Manakah Yang Lebih Unggul? Android 10 Atau iOS 13

Blog kami -Manakah Yang Lebih Unggul? Android 10 Atau iOS 13. Baru-baru ini Google dan apple merilis versi OS ( operasi sistem ) terbaru, Google dengan Android 10 dan Apple dengan iOS 13. Android dan iOS merupakan dua sistem operasi mobile terbaik dan keduanya juga memiliki masing-masing penggemar yang setia.

Android 10 Atau iOS 13

Sampai saat ini orang-orang masih saja melakukan perbandingan antara ke 2 sistem operasi tersebut antara Android dan iOS 13 melalui smartphone yg di dukung oleh masing-masing sistem.

Apalagi kedua operasi sistem ini di rilis dalam rentan waktu yang sangat dekat. Pihak Google lebih dulu memperkenalkan versi terbarunya yakni Android 10 pada tanggal 3 september 2019 di susul oleh pihak Apple yang secara resmi memperkenalkan iOS 13 kepada publik pada tanggal 19 september 2019.

Lantaran di rilis bersamaan dan pada kurun saat yg tidak terpaut jauh, maka ke 2 OS ini membuat para penggemar setianya ingin sekali mencicipi banyak sekali fitur menarik & juga ingin mencicipi keunggulan apa saja yang dimilikinya.

Perbandingan Antara Android 10 dan iOS 13

Kedua operasi sistem ini mempunyai keunggulan & pula kelemahannya masing-masing, meskipun keduanya memiliki beberapa fitur yang hampir sama akan tetapi perlu sobat ketahui bahwa kedua OS ini memiliki disparitas yang sangat mencolok

Sobat penasaran seperti apa sih perbandingan antara Android 10 & iOS 13 menggunakan masing-masing fitur yang mereka banggakan. Simak ulasan berikut adalah !

1. Fitur Dark Mode

Tidak bisa di pungkiri bahwa fitur yang satu ini (Fitur Dark Mode) merupakan fitur yang paling di unggulkan baik itu Android 10 atau iOS 13. Tentu saja kedua sistem operasi ini masing-masing saling bersaing dalam memberikan pengalaman fitur Dark Mode terbaik untuk para penggunanya.

Mungkin akan muncul pertanyaan kenapa fitur Dark Mode menjadi fitur unggulan di ke 2 sistem operasi ini??? Alasannya jelas sekali kerena fitur yang satu ini lebih bersahabat dengan mata para penggunanya. Apalagi pada keadaan tertentu khususnya pada malam hari dan pada saat suasana gelap, fitur ini jua pada membuat batrei ponsel jadi lebih awet & tahan lama .

Fitur Dark Mode

Sebenarnya pihak Google sudah memberikan dukungan  fitur Dark Mode pada OS sebelumnya yakni di OS Android Pie ( Android 9), namun sayang beribu sayang banyak sekali pengembang aplikasi belum mendukung fitur ini baik aplikasi yang di kembangkanoleh Google atau pengembang yang lain. Kabar gembiranya pada Android 10 sobat sudah bisa menggunakan mode gelap ( Dark Mode) pada aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Sedangkan pada iOS 13 besutan Apple fitur dark mode sanggup dikatakan lebih unggul, lantaran fitur dark mode yang pada buat apple di iOS 13 cakupannya lebih luas pada bandingkan Android 10 oleh Google. Mulai berdasarkan wallpaper, aplikasi pesan, notifikasi & widget bahkan sampai kalender, bahkan aplikasi yang di kembangkan apple semuanya sudah mendukung fitur ini & pengembang yang lain akan nyusul buat membuat aplikasinya bersahabat dengan fitur ini.

 Dua. Keamanan Data Para Pengguna

Sejak awal keamanan data para pengguna memang menjadi prioritas utama & nilai plus di mata para pengguna aneka macam perangkat protesis Apple. Perkara ini lalu sebagai perhatian utama Apple pada perilisan iOS 13.

Pihak Apple sendiri mengkonfirmasikan bahwa dalam sistem operasi terbarunya ini, para pengguna mempunyai kontrol yang besar dalam perizinan pembagian warta dan perizinan lokasi para pengguna.

privasi pengguna

Tidak hanya sampai di situ saja, iOS 13 juga di bekali dengan metode Sign- In terbaru yakni sobat bisa masuk di website dan aplikasi tanpa nama ( Anonymous), jadi para penggunanya atau sobat tidak perlu resah dapat di lacak.

Dari pihak Google ikut serta memperhatikan keamanan privasi data penggunanya di OS terbarunya pada Android 10, pihak Google jua menambahkan update keamanan terkini di browser protesis Google yakni crome.

Tidak mampu pada pungkiri bahwa pendapatan Google terbesar yakni menurut iklan jadi mampu di simpulkan keamanan data para penggunanya di Android 10 kalah ketimbang iOS 13.

3. Aplikasi Peta ( Maps)

Aplikasi yang satu ini memang bisa di katakan Google lebih unggul dan lebih familiar oleh kebanyakan orang, para penggunanya pun tak asing lagi jika mendengar nama Google Mapsdan bisa dikatakan sudah bersahabat dengan fitur-fitur didalamnya seperti street view yang memungkinkan sobat atau para penggunanya bisa melihat peta suatu lokasi dalam mode 3D.

Fitur Maps memang sudah usang sekali pada buat sang pihak Google jadi bukan suatu hal yg WOW atau luar biasa. Yang google lakukan cuman menambahkan fitur-fitur terkini saja pada aplikasi Maps miliknya.

Aplikasi Peta ( Maps)

Beda halnya dengan perusahaan Apple, para pengguna setianya pun baru bisa merasakan aplikasi ini di iOS 13. Di Apple aplikasi peta tadi pada namakan Look Around yg bisa membantu para penggunanya supaya dapat melihat sekeliling dalam mode 3D.

4. Aplikasi Foto

Untuk Aplikasi foto baik Google maupun Apple sama-sama berusaha memberikan fitur-fitur yang menarik untuk memanjakan penggunanya. Di aplikasi foto, Google menawarkan kepada para penggunanya dengan Google Photo dimana para penggunanya bisa merasakan fitur-fitur didalamnya seperti berbagi foto dengan sanak keluarga atau orang tercinta, back up, dan editing foto yang mudah sekali di gunakan.

Aplikasi Foto

Selain berusaha memanjakan penggunanya menggunakan fitur menarik Google pula memberikan ruang penyimpanan yg akbar buat para penggunanya yakni 15 GB & itu perdeo.

Baca Juga : Berapakah Batas Kapasitas Penyimpanan Yang di Sediakan Google Untuk Para Blogger??? Penasaran Ini Jawabannya.

Apple juga menamakan aplikasi fotonya dengan nama apple photo, Apple juga berusaha memanjakan penggunanya dengan memberikan fitur seperti  editing foto dan tools  yang bervariasi, termasuk didalamnya si pengguna bisa mengatur pencahayaan foto

Meski demikian Apple masih kalah pada pemberiaan kapasitas penyimpanan buat para penggunanya lantaran pihak Apple cuma memberikan lima GB saja kalah pada bandingkan Google.

5. Voice Assistant

Voice Assistant atau asisten suara merupakan aplikasi yang paling banyak di minati dan perangkat seluler seperti smartphone juga menerapkan fitur ini. Apple sendiri sudah membuat aplikasi ini dan diluncurkan pada tahun 2011 yang lalu dan bisa di gunakan untuk semua perangkat Apple.

Voice Assistant

Meskipun sama-sama memiliki pelaksanaan ini, kebanyakan para pengamat & pengguna lebih menyukai buatan Google, lantaran Google assistant milik Google lebih peka mengenali dan memahami perintah suara yg pada inginkan sang para pengguna.

6.  Messages dan VC ( video call)

Dari pihak Google poly memperlihatkan pelaksanaan menggunakan fungsi tadi sebut saja diantaranya : Hangouts, Google Duo dan terakhir Google Voice. Dengan banyaknya tawaran atas pelaksanaan tersebut membuat para penggunanya pusing memilih aplikasi mana yg bagus pada pakai, apalagi di tambah lagi dengan pelaksanaan bawaan hp yg sudah bersistem OS Android.

Messages dan VC ( video call)

Beda halnya dengan Apple. Pihak Apple hanya memfokuskan dua aplikasi pesan dan video yakni Apple Messages & FaceTime. Dan kedua aplikasi tersebut sebagai andalan sang perusahaan yang berlogo apple pada gigit tadi. Para pengguna Apple nir pusing memilih pelaksanaan mana yang indah di gunakan dan kedua pelaksanaan bautan Apple tadi dinilai lebih kondusif & sistem komunikasi dapat terenkripsi dengan baik.

Ditambah lagi Apple messages dan FaceTime sudah tersedia buat perangkat iOS, jadi memudahkan para penggunanya berkomunikasi menggunakan orang lain.

7. Swipe Keyboard

Ini merupakan salah satu fitur yang paling di unggulkan Apple dalam iOS 13 yakni QuickPath, aplikasi ini membuat para pengguna menulis dalam gestur untuk mengetik pesan di papan keyboard.

 Swipe Keyboard

Bagi para pecinta Apple fitur tadi memang merupakan suatu yang hal baru di temui pada iOS 13 ini. Beda halnya dengan pengguna android ini adalah hal yg biasa pada temui atau sering digunakan dan telah usang hadir pada perangkat adroid.

Mungkin sampai sekian dulu celotehan dari saye tentang Manakah Yang Lebih Unggul? Android 10 Atau iOS 13 beserta perbandingannya  yang mencolok dari kedua sistem tersebut baik itu keunggulan serta kelemahan dari masing-masing sistem operasi. Menurut sobat mana yang lebih unggul dan canggih sampaikan di kolom komentar. SEKIAN.

No comments