobat mampu melihat dan menguji, berapa banyak video dengan judul yang mengandung kata kunci ini dalam urutan ini menurut peringkat. Sangat menarik untuk melakukan eksperimen sendiri tentang hal semacam ini.

Tools juga akan memberi sobat beberapa metrik keren, seperti video berkinerja terbaik, video dengan jumlah penayangan tertinggi - ia akan memberi tahu sobat tentang hal itu. Ini juga akan memberi tahu sobat saluran berkinerja terbaik yang mengunggah video tersebut. Dalam hal ini, itu adalah Carwow. Dan mirip dengan TubeBuddy, itu memberi Anda skor kata kunci yang memberi tahu Anda tentang daya saing kata kunci yang Anda gunakan. Perhatikan bahwa vidIQ tidak memberi tahu Anda volume pencarian bulanan untuk kata kunci yang Anda masukkan.

Melihat Judul dan Tag Pada Video Orang Lain

Cara berikut yakni dengan cara melihat judul dan tag video orang lain yang memiliki view yang banyak, sangat populer dan sesuai dengan pembahasan sobat.

cara eksekusinya sobat cari video yang menjadi sasarn sobat saranku carilah view yang banyak amati judulnya dan amati juga tagnya, karena bagian tag tidak muncul maka disini saya berikan solusi mendapatkan tag video saingan sobat. Menginstal salah satu ekstensi di google crome yakniTags For YouTube

cara penggunaannya pun sangat mudah, sobat tinggal menginstalnya pada browser Google Crome sobat, maka di saat sobat menonton video saran yang ingin sobat eksekusi maka tag video tersebut akan menampilkan tag video tersebut pada bagian bawah. Lihat gambar dibawah.

Tags For YouTube

Yang Harus Sobat Ketahui Tentang Penelitian Kata Kunci YouTube

Sekarang saya telah melalui alat, saya hanya ingin dengan cepat menyinggung mengapa Anda harus berhati-hati jika Anda melakukan penelitian kata kunci YouTube menggunakan volume pencarian Google. Hal pertama adalah bahwa maksud pencarian akan selalu berbeda. Menempatkan kueri di Google bisa berbeda dari bagaimana orang itu akan memasukkan tipe kueri yang sama ke YouTube.

Sering kali, kueri YouTube berisi hal-hal seperti "tutorial" dan "tutorial", karena ini adalah kata-kata pemicu yang biasanya akan menunjukkan bahwa seseorang mencari video, bukan membaca posting blog. Ini juga bisa menjadi posting blog, tetapi sering kali Anda akan melihat, bahkan jika Anda mengetik di Google untuk tutorial dan mencari, Anda akan menemukan carousel video di SERPs. Anda harus selalu ingat, ketika Anda membuat video YouTube dan saat Anda melakukan penelitian kata kunci, apa yang akan diketik pengguna ke YouTube jika mereka ingin menemukan video ini, bukan apa yang akan mereka ketikkan di Google.

sobat juga perlu mengingat bahwa data akan miring hanya karena poin sebelumnya; akan ada orang yang berbeda mengetik hal yang berbeda di YouTube dan Google. Mari kita ambil contoh yang saya miliki sebelum ulasan Audi TT, seseorang yang mencari untuk membeli mobil mungkin ingin melihat video orang yang benar-benar mengendarai mobil dan memeriksanya, maka mungkin ada lebih banyak pencarian untuk ini di YouTube sebagai lawan dari Google. Ini cukup jelas karena kita dapat melihat bahwa ada di bawah 1.000 pencarian ulasan Audi TT, sedangkan saya cukup yakin ada lebih banyak dari itu di YouTube.

Kata Kunci yang Salah

Hal terakhir yang perlu diperhatikan kata kunci yang salah yang digunakan. Ini semua didasarkan pada niat, dan juga didasarkan pada bagaimana orang menyusun bahasa di Google dan YouTube karena dapat berbeda. Jadi sobat harus benar-benar berhati-hati jika sobat melakukan penelitian kata kunci menggunakan metrik Google dan sobat mencoba menggunakan kata kunci tersebut di YouTube.

Sebagai rekap, hal pertama adalah, jangan mengandalkan metrik saja. Metrik sendiri tidak akan melakukan pekerjaan dengan akurat. Dimana sobat dapat melihat bahwa data metrik akan selalu berbeda karena Google tidak menyediakan jumlah sebenarnya dari pencarian bulanan untuk YouTube. Manfaatkan hal-hal yang Google berikan secara optimal berupa, saran otomatis dan Google Trends sangat akurat.

Dan, juga baik untuk mengetahui bahwa alat lain dapat membantu sobat dengan penelitian kata kunci, tetapi ini tidak akan menjamin sobat mendapatkan view lebih banyak. Ini adalah konsep yang mendasari pembuatan konten video di YouTube, bahwa videonya harus hebat, dan sobat harus memastikan bahwa sobat membuat konten hebat yang ingin ditonton orang dan ingin mengklik. Ini jelas bervariasi dalam hal hal lain yang tidak dapat dilakukan oleh penelitian kata kunci, seperti corong yang Anda gunakan dalam video Anda dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi rasio klik-tayang.

Semoga artikel tentang cara mendapatkan ide untuk kata kunci youtube dapat membantu sobat sekalian yang pemula atau mau fokus menjadi youtuber.

No comments