Cara Mendaftar Dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools / Google Search Console

Cara Mendaftar Dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools / Google Search Console

Kali ini saya akan memberikan tutorial lengkap tentang cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster tools / Search Console serta memverifikasinya ke blog, kebanyakan blogger pemula sering bertanya kenapa sih blog harus di daftarkan ke google??? Kita ketahui bersama bahwa google merupakan  nomor satu dari mesin pencari di internet ( search engine ) yang mengalahkan pesaing ketatnya yakni yahoo dan bing.

Ketika anda menciptakan blog sesegera mungkin mendaftarkan blog anda ke google webmaster tools dan memverifikasi blog anda agar blog anda cepat terindeks di oleh Google.

Mendaftar blog di Google Webmaster Tools  tidak dipungut biaya sedikitpun atau dengan kata lain tools ini disediakan secara gratis oleh google serta kegunaan lain dari webmaster tools bisa untuk lebih mengoptimalkan blog yang kita kelola.

Untuk lebih jelas saya akan memberikan tutorial lengkap bagaimana cara daftarkan blog ke Google Webmaster Tools / Search Console

  1. Masuk ke akun blog milik anda
  2. Pilih blog yang ingin anda daftarkan
  3. Masuk ke akun resmi Google Webmaster Tools
  4. Masuk ke menu TAMBAHKAN PROPERTI
  5. Copy URL blog yang anda kelola
  6. Setelah itu anda akan dituntun ke halaman verifikasi.dimana kode yang anda dapat guna memverifikasi  blog anda.
  7. Disitu anda dihadapkan menu pilihan yang akan di gunakan untuk verifikasi blog, saran saya pilihlah yang  mudah yakni “ Alternate Methods “.

  8. Setelah itu klik menu HTML tag dan copy semua code yang ada. Perlu diingat jangan dulu menutup  halaman Google Webmaster tools / Search Console dimana berfungsi untuk langkah terakhirnya nanti yakni untuk memverifikasi.

Langkah selanjutnya adalah memverifikasinya, yakni mengpastekan code tersebut yang kita copy pada blog milik kita.

  • masuk kembali ke blog milik kita, setelah itu pilih menu Tema ( template ),pilih Edit HTML, cari kode <Head> dalam tema ( template ) dan pastekan kode yang kita dapatkan tadi pas di bawah tulisan <Head>
  • setelah pastekan kode tadi jangan lupa untuk klik Simpan tema

  • langkah yang kita lakukan hampir selesai tinggal anda kembali ke halaman Google Webmaster Tools dan klik VERIFY, sesuai pesan saya diatas tadi supaya jangan menutup lamanGoogle Webmaster tools / Search Console.

Dan selamat bahwa blog yg anda punya telah terdaftar di google webmaster, demikianlah tetorial menurut aku semoga bermanfaat buat semuanya..

No comments